Sinar Ultraviolet

Sinar ultraviolet adalah radiasi yang berasal dari cahaya matahari. Sinar ultraviolet sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena merupakan sumber alami vitamin D dan dapat mencegah berbagai penyakit kanker. Namun, di balik kedua manfaat tersebut, sinar ultraviolet juga memiliki efek negatif terhadap tubuh, salah satunya adalah dapat membakar kulit Minasan sehingga dalpat menyebabkan flek hitam pada kulit Minasan. Jika Minasan terkena sinar matahari langsung tanpa menggunakan tabir surya pada tubuh Minasan, dapat menyebabkan kulit terkena sinar UVA dan UVB yang berbahaya dari sinar matahari tersebut. Sinar UVA cukup kuat untuk menembus kaca yang berarti mengendarai mobil dalam kendaraan tertutup masih berisiko terkena sinar UVA yang menembus dari jendela mobil. Oleh karena itu, jika Minasan akan keluar rumah atau melakukan aktivitas di luar ruangan, Minasan wajib menggunakan tabir surya untuk mencegah radiasi sinar ultraviolet menembus kulit Minasan dan menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah dan kulit Minasan.
source: http://www.cakrawalaide.com/jangan-takut-dengan-sinar-uv/

Polusi

MInasan yang tinggal di kota-kota besar mungkin tidak asing dengan polusi udara yang menghinggapi kota setiap hari. Polusi udara dapat dengan mudah ditemukan ketika Minasan sedang berada di luar ruangan. Bus umum yang mengeluarkan asap hitam pekat menjadi salah satu sumber polusi udara. Selain itu, selagi Minasan berjalan di jalan raya juga Minasan tidak lepas dari polusi udara yang disebabkan oleh perokok yang kerap merokok di tempat umum. Lalu apa hubungannya antara polusi udara dengan flek hitam pada kulit dan wajah? Flek hitam terbentuk karena sel tubuh memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan akibat bahan yang dapat mengiritasi kulit. Salah satu penyebab iritasi pada kulit adalah polusi udara. Dengan maraknya pencemaran di udara yang mengiritasi kulit setiap hari, maka sel tubuh tentu harus bekerja keras memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan akibat iritasi tersebut sehingga flek hitam akan semakin banyak timbul pada kulit jika kulit Minasan semakin sering terkena polusi udara.
source: http://edwardedo10.blogspot.co.id/2012/06/kasus-pencemaran-lingkungan-polusi.html

Hindari Menggaruk Kulit

Seperti penjelasan yang terdapat pada poin sebelumnya, penyebab timbulnya flek hitam pada kulit dikarenakan adanya iritasi pada kulit yang menyebabkan kerusakan pada kulit. Hal ini kemudian membuat kulit memproduksi melanin dalam jumlah besar untuk mengatasi kerusakan tersebut yang menyebabkan timbulnya flek hitam pada kulit. Umunya, jika kulit terasa gatal, maka Minasan pasti ingin segera menggaruknya agar kulit tidak gatal lagi. Namun, menggaruk kulit dapat menyebabkan iritasi dan merusak kulit sehingga kulit memproduksi melanin sebagai mekanisme pertahanan. Oleh karena itu, sedapat mungkin, hindarilah menggaruk kulit. Jika kulit Minasan gatal, Minasan dapat segera mengolesinya dengan salep atau dengan bedak antibacterial yang dapat mengurangi serta menghilangkan rasa gatal pada kulit Minasan.
source: http://www.konimexstore.com/artikel/view/judul/Jangan+Biarkan+Si+Kecil+Menggaruk+Kulit+yang+Gatal

Obat-Obatan

Penyebab flek hitam lainnya adalah penggunaan obat-obatan difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin, termasuk Pil KB yang memungkinkan menjadi penyebab flek hitam pada kulit. Mengapa demikian? Karena jika Minasan mengonsumsi pil tersebut, maka akan memicu hormon yang diproduksi saat seorang wanita hamil dalam mempersiapkan tubuh untuk melahirkan. Hormon itu bertanggung jawab atas hiperpigmentasi, atau flek hitam yang terlihat pada kulit.
source: http://guladarah.org/pengobatan-dan-pencegahan-gula-darah-rendah/

Kosmetik

Kosmetik sudah tentu menjadi barang wajib yang dibawa ke manapun, baik ke kantor maupun ke tempat hangout. Namun, ada juga kosmetik yang wajib Minasan hindari agar tidak menimbulkan flek hitam pada kulit dan wajah Minasan. Kosmetik yang dapat menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah adalah kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bahan-bahan tertentu yang dapat menimbulkan fotosensitivitas. Fotosensitivitas adalah suatu keadaan dimana kosmetik yang dipakai menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Pemakaian parfum pada hari yang cerah juga berisiko menimbulkan flek hitam pada wajah karena kebanyakan parfum mengandung photosensitizer yang dapat membuat kulit rentan terhadap sinar matahari sehingga mempercepat pigmentasi.
source: https://muzlimahdaily.wordpress.com/2013/01/25/sudah-halalkah-produk-perawatan-kulit-kita/