Membersihkan Wajah Dengan Teratur

Untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan menghindari masalah kulit wajah, kita perlu membersihkan wajah secara rutin. Lakukanlah hal ini dua kali sehari, yakni pada malam dan pagi hari. Gunakanlah cleanser yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Setelah itu, jangan lupa bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan kain handuk yang lembut. Hindari menggosok kulit berkali-kali karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Adapun cara yang benar saat mengeringkan wajah adalah dengan menekankan handuk secara perlahan ke area yang ingin dikeringkan. Ulangi hal ini beberapa kali hingga kulit wajah benar-benar terasa bersih.
source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/tips/a24859/mistakes-washing-your-face/

Gunakan Pelembab Seusai Membersikan Wajah

Menjaga kelembapan kulit sangatlah penting. Kulit dengan kelembapan yang baik akan terlihat halus dan cerah. Untuk mendapatkan hal ini, Minasan dapat menggunakan moisturizer atau pelembab setiap kali selesai membersihkan wajah. Langkah ini penting karena sehabis mencuci wajah kelembapan pada wajah akan berkurang. Jika dibiarkan, masalah kulit wajah dapat timbul. Ini dapat terjadi jika kulit terasa kering dan kusam. Untuk itu, gunakanlah segera moisturizer seusai membersihkan wajah agar kelembapan kulit kembali dan kulit terasa lebih halus. Pilihlah moisturizer yang tepat dan akan lebih baik jika mengandung bahan-bahan alami. Moisturizer dari bahan alami dapat meresap ke dalam kulit lebih cepat dan juga lebih aman untuk kesehatan kulit.
source: http://www.livestrong.com/article/322250-how-to-properly-cleanse-tone-moisturize-facial-skin/

Manfaatkan Bahan Alami untuk Perawatan Wajah

Ada banyak bahan-bahan dari alam yang dapat digunakan untuk perawatan kulit dan wajah. Beberapa diantaranya yang mudah Minasan dapatkan adalah pepaya, mentimun dan air jeruk nipis. Ketiga bahan tersebut bukan hanya dapat dikonsumsi langsung, namun ternyata juga bisa digunakan untuk menjadi masker wajah alami. Didalam pepaya, kandungan zat papain dan zat AHA (Alpha-Hidroxy Acids) bermanfaat untuk melembutkan, memutihkan dan juga mencerahkan kulit yang kusam. Sedangkan pada mentimun terdapat kandungan 95% air yang berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan menjaga kelembaban. Bijinya yang juga kaya akan vitamin E dan potasium dapat membantu mengurangi garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya. Sementara itu, air jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dan flavonoid (jenis antioksidan yang kuat) yang dapat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah secara alami. Bahan-bahan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan dapat menjadi solusi aman membuat masker kulit alami.
source: http://www.wikihow.com/Make-All-Natural-Face-Masks

Menggunakan Tree Tea Oil untuk Perawatan Kulit

Tea tree oil merupakan sejenis minyak yang mengandung zat alami dan berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti radang karena jerawat atau flek-flek hitam. Minyak ini memiliki aroma segar dan biasanya tidak berwarna atau berwarna kuning pucat. Tea tree oil berasal dari tanaman Camellia sinensis atau Camellia oleifera yang tumbuh di Australia. Khasiat minyak ini cukup luar biasa karena dapat membuat bekas jerawat tersamarkan, sehingga kulit lebih halus tanpa bekas jerawat. Untuk kulit sensitif, Tree Tea Oil dapat menyebabkan alergi pada kulit. Maka dari itu, Minasan perlu melakukan tes terlebih dahulu sebelum memakainya langsung di area wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak di bagian belakang telinga. Jika tidak terjadi reaksi alergi, Minasan dapat langsung menggunakannya untuk mengobati jerawat. Produk ini dapat dipakai pada malam ataupun pagi hari. Pada malam hari, Minasan bisa menggunakannya sebelum tidur. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian, langsung oleskan saja pada jerawat yang sedang meradang dan biarkanlah minyak bekerja semalaman. Sedangkan untuk pemakaian pada pagi hari, Tree Tea Oil bisa digunakan sebelum Minasan menggunakan pelembab atau make up. Pemakaian yang teratur akan membuat kulit Minasan menjadi halus dan cerah tanpa noda dalam satu bulan. Jika Minasan tertarik untuk mencobanya, produk ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko kosmetik.
source: http://skin.co.id/manfaat-menggunakan-tea-tree-oil-pada-kulit-berjerawat/

Lindungi Kulit Ketika Berada di Ruang Terbuka

Beraktifvitas di ruangan terbuka dapat membuat kulit terkena sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan flek hitam pada kulit wajah, menimbulkan kerutan, dan juga membuat kulit menjadi kering. Untuk itu, Minasan perlu menggunakan sunblock atau body lotion dengan kadar SPF tertentu sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai kulit. Hindari aktivitas atau kegiatan di luar ruangan pada pukul 11.00 hingga 15.00 karena panas dari sinar matahari sedang pada puncaknya. Kalaupun Minasan ingin bepergian, usahakan untuk mengenakan pakaian dan aksesoris yang dapat melindungi kulit, seperti jaket, topi, kacamata dan sebagainya. Dengan begitu, Minasan dapat beraktivitas di luar tanpa perlu khawatir dengan terik sinar matahari.
source: http://www.kolomsehat.com/tips-menghindari-bahaya-sinar-matahari/

Menerapkan Pola Makan Sehat

Menjalankan pola makan dengan gizi seimbang dapat membantu Minasan untuk memperoleh tubuh yang sehat. Dengan menjaga pola makan, Minasan juga bisa memilih makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Beberapa jenis makanan yang mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan kulit diantaranya adalah ikan, kacang hijau, bayam, semangka, brokoli, telur, dan yoghurt. Makanan-makanan tersebut dipercaya memiliki zat dan vitamin yang berfungsi untuk menyehatkan kulit. Apa sajakah zat-zat itu? Zat itu salah satunya adalah Omega-3 yang ada di dalam ikan. Zat ini bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit wajah. Selain itu, di dalam kacang hijau dan jenis kacang-kacangan lainnya juga terdapat berbagai kandungan mineral yang diperlukan oleh kulit. Bayam dan brokoli juga memiliki banyak kandungan vitamin A yang baik untuk kulit. Telur dan yoghurt dapat memberikan asupan kalium yang tinggi. Zat ini dapat membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Untuk itu, selain perawatan dari luar, asupan gizi yang cukup dari dalam tubuh pun dapat membuat kulit menjadi sehat.
source: http://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/eat-your-way-fabulous-skin

Mengkonsumsi Air Putih untuk Kesehatan Kulit

Cara menjaga kesehatan kulit berikutnya adalah dengan mengonsumi air putih secara teratur. Idealnya dalam satu hari, Minasan perlu untuk meminum 6-8 gelas air putih. Dengan asupan air yang cukup, kulit akan terhindar dari dehidrasi dan terjaga kelembapannya. Selain itu, air putih juga memberi beberapa manfaat lain, seperti untuk menjaga kesehatan mata, membersihkan pori-pori, melembutkan kulit bibir, dan mencegah timbulnya panas dalam. Untuk hasil yang lebih maksimal, Minasan sebaiknya juga mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung kadar air yang tinggi. Jadi, kebutuhan gizi dan air dalam tubuh akan selalu tercukupi. Nah, dengan tetap menjaga kebutuhan gizi dan cairan tubuh yang seimbang, Minasan pun bisa mendapatkan kulit yang sehat dan halus secara alami.
source: http://greatist.com/health/reasons-to-drink-water