Penyebab utama timbulya jerawat pada wajah adalah adanya kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Bakteri penyebab jerawat akan tumbuh dalam perpaduan ini dan berkembang biak. Jika tetap dibiarkan, pori-pori yang tersumbat dapat membengkak dan mengeluarkan nanah. Selain itu, jerawat juga memiliki klasifikasi, yaitu ringan, sedang, agak berat, dan berat. Tingkatan tersebut ditentukan berdasarkan jumlah jerawat, ukuran jerawat, serta kondisi peradangan jerawat. Ketidakstabilan hormon pada tubuh juga disebut-sebut dapat memicu adanya pertumbuhan jerawat. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat Minasan lakukan untuk membersihkan dan menyembuhkan jerawat pada wajah.

Rajin Membersihkan Wajah

source: http://ciricara.com
Rawat wajah sebaik mungkin agar wajah tetap bersih. Kenali jenis kulit kita sebelum memilih sabun dan pembersih wajah. Ada baiknya Minasan lebih sering membersihkan wajah saat berpergian ke tempat yang berudara kotor debu dan polusi. Pilihlah sabun khusus untuk kulit wajah dan gunakan lotion cairan pembersih wajah dengan pH balanced agar dapat mengangkat kotoran wajah dan minyak yang menempel erat. Dibandingkan dengan kapas, kain ataupun tissue akan jauh lebih baik dalam hal membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Jangan pernah memencet jerawat, karena dengan memencet jerawat kita bisa menginfeksi luka dengan kotoran dan kuman yang menempel di tangan. Biarkan jerawat pecah dengan sendirinya. Jerawat bisa semakin parah jika tidak ditangani dengan baik. Bila Minasan ada dana tambahan, jangan sungkan untuk melakukan facial. Tetapi, pastikan tempat perawatan wajah tersebut aman dan sudah direkomendasikan oleh orang-orang disekitar Minasan.

Gaya Hidup Sehat

Makan makanan bergizi dan tidak mengandung bahan pengawet dan penyedap dapat menjadi salah satu gaya hidup yang dapat menangkal jerawat. Konsumsi buah-buahan dan air putih secara teratur, juga mengurangi makanan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol. Cukupilah kebutuhan serat Minasan, agar pencernaan lancar. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkadar lemak tinggi juga dapat meningkatkan produksi hormon yang secara langsung memicu timbulnya jerawat. Termasuk di dalamnya makanan yang diolah dengan cara digoreng, salty snack (keripik kentang, popcorn), dan produk kacang-kacangan. Menurut berbagai penelitian, kacang kerap kali dikaitkan dengan masalah timbulnya jerawat. Cukup tidur dan olahraga teratur dapat memaksimalkan metabolisme tubuh Minasan. Lalu, hindari zat radikal bebas yang dapat ditemui d imanapun serta menghadang dampak radikal bebas. Rutinlah dalam mengonsumsi teh ataupun makanan lain yang mengandung banyak antioksidan. Gaya hidup sehat ini dapat menyeimbangkan hormon Minasan, sehingga Minasan menjadi tidak mudah stress, dan jerawat pun enggan untuk hinggap di wajah Minasan.
source: http://mi-comm.com/

Kunjungi Dokter Spesialis Kulit

Jika jerawat membandel dan sulit hilang setelah melakukan berbagai tindakan pengobatan sendiri, maka sebaiknya Minasan melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan membantu menghilangkan jerawat serta meminimalisir terbentuknya flek hitam bekas jerawat pada wajah. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik jika jerawat pada wajah sudah meradang dan bernanah. Ikuti petunjuk dokter dengan baik agar antibiotik tidak menimbulkan kuman dan membuat jerawat menjadi kebal obat-obatan. Jangan menggunakan obat jerawat sembarangan karena dapat memperparah keadaan jerawat.