Tanda Gejala Kolesterol Rendah


source: celiknutrisi.my

Biasanya, kolesterol rendah dianggap sebagai pertanda yang baik bagi kesehatan. Namun pada beberapa kasus yang langka, jika kadar LDL (low-density lipoprotein/kolesterol jahat) dalam tubuh berada di titik yang sangat rendah justru bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Kolesterol dianggap rendah jika jumlahnya kurang dari 40 miligram per desiliter darah. Sementara sebagian yang lain menyebutkan jika jumlahnya kurang dari 100 mg/dL. Resiko kolesterol rendah ini memang jarang, tetapi biasanya dikaitkan dengan penyakit kanker, stroke hemoragik, depresi, kegelisahan, kelahiran prematur dan berat badan lahir yang rendah bagi ibu hamil. Meski demikian, para dokter sebenarnya masih menyelidiki hal ini. Adanya potensi bahaya kolesterol rendah juga masih diperdebatkan.

Francisco Lopez-Jimenez, M.D. dalam ulasannya di Mayo Clinic mengungkapkan bahwa pada beberapa kasus, sebab akibat antara kolesterol rendah dengan masalah kesehatan ini masih samar. Sebagai contoh, orang dengan depresi mungkin memang memiliki kolesterol rendah, tetapi belum terbukti jika menurunkan kolesterol (menggunakan terapi statin) dapat menyebabkan depresi.
 

Gejala Penyakit Kolesterol Rendah


source: playbuzz.com

Karena sering dikaitkan dengan depresi dan anxiety, gejala penyakit kolesterol rendah kemungkinan akan tampak pada kondisi mood yang gampang berubah-ubah dan susah tidur atau insomnia.

Selain itu, Dr. Kara Fitzgerald dalam situsnya juga menyebutkan bahwa kolesterol sebenarnya juga penting bagi pencernaan. Kolesterol digunakan untuk membuat asam empedu yang penting untuk penyerapan lemak yang tepat, vitamin A, D, E dan K yang larut dalam lemak, serta fitokimia yang larut dalam lemak. Karena itu, gejala kolesterol rendah mungkin bisa ditandai dari sistem pencernaan yang buruk.

Nah, setelah tahu bahwa baik kolesterol tinggi maupun rendah ternyata sama-sama beresiko bagi kesehatan, alangkah sebaiknya jika mulai sekarang kita menjaga agar kolesterol dalam tubuh senantiasa berada di tingkat yang normal. Caranya, yaitu dengan menjaga asupan dan pola makan sehat. Jika kamu merasa khawatir dengan kadar kolesterol yang super rendah, sebaiknya segera periksa ke dokter, ya, ladies!