Sebelum membuat lipbalm untuk bibir kering, mari kita kenali dulu beberapa bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan lipbalm ini. Tenang saja Minasan, bahan-bahan ini aman digunakan karena merupakan bahan alami yang diperoleh dari alam dan mudah ditemukan sehingga lipbalm yang di hasilkan nantinya aman dan tanpa efek samping.

Lilin Lebah (Beeswax)

Jangan salah Minasan, lilin lebah bukanlah lilin yang terbuat dari lebah melainkan lilin yang dihasilkan oleh lebah. Lilin ini diproduksi oleh lebah madu pekerja dari kelenjar lilin yang terdapat pada bagian bawah perut lebah. Ini adalah bahan utama yang digunakan lebah pekerja untuk membangun sarang. Lilin lebah sendiri tersusun atas ester asam lemak dan berbagai senyawa alkohol rantai panjang.
Beeswax memiliki banyak fungsi dan kegunaan diantaranya yaitu sebagai bahan pembuat model patung, semir sepatu, sampai zat-zat pewarna lukisan. Dalam dunia kosmetik, beeswax juga memiliki peran penting sebagai bahan utama pembuatan lipstick, tender care, body lotion, dan produk-produk kecantikan lainnya.
Umumnya lilin lebah digunakan karena teksturnya yang licin dan dapat menjaga kelembapan. Bahkan beeswax kabarnya sudah ditemukan di makam firaun, kapal viking, dan reruntuhan romawi. Nah, berarti penggunaan beeswax ini sudah sejak lama dan telah terbukti aman. Minasan tidak perlu ragu lagi menggunakan beeswax sebagai bahan utama pembuatan lipbalm untuk bibir kering.

Shea Butter

Shea Butter adalah lemak alami yag diekstrak dari kacang pohon African shea (Vitellaria paradoxa). Shea butter banyak digunakan dalam produksi produk kecantikan, pelembap, dan salep. Hal ini dikarenakan teksturnya yang mudah di serap kulit dan memiliki sifat mengikat air yang baik.
Penggunaan shea butter dalam produk kecantikan mampu meningkatkan kualitas produk tersebut karena shea butter bermanfaat untuk meratakan warna kulit dan kandungan kolagennya mampu menjaga elastisitas kulit. Bahkan bukan hanya untuk kecantikan saja Minasan, shea butter juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar atau gigitan serangga karena shea butter mengandung antibakteri yang baik untuk proses penyembuhan.
Dalam pembuatan lipbalm untuk bibir kering kali ini, penggunaan shea butter tujuannya untuk menghasilkan lipbalm dengan tekstur lembut, tapi ternyata bukan hanya lembut namun kandungan dan manfaat shea butter yang banyak menjadi nilai tambah tersendiri.

Minyak Almond, Vitamin E, dan Madu

Minyak almond adalah minyak yang diperoleh dari mengekstrak kacang almond. Penambahan minyak almond dalam pembuatan lipbalm bertujuan untuk memberikan aroma wangi yang khas dan melindungi bibir dari pecah-pecah maupun noda gelap. Bagi Minasan yang tidak suka, minyak almond dapat diganti dengan minyak esensial lain tapi perlu diingat, lipbalm digunakan pada bibir maka pilihlah aroma yang ringan dan tidak menyengat.
Vitamin E sendiri bermanfaat untuk melembapkan bibir lebih lama, dan madu digunakan sebagai penambah rasa manis, agar ketika lipbalm tertelan tidak akan memicu rasa mual.
Ketiga bahan ini adalah tambahan optional, artinya bila Minasan tidak menambahkan ketiga bahan ini ke dalam lipbalm yang Minasan buat tidak masalah. Tapi penggunaannya akan menambah fungsi dan keistimewaan lipbalm.
Nah, setelah Minasan mengenal bahan-bahan yang akan digunakan dan mengerti manfaatnya, saatnya Minasan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:
source: https://www.google.com/search?q=bahan+bahan+membuat+lipstik+sendiri&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMI8uqsrMHkxwIVUwaOCh3DGgDv&biw=1010&bih=608#imgrc=2g6cGiSbtmbV6M%3A
1. 1 sdt lilin lebah (beeswax)
2. 1 sdt shea butter
3. 1 sdt minyak almond
4. 1 tetes minyak vitamin E
5. 1 sdt madu
Cara membuatnya :
Campurkan semua bahan-bahan di atas dalam mangkuk tahan panas. Lalu masukan dalam microwave selama 30 detik hingga mencair. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
source: https://www.google.com/search?biw=1010&bih=608&tbm=isch&sa=1&q=make+lipstick+step+3&oq=make+lipstick+step+3&gs_l=img.12...13090.18130.3.19485.20.14.0.0.0.0.0.0..0.0....0...1.1.64.img..38.0.0.ffz3Do7oYMs&bav=on.2,or.r_cp.&bvm=bv.102022582,d.c2E&dpr=1&ech=1&psi=NlztVemiEZWLuwS78ZWQBg.1441619000142.7&ei=TlztVenPCsSgugTYxpiwBA&emsg=NCSR&noj=1#emsg=NCSR&imgrc=ycbhWwi9OjEbEM%3A
Setelah itu, Minasan bisa menambahkan warna pada lipbalm dengan bubuk kayu manis, kakao, ataupun kunyit. Banyaknya tergantung selera, tambahkan lebih banyak untuk warna yang lebih pekat. Atau bila Minasan ingin lipbalm berwarna transparan, Minasan bisa lewati langkah penambahan warna ini.
source: https://www.google.com/search?biw=1010&bih=608&noj=1&tbm=isch&sa=1&q=handmade+lipbalm&oq=handmade+lipbalm&gs_l=img.3...6708.11274.0.11565.20.13.0.0.0.0.751.1852.5-2j1.3.0....0...1.1.64.img..17.3.1851.IqMT4OeA180#imgrc=moOfUhN0YkN15M%3A
Tempatkan lipbalm dalam wadah dan tunggu hingga mengeras. Lipbalm siap digunakan.
Bagaimana Minasan, mudah bukan untuk membuat lipbalm sendiri dirumah? Selamat mencoba.