Khasiat Teh untuk Menyamarkan Bulu Halus di Wajah

Minasan mungkin sudah sering mendengar khasiat beragam jenis teh bagi kesehatan kita. Sebagai penduduk Asia, kita memang sudah tak asing dengan yang namanya teh, atau mungkin ini adalah minuman favorit kita yang setiap hari kita konsumsi. Teh dapat menyegarkan tubuh, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap efek radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan, sebagai ramuan awet muda, hingga dapat membantu meminimalkan perkembangan sel abnormal pemicu kanker. Sebagai contoh adalah teh hijau dan teh bunga chamomile yang merupakan bahan alami untuk merawat kulit wajah dan tubuh yang efektif untuk mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan bulu halus.
Kandungan Teh untuk Menyamarkan Bulu Halus
Masalah bulu halus yang tumbuh pada wajah atau tubuh memang kerap merepotkan karena banyak wanita yang menjadi enggan mengenakan fashion item yang mengekspos daerah-daerah yang memperlihatkan bulu yang lebat tersebut. Salah satu solusi yang bisa Minasan lakukan adalah menghilangkan bulu-bulu tersebut dengan pisau cukur secara manual dengan risiko kulit tergores, waxing yang rasanya kerap menyakitkan, atau perawatan dengan penyinaran laser yang aman bagi kulit. Jika Minasan enggan mencoba ketiga jenis metode ini, mungkin Minasan tak perlu menghilangkan bulu-bulu tersebut tetapi cukup menyamarkan bulu halus pada tubuh Minasan saja.
Untuk menyamarkan bulu halus tersebut, caranya dapat dengan bleaching alami menggunakan ramuan dari teh hijau atau pun teh bunga chamomile. Kedua bahan ini merupakan agen pemutih alami yang cukup efektif sekaligus aman bagi kulit Minasan. Tak hanya dapat mencerahkan kulit wajah atau tubuh, ramuan bleaching ini sekaligus dapat membuat warna bulu tubuh menjadi lebih pucat atau transparan. Teh hijau memiliki kandungan mineral, flavonoid, tannin, dan berbagai vitamin yang berkontribusi positif bagi kecantikan. Sementara itu, teh bunga chamomile mengandung bisabolol yang dapat digunakan untuk merawat kulit sekaligus menyembuhkan berbagai masalah kulit.
Cara Menggunakan Teh untuk Menyamarkan Bulu Halus
Resep-resep berikut dapat Minasan coba di rumah untuk menyamarkan bulu halus dengan ramuan dari teh buatan sendiri.
Resep 1
Untuk membuat resep yang pertama dalam menyamarkan bulu halus dan mencerahkan wajah, Minasan membutuhkan buah pepaya yang telah dihaluskan dan 1 sendok bubuk teh hijau. Campur kedua bahan hingga merata kemudian oleskan ke seluruh bagian kulit yang hendak dibleaching. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.
Resep 2
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan menyamarkan bulu halus yang kedua adalah 2 kantong teh hijau dan satu sendok makan air perasan jeruk lemon. Campur kedua bahan lalu aplikasikan pada bagian kulit yang mempunyai bulu lebat. Diamkan selama 15 atau 20 menit lalu bilas dengan air.
Resep 3
Untuk resep yang ketiga ini, Minasan tak menggunakan teh hijau sebagai bahan ramuan pemutih melainkan teh chamomile. Bahan-bahan yang harus Minasan siapkan adalah bunga chamomile kering 3 sendok, air mineral 1 canghir, 1 sendok madu murni, dan sedikit air mawar. Rebus bunga chamomile dengan air selama 10 menit. Setelah itu, tambahkan bahan-bahan lain dan aduk hingga merata. Ramuan tersebut langsung diaplikasikan pada kulit tubuh atau wajah yang hendak dibleaching. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Menyamarkan Bulu Halus di Atas Bibir: Kosmetik VS Masker

Secara alami, wanita memang menyukai berbagai macam hal yang indah, termasuk kecantikan wajah. Itulah sebabnya sebagian besar wanita selalu berusaha menyempurnakan penampilannya agar dapat tampil semaksimal mungkin. Sayangnya, sering kali ada berbagai gangguan untuk mencapai keinginan tersebut seperti misalnya noda pada wajah, bekas luka, hingga bulu-bulu halus yang tumbuh berlebihan pada beberapa wanita. Mungkin Minasan pernah atau sering menemui wanita dengan bulu-bulu halus di atas bibir sehingga seperti berkumis tipis. Jika Minasan sendiri yang mengalami permasalahan tersebut, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menyamarkan bulu halus tersebut, yaitu menggunakan makeup atau masker alami.
Menyamarkan Bulu Halus di Atas Bibir Dengan Kosmetik
Ada cara instan yang dapat Minasan coba untuk menyamarkan bulu halus pada area di atas bibir termasuk menghilangkan noda dalam sekejap, yaitu dengan mengoleskan foundation atau alas bedak dan BB cream. Fungsi foundation hanya terbatas pada menutup noda saja sehingga sering digunakan sebelum mengaplikasikan bedak, sementara BB cream memiliki fungsi yang lebih luas. Krim multifungsi ini sanggup untuk melembabkan wajah, meregenerasi kulit, berlaku sebagai tabir surya, dan mencerahkan kulit.
Selain kedua jenis krim di atas, kosmetik lain yang juga berfungsi untuk menutup noda dan menyamarkan bulu halus pada wajah adalah concealer. Minasan dapat memilih concealer berwarna satu tingkat lebih cerah daripada wajah Minasan untuk mendapatkan kesan natural. Selanjutnya, Minasan bisa melanjutkan makeup dengan mengaplikasikan bedak. Kelebihan penggunaan kosmetik untuk menutupi bulu-bulu halus pada wajah tentu karena dapat dilakukan secara instan. Hanya sekali poles saja, secara singkat Minasan akan memiliki kulit wajah yang mulus dan siap untuk mengaplikasikan makeup.
Kekurangan penggunaan kosmetik untuk menyamarkan bulu halus adalah Minasan harus melakukan setiap saat hendak menggunakan make up. Hal ini tentu bagi beberapa orang dirasa kurang praktis dan membutuhkan banyak waktu. Selain itu, kosmetik-kosmetik penutup noda ini juga dapat memicu terjadinya masalah kulit seperti komedo karena pori-pori kulit tertutup oleh kosmetik yang bercampur dengan debu dan keringat. Untuk itu, sangat penting untuk memilih jenis foundation, BB cream, atau concealer dengan label non comedogenic yang ringan untuk kulit wajah. Jangan lalai menjaga kebersihan wajah agar tak timbul jerawat.
Menyamarkan Bulu Halus di Atas Bibir Dengan Masker
Alternatif berikutnya untuk menyamarkan bulu halus selain menggunakan kosmetik adalah menggunakan masker yang berfungsi untuk mencerahkan rambut pada area kulit sehingga tak tampak terlalu mencolok. Masker-masker alami yang dapat Minasan aplikasikan adalah masker susu, masker kentang, masker teh seperti yang telah disebutkan di atas, masker kunyit, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah satu resep masker alami yang dapat Minasan coba yaitu masker kunyit.
Bahan-bahan yang Minasan butuhkan adalah 2 sendok makan kunyit bubuk atau kunyit parut dan air secukupnya. Campurkan kedua bahan dan aduk hingga merata. Oleskan pada bagian kulit yang hendak dibleaching atau dihilangkan bulu-bulunya, termasuk area di atas bibir. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Keuntungan menggunakan metode ini adalah Minasan akan terhindar dari efek samping karena menggunakan bahan-bahan yang sepenuhnya alami. Selain itu, metode ini juga cukup ekonomis dan tidak menyakitkan sebagaimana waxing.
Tentu saja Minasan tak dapat memperoleh hasil yang instan dengan cara ini. Inilah kekurangan menggunakan metode alami.
Dari ulasan tentang penggunakan kosmetik dan masker alami untuk menyamarkan bulu halus di atas, Minasan dapat memutuskan sendiri yang mana yang paling cocok bagi Minasan.