Vitamin A Dalam Produk Perawatan Kulit

Vitamin A dapat berbentuk retinol atau retinyl palmitate. Keduanya mempunyai antioksidan, tapi retinol lebih kuat. Bahan-bahan ini terutama dapat merangsang produksi kolagen sehingga membuat kulit lebih muda dengan melembutkan garis dan kerutan pada wajah. Vitamin A bisa juga digunakan untuk perawatan wajah berjerawat dalam bentuk asam retinoat yang merupakan bentuk aktif dari vitamin A. Dengan asam retinoat, dapat mengurangi produksi kelenjar minyak yang menyebabkan kulit berminyak yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Meskipun efektif, tetapi dalam perawatan wajah berjerawat ini memiliki efek samping, yaitu dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Oleh karena itu, gunakan dengan sangat hati-hati, seusai dengan anjuran. Penggunaannya, lebih baik pada malam hari, karena sinar matahari dapat menonaktifkan berbagai bentuk vitamin A.

Vitamin B3 Dalam Produk Perawatan Kulit

Vitamin B3 atau dikenal juga dengan niacinamide, bekerja dengan meningkatkan produksi ceramide sehingga dapat menjaga kelembapan kulit sekaligus menjaga kulit dari hal-hal yang mengiritasi serta polusi. Akan baik bila digunakan oleh Minasan yang memiliki kulit sensitif yang kering. Vitamin ini pun berguna untuk perawatan wajah berjerawat dengan efek anti inflamasinya. Hiperpigmentasi setelah berjerawat dapat dibantu dengan vitamin B3 dengan menyamakan lagi kulit yang berbeda warna atau meminimalkan flek hitam. Untuk hasil maksimal gunakan vitamin B3 dua kali sehari. Jika Minasan menggunakan vitamin A yang membuat iritasi, dapat digunakan bersama dengan kandungan B3 ini untuk mengurangi iritasi. Selain itu, dengan mengombinasikannya, akan bermanfaat lebih untuk anti aging.
source: http://www.prevention.com/beauty/skin-care/5-best-vitamins-beautiful-skin/2-vitamin-b3-redness

Vitamin C Dalam Produk Perawatan Kulit

Punya masalah hiperpigmentasi, atau bekas jerawat? Vitamin C adalah solusi yang Minasan butuhkan untuk mencerahkan kulit. Vitamin ini bekerja pula sebagai tabir surya serta membantu produksi kolagen. Carilah ascorbyl palmitate yang merupakan bentuk lembut dari vitamin C. Selain ascorbyl palmitate yang larut dalam lemak, ada pula ascorbic acid (asam askorbat), bentuk lain dari vitamin C yang larut dalam air. Namun, pemakaian vitamin C dalam produk perawatan kulit, dapat membuat kulit menjadi lebih rentan terbakar matahari, sehingga jangan lupakan tabir surya. Sedangkan dalam perawatan wajah berjerawat untuk melawan bakteri penyebab jerawat dapat menggunakan sodium ascorbyl phosphate yang merupakan vitamin C yang stabil sehingga kemungkinan iritasi lebih sedikit dari vitamin C lain. Selain itu, sodium ascorbyl phosphate memiliki antioksidan yang lebih kuat.
source: http://www.harpersbazaar.com/beauty/skin-care/a9876/vitamin-skin-care-guide/

Vitamin E Dalam Produk Perawatan Kulit

Vitamin E atau yang dikenal juga dengan tocopherol dapat ditemukan dalam tabir surya karena baik dalam memperkuat perlindungan kulit terhadap sinar matahari. Dapat digunakan sebelum terkena paparan matahari atau sesudah terkena matahari untuk mengurangi kemerahan dan kekeringan kulit. Dengan membantu kulit mempertahankan kelembapan alami serta merupakan antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas. Dalam produk anti aging yang baik, seharusnya mengandung setidaknya 1% vitamin E. Jadi, vitamin E memiliki beberapa manfaat seperti menjaga kulit terhadap radikal bebas, mengurangi kulit kering dan dehidrasi, serta memperkuat pertahanan alami kulit terhadap serangan dari luar. Selain itu, dapat meminimalkan munculnya tanda-tanda penuaan.
source: http://dailymakeover.com/natural-ingredients-skincare-routine/

Vitamin K Dalam Produk Perawatan Kulit

Vitamin K digunakan untuk mata yang lebih cerah serta lebih muda. Biasanya ditemukan dalam eye cream yang juga mengandung retinol. Vitamin K dapat membantu menyamarkan kantung mata hitam, serta kapiler yang rapuh yang memungkinkan darah berada di kulit di bawah mata. Dengan vitamin K atau yang dikenal juga dengan phytonadione dapat membantu mengendalikan proses pembekuan darah. Selain vitamin K, produk yang efektif untuk lingkaran hitam juga mengandung vitamin C, yang dapat membantu kulit menyerap vitamin K lebih cepat, dan vitamin A, yang membantu dengan pembaruan dan pertumbuhan kolagen.