1. Makin Dekat, Makin Murah


Eropa seringkali menjadi tempat tujuan berlibur karena ada berbagai tempat eksotis yang menyajikan banyak tempat wisata indah. Namun jika baru pertama liburan ke luar negeri, lebih baik memilih destinasi wisata ke negara tetangga seperti Singapura, Kuala Lumpur atau Thailand. Mempertimbangkan harga pesawat, jika semakin dekat maka kamu akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah.
source: http://tipsjalan.com/189/tips-jalan-jalan-wisata-murah-ke-malaysia.php#

2. Pilih Negara Bebas Visa


Biaya mengurus visa bisa cukup merogoh kantong lho. Misalnya, biaya visa ke Australia sekitar Rp 1.400.000 dan ke Korea Selatan sekitar Rp 480.000. Nah lebih baik memilih negara tujuan bebas visa seperti negara-negara ASEAN. Jepang pun kini sudah membebaskan visa bagi siapa pun yang ingin datang untuk berlibur ke negara ini.
source: http://korea.panduanwisata.id/visa/mudahnya-mengurus-visa-ke-korea-selatan/

3. Pergilah Saat Off Season


Pergi liburan di hari raya besar atau musim liburan akan menjadikan biaya transportasi dan hotel membengak. Oleh karena itu sebaiknya pilih waktu berlibur saat off season.
source: http://journeywonders.com/avoid-travel-stress/

4. Beli Paket Tiket Pesawat & Hotel


Sekarang banyak maskapai menjual paket tiket pesawat dan hotel yang lebih murah dibandingkan pesan secara terpisah. Atau kamu juga bisa memesan melalui travel agent terpercaya untuk membeli tiket pesawat.
source: http://dealswelike.boardingarea.com/2014/10/24/20-jetblue-getaway-packages/

5. Jangan Pernah Datang ke Hotel Tanpa Booking


Lakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum datang ke tempat tujuan. Kamu pun bisa mendapatkan tawaran harga lebih murah dengan memesan secara online. Selain itu, hotel biasanya menawarkan harga yang lebih mahal jika kamu memesan langsung saat datang ke hotel.
source: http://www.phonesuite.com/resources/bid/338337/How-Hotel-Telephone-System-Impacts-Customer-Service

6. Makan Ala Warga Lokal


Berhemat kantong sambil mencicipi kuliner setempat inilah trik liburan yang tidak membuat biaya membengkak. Menu makanan khas lokal di suatu negara biasanya dijajakkan lebih murah dibandingkan dengan makanan cepat saji. Coba pilih menu sarapan, makan siang, dan makan malam dari menu makanan khas warga lokal.
source: http://vietnam-travel.com/01/eat-like-a-local-hanoi.html

7. Gunakan Transportasi Umum


Hindari menggunakan taksi dan pilihkan kendaraan umum seperti kereta dan bis. Di beberapa negara, biasanya menyediakan tiket terusan yang harganya lebih murah untuk digunakan untuk berkeliling kota.
source: http://www.medicaldaily.com/long-commute-work-leaves-little-time-find-satisfaction-life-313334

8. Tahan Nafsu Belanja


Belanja adalah hal yang paling dinantikan saat berlibur, namun demikian jangan sampai membuat tagihanmu membengkak akhir bulan nanti. Oleh karena itu, kamu harus bijak memilih barang apa saja yang akan kamu beli sehingga kamu tidak kalap saat berbelanja suvenir atau oleh-oleh untuk orang tersayang.
source: http://www.worldette.com/ignite-your-travel-life/cities/2013/women-should-hit-up-bangkok/
Nah semoga 8 cara di atas bisa membantu kamu menghemat pengeluaranmu saat berlibur ke luar negeri ya. Selamat berlibur!