Pilihlah Lip Balm Tanpa Kandungan Pewangi atau Perasa Tambahan

Minasan mungkin selama ini memilih lip balm atau tergila-gila dengan lip balm yang berwarna-warni, wangi atau memiliki aneka rasa buah-buahan. Mulai sekarang jangan lakukan hal itu lagi ya, Minasan. Rasa dan aroma lip balm yang menggoda bisa membuat Minasan ingin menjilatinya terus menerus. Akibatnya, semakin sering Minasan menjilat bibir, maka semakin cepat kering pula bibir Minasan. Beberapa jenis pewangi dan perasa tambahan juga dapat menimbulkan alergi. Bahkan, perasa sitrus dapat memicu reaksi photosensitivity yang membuat bibir terbakar. Lip balm yang mengandung pelembab untuk menutrisi bibir memang dibutuhkan namun memakai lip balm yang salah justru akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan kulit bibir Minasan. Oleh karena itu, ketika Minasan berkeinginan membeli lip balm, pastikan jika Minasan membeli lip balm yang bebas dari perasa dan wewangian.

Hindari Lip Balm yang Mengandung Fenol dan Minyak Peppermint

source: http://info-kecantikan.com/tips-perawatan/tips-perawatan-mulut-dan-gigi/cara-mengatasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah-saat-puasa/
Memilih pelembab bibir yang baik dengan memerhatikan komposisinya itu sangat penting, Minasan. Apabila pada lip balm yang aka Minasan beli terdapat keterangan mengandung fenol atau minyak peppermint, maka urungkan niat untuk membelinya. Kandungan fenol dan minyak peppermint memang berguna untuk mengelupas lapisan pecah-pecah dari kulit bibir, namun kedua zat tersebut akan mengikis kelembababan alami bibir Minasan. Akibatnya, bibir yang diolesi lip balm mudah terasa kering lagi. Tentunya lip balm seperti ini sangat tidak cocok untuk Minasan yang tinggal di negara tropis seperti di Indonesia.

Pilihlah Lip Balm yang Mengandung Emmolient

Jika lip balm yang mengandung fenol dan minyak peppermint harus Minasan hindari, sebaliknya Minasan bisa memilih lip balm yang mengandung emmolient. Minasan yang memakai lip balm dengan kandungan emmolient ini akan mendapatkan tiga manfaat sekaligus karena emmolient secara alami akan melembabkan, melembutkan, dan menjaga kesehatan kulit bibir Minasan. Bahan emmolient tersebut biasanya ada pada petrolatum, beeswax, shea butter, cocoa butter, dan minyak almond atau minyak jojoba.

Pilihlah Lip Balm yang Mengandung Synthetic Ceramides

Jika Minasan memiliki masalah bibir kering dan pecah pecah yang parah, pilihlah lip balm yang mengandung synthetic ceramides. Kandungan tersebut merupakan sejenis lemak yang memiliki kemampuan untuk mengembalikan perlindungan alami bibir terutama dari sinar ultra violet, sekaligus berperan sebagai tabir surya atau SPF untuk kulit bibir.

Pilihlah Lip Balm yang Mengandung Zinc Oxide

Selain emmolient atau synthetic ceramides, jika dalam label kemasan lip balm terdapat keterangan kandungan zinc oxide maka, Minasan jangan ragu lagi untuk membelinya. Kandungan zinc oxide ini berfungsi untuk menghalangi sinar ultra violet yang merusak kulit bibir Minasan.

Pilihlah Lip Balm yang Mengandung SPF Lebih dari 15 (>15)

source: http://www.terrywhitechemists.com.au/nivea-repair-protection-lip-balm-spf20-4-8g.html