Alergi pada kulit wajah yang disebabkan kosmetik biasanya berupa rona merah yang umumnya muncul pada bagian pipi, dagu, dan hidung. Namun, dalam kasus yang lebih parah alergi yang muncul bisa berupa bintik-bintik merah, sampai mengelupasnya kulit wajah. Alergi ini biasanya memicu efek gatal yang bila digaruk justru akan membuat kondisi semakin buruk.
Beberapa perempuan yang mengalami alergi pada kulit wajah segera memutuskan untuk pergi ke klinik kecantikan atau dokter kulit untuk mengobati kulit mereka. Namun, kenyataanya tidak semua wanita punya cukup uang untuk mengobati alergi mereka dengan obat dari klinik kecantikan ataupun dokter kulit mengingat biayanya yang tidak sedikit.
source: https://www.google.com/search?q=memilih+make+up&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMI4sKvmK35xwIVg0SOCh2O0gG1&biw=1138&bih=519#tbm=isch&q=alergi+kosmetik&imgrc=c8SvXxEATvqCYM%3A
Tenang saja Minasan, masih ada obat-obatan alami untuk mengatasi alergi pada kulit wajahmu. Selain mudah didapat dan biaya yang lebih ringan, obat-obatan ini juga berasal dari tumbuh-tumbuhan alami yang tidak akan menimbulkan efek samping. Jadi, Minasan tidak perlu takut wajah akan semakin buruk karena salah pakai obat, justru bahan-bahan alami bisa memperbaiki wajah Minasan tanpa memunculkan masalah baru.
Beberapa bahan yang dapat dijadikan obat untuk alergi yang disebabkan makeup adalah sebagai berikut:

Lidah Buaya

Cara ini diakui paling efektif untuk meredakan alergi pada kulit. Bahkan bukan hanya kulit wajah, lidah buaya juga cocok digunakan sebagai obat pada bagian tubuh lainnya yang terasa gatal dan kemerah-merahan. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung vitamin E yang bagus untuk meredakan alergi.
Buatlah jus lidah buaya dengan menghaluskan bagian isinya yang berwarna putih, lalu balurkan pada bagian wajah yang gatal dan diamkan sekitar 15 menit. Kulit Minasan akan terasa lebih sejuk dan lembap. Setelah gatal dan radang terasa membaik, segera cuci wajah hingga bersih.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun diperoleh dari biji buah zaitun matang yang diolah dan diambil minyaknya. Minyak ini memiliki khasiat anti radang sehingga penggunaannya pada wajah yang alergi sangat baik. Minyak zaitun dapat menutrisi kulit yang mengalami alergi dan melembapkannya tanpa harus menggunakan pelembap wajah yang mengandung bahan kimia.
Caranya sangat mudah dan sederhana. Minasan hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang terkena alergi. Namun, efek pengobatan dengan minyak zaitun ini terbilang cukup lama bila dibandingkan dengan lidah buaya.
source: https://www.google.com/search?q=air+mawar&biw=1138&bih=519&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAYQ_AUoAWoVChMIpNH69Kz5xwIVVAiOCh1NbwOO#imgdii=Tzl7AIWeWtnqfM%3A%3BTzl7AIWeWtnqfM%3A%3BZ6Pk7B5WY9H_yM%3A&imgrc=Tzl7AIWeWtnqfM%3A

Air Mawar

Air mawar adalah air yang diperoleh dari hasil penyulingan kelopak mawar. Air mawar banyak dijual di toko-toko kosmetik, dan memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan.
Agar alergi berkurang, gunakan air mawar untuk membasuh wajah. Selain itu, air mawar juga dapat digunakan sebagai masker untuk mengurangi rasa gatal. Caranya, rendam beberapa kapas dalam air mawar dan tempelkan pada bagian wajah yang terkena alergi, tekan-tekan dengan lembut untuk mengurangi rasa gatal.
Perlu diingat untuk tidak menggaruk bagian wajah yang gatal, sekalipun jari terlapisi kapas, karena hal ini hanya akan membuat gesekan-gesekan kasar pada bagian kulit yang sedang teriritasi. Akibatnya, kulit menjadi merah dan lecet. Tekan dengan lembut kapas agar air mawar meresap ke dalam kulit.

Kantung Teh

Bila Minasan suka meminum teh, sebaiknya Minasan tidak membuang kantung tehnya karena ternyata, kantung teh juga memiliki manfaat untuk meredakan alergi pada kulit wajah. Gunakanlah kantung teh yang sudah digunakan dan masih dalam keadaan basah ya Minasan.
Caranya sangat sederhana, cukup dengan mengusap-usapkan kantung teh ke bagian wajah yang alergi dan dilanjutkan dengan pijatan pelan. Lakukan langkah ini dengan rutin setiap malam sebelum tidur untuk hasil maksimal.

Mentimun

Sifat mentimun yang dapat mendinginkan dan melembapkan kulit wajah secara alami membuat sayuran yang satu ini dapat digunakan sebagai obat untuk alergi pada kulit wajah. Namun, perlu di ingat Minasan, tidak semua orang cocok menggunakan mentimun sebagai masker. Beberapa orang justru merasa wajahnya semakin gatal karena kulit mereka sensitif terhadap getah mentimun. Karena itu, sebelum menggunakan mentimun sebaiknya Minasan mencoba mengaplikasikan sedikit pada area kulit di belakang telinga. Ini adalah daerah yang aman untuk melakukan percobaan. Bila ternyata Minasan tidak cocok, sebaiknya jangan gunakan mentimun sebagai obat alergi pada kulit.
Untuk menggunakan mentimun sebagai obat alergi, cukup dengan menghaluskan mentimun berserta kulitnya hingga menjadi adonan yang menyerupai bubur. Lalu rendam kapas dalam adonan mentimun dan masukan dalam lemari es sampai mentimun dingin. Sekarang, masker mentimun siap digunakan.
source: https://www.google.com/search?q=memilih+make+up&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMI4sKvmK35xwIVg0SOCh2O0gG1&biw=1138&bih=519#tbm=isch&q=memilih+kosmetik&imgrc=HNfnSd5nPPIYCM%3A
Itulah dia beberapa alternatif obat yang dapat Minasan gunakan untuk mengatasi alergi yang disebabkan kosmetik. Namun, sekalipun bahan-bahan di atas mudah didapat dan sederhana langkah pengobatannya, Minasan tetap harus mencegah alergi pada wajahmu. Mulailah dengan selektif dalam memilih alat-alat kosmetik dan memperhatikan kandungannya. Minasan juga bisa mengkonsultasikan kondisi kulit wajah Minasan ke dokter kulit bila perlu.