Untuk memiliki tubuh yang ideal, banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari diet, olahraga, hingga operasi kecantikan. Diet merupakan salah satu metode yang paling populer. Mulai dari remaja hingga orang dewasa melakukan diet untuk menjaga bentuk tubuh yang mereka inginkan.
Dalam melakukan diet, banyak hal yang harus diperhatikan. Namun, kebanyakan orang hanya terpaku dan termotivasi dengan berat badan. Hal ini menyebabkan banyaknya kasus dimana para pelaku diet berakhir dengan keadaan tubuh yang tidak sehat. Dan tidak jarang setelah melakukan metode diet, banyak orang yang malah mendapatkan bentuk tubuhnya jauh dari yang mereka inginkan.

Mengapa Bukan Berat Badan?

Menghitung berat badan tidaklah sepenuhnya salah dalam melakukan diet. Namun, sebaiknya Minasan tidak memfokuskan diri hanya pada berat badan untuk memulai jadual diet. Mengapa demikian? Karena metode diet berguna untuk menyeimbangkan porsi yang masuk ke tubuh sebagai nutrisi yang bisa dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Sedangkan berat badan sendiri adalah ukuran berupa berat (biasa diukur dari kilogram atau pon) yang terdiri dari beberapa unsur, diantaranya: kadar air dalam tubuh, massa otot, kadar lemak, dan lain-lain.
Dengan hanya memfokuskan diri pada berat badan, Minasan tidak akan bisa menemukan metode diet yang efektif dan benar-benar cocok bagi tubuh Minasan. Hal ini bisa menyebabkan salah persepsi yang berkepanjangan dalam melakukan diet. Untuk mengetahui cara diet apa yang benar-benar efektif, kita harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu.
Salah satunya adalah fakta bahwa berat badan bukan merupakan satu-satunya tanda bahwa Minasan memiliki kadar lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Salah satu metode yang Minasan bisa coba untuk membuktikan hal ini adalah menimbang berat badan sebelum dan sesudah minum kira-kira 1 liter air. Tentu saja, sebelum melalui proses dan dikeluarkan, air akan tersimpan didalam tubuh dengan berat dan kapasitas yang sama. Menyebabkan berat badan Minasan naik dengan instan.

Alternatif untuk Mengatur Waktu yang Pas untuk Diet

Dalam melakukan diet, ada banyak hal yang bisa membantu Minasan menentukan kapan harus melakukannya. Dibandingkan menimbang dan menghitung berat badan, Minasan bisa menandakan kapan harus memulai diet dengan hal-hal sederhana seperti mengenakan celana atau baju yang biasanya pas di tubuh Minasan. Hal ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah ukuran tubuh Minasan masih cocok atau tidak dengan busana tersebut.
Minasan bisa juga menandakannya dengan mengukur tingkat kesehatan atau kelelahan yang Minasan alami. Jika pada beberapa periode waktu Minasan mudah merasa lelah atau mudah terserang penyakit, meskipun kegiatan yang Minasan lakukan tidak begitu menguras tenaga, mungkin itu adalah saatnya Minasan melakukan diet.
Mengukur lingkar pinggang atau paha juga merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan. Sebenarnya hal ini lebih efektif daripada menghitung berat badan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kadar lemak atau otot yang berlebih di tubuh Minasan. Tentu juga akan terlihat cukup jelas perbedaannya ketika sebelumnya tubuh Minasan dipenuhi lemak dan keadaan setelahnya ketika otot mulai mengencang.
Setelah Minasan menemukan cara yang pas untuk memulai diet, Minasan lalu bisa menjalankannya dengan mulai mengurangi porsi makan dan mengganti menu makanan setiap harinya, meminum banyak air dan jus buah-buahan juga bisa membantu Minasan dalam membakar lemak di dalam tubuh. Dan usahakan Minasan juga berolahraga pada saat melakukan diet, agar proses pembakaran dan pembuangan lemak lebih efektif.