Gunakan Facial Wash yang Mengandung Gentle Exfoliator

Pada saat menginjak usia 30, kemampuan kulit Minasan untuk meregenerasi sel sudah mulai menurun, sehingga kulit Minasan tidak lagi secerah dulu. Untuk mengatasi hal tersebut Minasan perlu meluruhkan sel-sel kulit mati setiap hari dengan menggunakan sabun wajah yang mengandung gentle exfoliator. Gentle exfoliator berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati serta menipiskan penampakan flek hitam namun tidak menyebabkan iritasi karena memiliki butiran-butiran yang lebih halus jika dibandingkan dengan facial scrub. Minasan dapat menggunakan gentle exfoliator yang mengandug AHA atau lactic acids.

Pilih Toner yang Tidak Menyengat

Jika selama ini Minasan menggunakan toner yang memberi kesan sedikit menyengat, sebaiknya Minasan perlu mengganti toner tersebut dengan toner yang memberi efek menenangkan dan tanpa alkohol. Kulit Minasan menjadi lebih sensitif sesudah menggunakan gentle exfoliator, jika menggunakan toner yang mengandung alkohol atau memiliki sensasi yang menyengat, kulit akan teriritasi. Dengan menggunakan toner yang menenangkan, kulit Minasan dipersiapkan untuk mendapatkan perawatan selanjutnya yaitu dengan menggunakan serum anti aging. Minasan dapat menggunakan toner yang mengandung aloe vera maupun lavender atau calendula.

Gunakan Serum Antioksidan dan Retinoid

Pada pagi hari, kulit Minasan akan bekerja keras untuk melawan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Untuk membantu kulit agar bisa bekerja lebih baik, Minasan dapat menggunakan serum yang mengandung antioksidan. Penggunaan serum anti aging tak hanya cukup pada siang hari, namun juga pada malam hari. Malam hari merupakan saat yang tepat bagi Minasan untuk memberikan perawatan ekstra pada kulit. Untuk perawatan yang maksimal, Minasan dapat memilih serum yang mengandung retinoid. Retinoid bermanfaat untuk menambah produksi kolagen serta menambah produksi air pada kulit sehingga kulit Minasan tetap kencang.
source: http://www.agein.com/anti-aging-skin-care-in-your-30s-954

Jangan Lupakan Eye Cream

Kulit area sekitar Minasan cenderung lebih tipis jika dibandingkan kulit wajah. Oleh karena itu, tanda-tanda penuaan dapat terlihat jelas pada area sekitar mata. Untuk meminimalkan tanda-tanda penuaan tersebut, Minasan dapat menggunakan eye cream yang mengandung SPF pada pagi hari dan eye cream yang lebih poten untuk perawatan pada malam hari. Agar eye cream lebih menyerap, Minasan dapat mengaplikasikan eye cream dengan sedikit pijatan melingkar. Selain membuat eye cream terserap lebih baik, kulit area sekitar mata Minasan menjadi lebih kencang.
source: http://www.refinery29.com/skin-care-in-your-30s#slide

Gunakan Cream yang Memberi Kelembaban Ekstra

Jika anti aging cream cukup mahal, Minasan bisa menggunakan facial cream yang menyediakan kelembaban ekstra bagi kulit Minasan. Pada usia 30-an, kemampuan kulit Minasan untuk memberikan kelembaban yang cukup sudah menurun, sehingga diperlukan bantuan cream yang sangat melembabkan. Minasan dapat menggunakan cream yang mengandung shea butter atau bahan-bahan serupa yang dapat memberi kelembaban ekstra. Namun, Minasan tidak disarankan untuk menggunakan cream yang mengandung retinol atau retinoid karena Minasan sudah menggunakan serum anti aging yang mengandung zat tersebut agar wajah terhindar dari iritasi.

Selalu Gunakan Sunblock

Seperti yang sudah Minasan ketahui matahari merupakan penyebab utama penuaan kulit karena mengandung radikal bebas. Untuk itu, dimanapun Minasan berada, selalu gunakan sunblock jika ingin kulit tetap muda. Minasan dapat menyesuaikan kadar SPF yang dimiliki oleh sunblock sesuai dengan tempat melakukan aktivitas. Jika Minasan pergi ke pantai, SPF 50 ke atas dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Minasan hanya melakukan aktivitas sehari-hari, sunblock yang mengandung SPF 30 broad sepctrum sudah cukup.