• Kandungan Jeruk Nipis
Kalau mau tahu kenapa jeruk nipis bisa berbahaya maka kita harus tahu dulu apa saja sih yang terkandung dalam air jeruk nipis. Setuju?

Jeruk nipis berbeda dengan lemon, jeruk nipis adalah jenis jeruk yang berukuran lebih kecil berwarna hijau dan lebih asam dari jeruk lemon. Jadi, jangan sampai salah mengira jenis jeruk yang sedang kita bahas sekarang ya.

Buah yang sering ditemui saat makan soto ini memang punya khasiat untuk mencerahkan wajah, mengurangi bintik hitam, mengobati jerawat serta membunuh bakteri penyebab jerawat. Terus kok bisa punya efek samping? Padahal kan jeruk nipis bahan alami?


source: https://www.dapur.website/

Ternyata, karena kandungan asam yang tinggi jeruk nipis bisa berbahaya bagi kulit, terutama pemilik kulit sensitif. Sifat asam inilah yang membuat jeruk nipis dapat mengiritasi kulit, membuat kulit kemerahan, terasa perih dan terbakar, kulit mengelupas, kering, bahkan sampai menimbulkan beruntusan kecil yang mengganggu.

Area-area wajah yang biasanya terkena iritasi jeruk nipis adalah daerah sensitif seperti ujung bibir, sela-sela hidung serta kulit yang luka. Bahkan, luka yang tak kasat matapun masuk dalam hitungan ya. Seperti luka mikrolesi yang hanya terlihat bila menggunakan kaca pembesar.

Meskipun punya efek samping tapi sebenarnya jeruk nipis memang memiliki banyak manfaat yang gak bohongan lho. Terus gimana ya caranya memperoleh manfaat jeruk nipis tanpa merasakan efek sampingnya?
  • Mencegah Iritasi Karena Jeruk Nipis
Gunakanlah jeruk nipis untuk wajah dengan bijak. Jangan menggosokan jeruk langsung pada kulit karena dapat membuat kulit luka, sebaiknya oleskan airnya saja tipis-tipis pada wajah.


source: http://caracepatmemutihkanwajah.com/

Sebelum mengambil air jeruk nipis pastikan seluruh peralatan yang kamu gunakan sudah bersih. Seperti pisau pemotong, alas memotong dan tanganmu sendiri juga. Hal ini bertujuan untuk menjaga kandungan jeruk nipis tidak tercampur dengan bakteri-bakteri yang bisa membuat kulit iritasi lebih parah.

Hindari mengoleskan air jeruk nipis pada daerah yang luka atau area-area yang sensitif. Bila, konsentrat jeruk nipis terasa terlalu asam kamu dapat campur dengan sedikit air atau madu supaya pengaruh asamnya tidak terlalu kuat.
  • Mengatasi Iritasi Akibat Jeruk Nipis
Bila sudah terlanjut menggunakan jeruk nipis dan ternyata kulit sensitifmu malah jadi iritasi. Jangan khawatir ladies, ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:


source: https://www.hipwee.com/
  1. Hentikan pemakaian air jeruk nipis dan cuci bersih wajah
  2. Hindari penggunaan kosmetik bersifat asam atau tinggi vitamin C lainnya
  3. Tenangkan wajah dengan kompres menggunakan handuk dingin pada area yang terkena iritasi
  4. Bila iritasi lebih dari sekedar gatal dan rasa perih, segera buat janji dengan dokter kulit untuk mengecek masalah kulit kamu lebih detil
Ingat ladies, bila kulit kamu termasuk jenis yang sangat sensitif sebaiknya tidak menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah. Gantilah dengan sumber vitamin C lain yang lebih ringan seperti lemon atau pepaya.