Perlukah Menyamarkan Bulu Halus di Wajah?

Hingga saat ini stereotype kecantikan yang masih banyak berlaku terutama di negara-negara di Asia adalah wanita dengan kulit putih, cantik, wajah yang mulus bebas noda dan jerawat. Bulu-bulu halus yang tumbuh pada wajah tentu tak masuk kategori tersebut sehingga banyak wanita yang berusaha membebaskan wajahnya dari rambut-rambut ini. Cara yang sering diterapkan oleh wanita adalah mencukur secara manual, melakukan penghilangan bulu menggunakan lilin cair, hingga menggunakan penyinaran laser yang mahal. Selain ketiga cara tersebut ada pula yang berusaha menyamarkan bulu halus pada wajahnya sehingga tak terlihat terlalu menyolok dengan kosmetik dan perawatan bleaching yang menggunakan bahan kimia atau alami.
Sebenarnya hampir sebagian besar wanita mempunyai bulu-bulu atau rambut halus pada wajahnya walaupun pada beberapa orang memang tampak lebih menyolok dibandingkan yang lain. Hal ini berkaitan dengan faktor genetik dan hormon. Orang-orang yang merupakan penduduk Mediterania seperti Spanyol, Italia, Yunani, juga Arab dan India cenderung mempunyai bulu yang lebih banyak dan lebat pada tubuhnya dibandingkan dengan orang-orang Asia.
Selain itu, faktor produksi hormon androgen yang lebih banyak juga dapat mempengaruhi jumlah rambut yang tumbuh karena hormon ini juga berdampak pada folikel rambut yang sensitif. Bila terjadi pada pria mungkin kesan macho dan gagah yang akan diperoleh, tetapi bagaimana bila hal ini terjadi pada wanita? Apakah rambut halus yang kadang terlihat pada bagian atas bibir pada beberapa wanita akan mempengaruhi penampilannya? Atau perlukah menyamarkan bulu halus ini?
Beberapa wanita memang lebih menyukai tampilan yang bersih dan feminin agar make up terlihat sempurna. Inilah sebabnya beberapa wanita merasa perlu untuk menyamarkan bulu halus pada wajahnya atau sekalian menghilangkannya. Wajah yang bebas bulu akan membuat aplikasi makeup lebih mudah, tak terganggu, terlihat bersinar, dan lebih mudah menampilkan kesan flawless. Beberapa penata rias juga tentunya akan setuju dengan pendapat ini karena tak perlu repot mengoleskan kosmetik penghilang noda seperti concealer atau foundation.
Fakta Tentang Menyamarkan Bulu Halus Pada Wajah
Walaupun beberapa wanita tak menyukai adanya bulu-bulu halus pada wajah dan berusaha untuk menyamarkan bulu halus tersebut atau menyingkirkannya, sebenarnya ada pula yang memandang bahwa ini bukanlah masalah yang berat. Faktanya ada rambut halus pada wajah yang terlihat pucat hingga nyaris transparan tetapi ada pula yang tampak menyolok. Hal ini bergantung pada warna kulit dan pigmen rambut Minasan yang kembali lagi berhubungan dengan faktor genetik.
Mencukur atau menyamarkan bulu halus pada wajah sesungguhnya bukanlah suatu keharusan melainkan sebuah pilihan. Bulu-bulu yang tumbuh pada tubuh kita, termasuk rambut berfungsi untuk melindungi kulit dari kotoran, sengatan cahaya matahari, dan infeksi bakteri. Sehingga bila Minasan merasa tampilan Minasan baik-baik saja walaupun terdapat sedikit bulu halus pada wajah maka tak perlu dihilangkan atau disamarkan.
Tetapi bila Minasan merasa lebih nyaman bila bulu-bulu halus tersebut tidak terlihat sebaiknya gunakan metode yang aman bagi kulit Minasan. Bahan-bahan alami seperti masker teh, jeruk lemon, susu, atau kentang dapat menjadi alternatif yang tak hanya dapat melakukan bleaching untuk membuat rambut halus tersamar tetapi sekaligus merawat kulit. Bila ingin hasil yang instan, konsultasi dengan dokter kulit akan menjadi solusi yang terbaik.

Menyamarkan Bulu Halus di Tubuh Dengan Henna

Selain wajah, bulu halus biasanya juga tampak pada bagian tangan dan kaki. Jika Minasan tidak memiliki waktu untuk melakukan waxing namun ingin menyamarkan bulu halus karena ingin tampil cantik pada momen tertentu, henna bisa menjadi solusinya. Penggunaan henna saat ini memang sudah semakin meluas walaupun sesungguhnya kebiasaan ini merupakan tradisi masyarakat Pakistan dan India bagi pengantin wanita atau untuk mempercantik wanita. Seni lukis tubuh yang sifatnya tak permanen ini dapat menjadi salah satu solusi untuk menyamarkan bulu halus, terutama bila Minasan hendak menghadiri acara tertentu. Selain membuat tampilan menjadi unik seperti artis-artis Bollywood, tentunya bulu-bulu halus yang mengganggu tersebut akan tersamar dalam sekejap.
Manfaat Henna untuk Menyamarkan Bulu Halus
Tak seperti tatto yang akan menempel pada kulit selama-lamanya, penggunaan henna sebagai tinta lukis untuk body art sekaligus menyamarkan bulu halus hanya bertahan 5 hari hingga 2 minggu saja. Bila tak pandai melukis, Minasan tak perlu khawatir karena saat ini sudah sangat banyak jasa lukis henna seperti di salon-salon kecantikan atau salon kuku. Selain dapat membuat kulit terlihat mulus karena tertutup oleh tinta henna yang menggambarkan berbagai motif cantik, penggunaan henna ini juga cukup populer karena para muslimah tetap dapat beribadah karena tinta tak menutup kulit sebagaimana pada bahan kutek kuku kimia.
Tips Memilih dan Menggunakan Henna di Rumah untuk Menyamarkan Bulu Halus
Beberapa tips berikut dapat membantu Minasan memperoleh tampilan body art henna yang cantik dan awet untuk menyamarkan bulu halus pada kulit.
1. Sebaiknya pilih bahan henna yang 100% alami agar tak menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Hindari bahan henna yang mengandung phenylendiamine yang sering digunakan untuk membuat warna henna menjadi lebih gelap dan tahan lama. Warna asli tinta alami ini sesungguhnya adalah cokelat kemerahan yang lambat laun akan semakin gelap karena teroksidasi sehingga cocok untuk menyamarkan bulu halus pada kulit.
2. Bila ingin mendapatkan tampilan warna henna yang lebih gelap untuk menyamarkan bulu halus, jangan gunakan bahan kimia melainkan tambahkan 3 sendok air perasan jeruk lemon dan satu sendok gula. Saat tinta sudah hampir kering pada tubuh, oleskan ramuan di atas.
3. Agar lukisan henna lebih tahan lama, idealnya lapisan tinta baru dilepaskan dari kulit setelah 6 sampai 12 jam. Minasan juga disarankan mengolesi kulit dengan minyak zaitun sebelum menerapkan tinta henna.
4. Terakhir, hindari kontak dengan air untuk kulit yang baru dilukis agar tinta tak cepat pudar.
Setelah berhasil menyamarkan bulu halus dengan body art alami yang unik ini sebaiknya sesuaikan juga penampilan sehingga berkesan mempunyai kesatuan tema. Jangan lupa aplikasikan makeup yang serasi untuk menyempurnakan penampilan. Selamat mencoba!