Sebelum membahas beberapa penyebab keringat berlebih, kita harus mengetahui seberapa parah atau seberapa banyak kelebihan keringat yang diproduksi oleh tubuh. Pada umumnya, tubuh manusia memproduksi minyak berlebih pada saat stres, malu, gugup, atau pada saat berada dalam kondisi tidak nyaman. Akan tetapi, jika tubuh Minasan memproduksi banyak keringat setiap saat bahkan pada kondisi normal, maka hal ini harus diwaspadai.
Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab tubuh kita memproduksi keringat berlebih.

Jenis Kelamin

source: http://www.mistersosiologi.com
Minasan pernah berdesakan di gerbong kereta penuh dengan kaum pria? Hal tersebut kadang menjadi mimpi buruk apalagi pada siang yang terik dan kondisi kereta yang penuh sesak. Pada umumnya, tubuh pria memang menghasilkan lebih banyak keringat dibandingkan dengan wanita. Kelenjar keringat pada wanita jauh lebih banyak dibandingkan kelenjar keringat pada pria, akan tetapi pengeluaran keringat pada setiap kelenjar keringat wanita lebih sedikit dari pada pria, sehingga keseluruhan pengeluaran keringat pada wanita tidak sebanyak pengeluaran keringat pada pria.

Indeks Masa Tubuh

Semakin besar indeks masa tubuh seseorang, maka semakin besar kemungkinannya untuk memproduksi keringat lebih banyak. Karena, semakin berat masa tubuh seseorang, atau semakin banyak masa ototnya, maka hal tersebut dapat menghasilkan lebih banyak panas pada tubuh seningga dapat membuat orang berkeringat. Jadi, memiliki indeks masa tubuh yang ideal dapat juga mengatasi keringat berlebih Minasan.

Mengonsumsi Alkohol

Orang yang mabuk biasanya dapat terlihat pada wajahnya yang memerah. Hal ini dikarenakan mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan denyut jantung dan melebarkan pembuluh darah pada kulit, sehingga darah dialirkan ke permukaan kulit. Hal ini dapat meningkatkan temperatur tubuh yang akan menyebabkan kita berkeringat lebih banyak. Sedangkan menurut penelitian, hanya 5% dari alkohol yang dikonsumsi keluar melalui urin, pernafasan, dan keringat, sedangkan 95% dimetabolisme oleh hati.

Mengonsumsi Makanan Pedas

source: http://www.jinxieats.com
Jika Minasan merupakan penggemar makanan pedas, mungkin ini merupakan salah satu penyebab produksi keringat yang berlebih. Mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga produksi keringat juga meningkat. Mengonsumsi makanan pedas dapat meingkatkan temperatur pada tubuh, sehingga tubuh memproduksi keringat untuk menurunkan temperaturnya ke suhu normalnya.

Cuaca

source: http://wallpaperscraft.com
Cuaca dapat menjadi salah satu faktor produksi keringat pada tubuh. Pada cuaca panas, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menurunkan temperatur tubuh, sehingga produksi keringat akan semakin banyak. Sedangkan pada cuaca dingin, kelembaban udara lebih lembab dibandingkan cuaca panas, membuat keringat lebih sulit keluar untuk mecegah penurunan suhu tubuh.

Penyakit

Selain penyebab kelebihan keringat di atas, faktor penyakit dapat menjadi salah satu alasan mengapa tubuh Minasan memproduksi keringat berlebih. Jika Minasan mengalami kondisi ini bahkan pada area-area tertentu, itu dapat mengindikasi adanya penyakit hyperhidrosis. Penyakit ini dapat diturunkan secara genetik dan biasanya hanya terjadi pada bagian-bagian tertentu saja seperti telapak tangan, wajah, kaki, dan tangan.
Kondisi kelebihan produksi keringat ini juga dapat menjadi salah satu side effect penyakit lainnya seperti diabetes, menopause atau pengobatan lainnya. Apabila Minasan sudah merasa meiliki gejala kelebihan keringat karena adanya penyakit, maka segeralah periksakan kesehatan Minasan ke dokter.