Jangan Memencet Jerawat

Bagi Minasan yang memiliki jerawat sebaiknya jangan memecahkan jerawat dengan tangan atau apapun. Cukup diamkan saja hingga jerawat tersebut pecah sendiri. Jika Minasan memencet jerawat, maka kulit Minasan akan timbul flek hitam. Flek tersebut muncul karena memiliki reaksi atas trauma pada kulit sehingga memproduksi melanin secara berlebihan. Bila Minasan merasa terganggu dengan jerawat tersebut dan ingin segera menghilangkannya, cukup gunakan sabun wajah yang mengandung salicylic acid dan bubuhkan tea tree oil agar jerawat kempes dan tidak menimbulkan iritasi dan mencegah munculnya flek hitam.

Lakukan Scrubbing 2 Kali Seminggu

Flek hitam yang ada pada kulit Minasan biasanya timbul akibat hiperpigmentasi. Salah satu kebiasaan yang dapat menghilangkan atau mencegah timbulnya flek hitam adalah dengan melakukan scrubbing 2 kali seminggu. Minasan dapat menemukan berbagai macam jenis facial scrub di supermarket, apotik dan pusat perbelanjaan. Bila Minasan memiliki kulit berminyak, sebaiknya gunakan scrub yang mengandung AHA. Fungsi AHA adalah memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan wajah serta menghilangkan flek-flek hitam. Namun, bagi Minasan yang memiliki kulit kering atau sensitif sebaiknya hindari menggunakan produk yang mengandung AHA karena terlalu keras dan bisa menyebabkan iritasi. Sebagai gantinya, Minasan dapat memilih scrub yang berbahan dasar lactic acid atau susu karena zat tersebut cukup lembut bagi kulit. Minasan juga bisa membuat scrub sendiri di rumah dengan menggunakan brown sugar, madu, dan sari lemon.
source: http://www.divalikes.com/2014/06/benefits-of-using-facial-scrub.html

Gunakan Serum yang Tepat

Untuk perawatan sehari-hari, Minasan dapat menggunakan serum dan krim yang mampu mencegah atau menghilangkan flek hitam. Disarankan untuk menggunakan serum yang mengandung retinol (vitamin A) atau vitamin C. Retinol bermanfaat untuk membantu regenerasi sel karena kulit kita akan diperbarui dengan kulit yang baru sehingga flek hitam dapat memudar, sedangkan vitamin C bermanfaat untuk meratakan warna kulit secara berkala. Minasan dapat menggunakan serum yang mengandung bahan-bahan tersebut pada pagi dan malam hari, tapi jangan lupa untuk menggunakan sunblock agar kulit tidak terbakar.

Pilih Krim yang Mengandung Pencerah

Perawatan yang tepat merupakan kunci untuk mencegah timbulnya flek hitam. Salah satu jenis perawatan yang dapat Minasan terapkan adalah dengan menggunakan krim yang mengandung niacinamide, kojic, atau vitamin B-3. Minasan dapat menggunakan krim tersebut 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sebelum tidur. Namun, yang perlu diingat adalah jangan lupa menggunakan sunblock setelah mengaplikasikan cream berbahan dasar pencerah. Bahan-bahan pencerah tersebut membuat kulit cenderung sensitif, apalagi jika terkena sinar matahari, kulit Minasan bisa menjadi iritasi dan kemerahan.

Gunakan Sunblock Minimal SPF 30

Penyebab utama timbulnya flek hitam adalah sinar matahari. Untuk itu, bila Minasan ingin mencegah timbulnya flek hitam, lebih baik gunakan sunblock yang mengadung SPF 30 atau lebih. Selain dapat mencegah flek hitam, penggunaan sunblock setiap hari dapat mencegah Minasan dari penyakit kanker kulit. Walaupun cuaca mendung atau hujan, Minasan juga harus tetap menggunakan sunblock, karena walaupun tertutup awan, sinar matahari masih bisa menembus tebalnya awan.
source: http://www.huffingtonpost.com/2013/06/19/sunscreen-benefits_n_3464687.html
Demikian berbagai macam kebiasaan yang bisa Minasan ikuti untuk mencegah flek hitam. Bagi Minasan yang sudah terlanjur memiliki flek hitam juga dapat menggunakan cara-cara ini. Kunci dari kulit yang bersih dan sehat seperti dambaan Minasan adalah ketekunan dalam merawat kulit.