Apa Itu Diet Mediterania

Seperti namanya, diet Mediterania adalah metode diet yang diadopsi dari kebiasaan para penduduk yang bermukim di sekitar Laut Mediterania. Para penduduk yang tinggal di daerah pantai Mediterania memiliki kebiasaan makan yang sehat. Mereka mengonsumsi buah-buahan, gandum, makanan laut, serta membatasi lemak yang tidak sehat sehingga rata-rata penduduk Mediterania memiliki risiko yang rendah untuk menderita gagal jantung, lever atau alzheimer, dan parkinson. Diet Mediterania ini merupakan salah satu jenis diet yang sehat, karena tujuan utama dari diet ini adalah menyeimbangkan kebutuhan gizi Minasan dan tidak membuat Minasan harus kelaparan untuk mendapatkan tubuh yang lebih langsing.
The heart-healthy Mediterranean is a healthy eating plan based on typical foods and recipes of Mediterranean-style cooking.
source: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/mediterranean-diet/art-20047801

Manfaat dari Diet Mediterania

Metode diet yang berasal dari pesisir pantai Mediterania ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Menurut penelitian, jika Minasan menerapkan diet Mediterania dalam kehidupan sehari-hari, maka umur Minasan akan lebih panjang. Hal ini terjadi karena makanan yang Minasan konsumsi dalam diet Mediterania ini mampu mengurangi risiko Minasan terkena penyakit jantung dan kanker. Penelitian di Amerika dan Inggris sudah membuktikan bahwa diet Mediterania dapat mengurangi kematian sebesar 20% terhadap populasi Amerika dan Inggris. Selain mengurangi tingkat kematian, diet Mediterania bisa mencegah Minasan untuk menderita diabetes, darah tinggi, dan obesitas.
The results have been confirmed in UK and USA populations and represent around a 20% reduced risk of death at any age.
source: http://patient.info/health/health-benefits-of-the-mediterranean-diet

Pilih Minyak yang Lebih Sehat

Diet Mediterania tidak melarang Minasan untuk mengonsumsi makanan yang berminyak. Namun, yang perlu diingat adalah menggunakan minyak yang sehat daripada menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh atau margarin. Minasan lebih baik menggunakan olive oil untuk memanggang atau menggoreng, karena olive oil sangat baik bagi kesehatan jantung Minasan karena mengandung omega-3. Selain olive oil, Minasan juga dapat ,menggunakan coconut oil, canola oil atau walnut oil. Ketiga minyak tersebut juga memiliki kandungan yang sama dengan olive oil sehingga tidak akan memberi pengaruh buruk pada jantung Minasan.
source: http://www.eatingwell.com/healthy_cooking/healthy_cooking_101_basics_techniques/shopping_cooking_guides/8_ways_to_follow_the_mediterranean_diet?pag
Use olive oil, good source of heart-healthy monounsaturated fats as your primary fat for cooking and baking.
source: http://www.eatingwell.com/healthy_cooking/healthy_cooking_101_basics_techniques/shopping_cooking_guides/8_ways_to_follow_the_mediterranean_diet?pag

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Seperti yang kita ketahui, sayur dan buah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan Minasan. Konsumsilah sayuran dalam setiap makanan Minasan, termasuk dalam sarapan dan makan malam. Minasan juga bisa mengganti cemilan kue atau biskuit dengan sayuran atau buah-buahan seperti jeruk, mangga, beri, apel, dan yang lainnya. Selain rendah kalori, sayur dan buah-buahan memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan berat badan Minasan dan membuat perut Minasan lebih kenyang, namun tidak sesak. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi sayur dan buah-buahan bisa mempercantik kulit Minasan.
source: http://www.drgourmet.com/mediterraneandiet/vegetables.shtml#.Ve_HUzn7QUU
Keep in mind that veggies are not just for dinner. Making them a part of your lunch and as snacks is one way to eat more.
source: http://www.drgourmet.com/mediterraneandiet/vegetables.shtml#.Ve_HUzn7QUU

Jangan Hindari Daging, Seafood dan Dairy Product

Walaupun sedang menjalani diet, tubuh Minasan juga memerlukan sumber protein hewani, namun jumlah asupannya harus diperhatikan. Minasan boleh mengonsumsi daging dan ayam, tetapi pilih bagian daging yang sehat seperti bagian has dalam atau bagian dada jika ingin mengonsumsi ayam. Seafood juga tak hanya baik bagi kesehatan, namun juga bermanfaat untuk mempertajam ingatan Minasan. Perlu diketahui bahwa mengonsumsi seafood, daging, ayam, dan dairy product seperti keju, telur, dan susu harus dibarengi dengan sayur serta buah-buahan yang jumlahnya lebih banyak.
Dieters would see far greater results by forgetting about calories and ensuring they eat more lean meat and reduced-fat dairy.
source: http://www.express.co.uk/news/uk/486676/Lose-weight-with-a-diet-of-meat-fish-and-eggs

Pilih Minuman yang Tepat

Seperti metode diet lainnya, diet Mediterania juga menyarankan Minasan untuk menghindari minuman yang memiliki rasa manis seperti soda, minuman berkarbonat, dan jus dari pemanis buatan, karena gula dapat menyebabkan obesitas. Diet Mediterania menyarankan Minasan untuk mengonsumsi lebih banyak air mineral dan mengurangi jumlah asupan kopi.
source: http://www.lifeinitaly.com/food/mediterranean-diet.asp
It has been estimated that a glass of sugar-sweetened drink per day increases the risk of becoming obese by 60%.
source: http://www.lifeinitaly.com/food/mediterranean-diet.asp