Mandi atau Kompres dengan Air Hangat

Kenapa harus dengan air hangat? Mandi airpoanas setelah seharian memang terasa menggoda. Namun, air panas dapat melucuti minyak alami tubuh, dan mungkin jadi penghalang untuk membantu memerangkap kelembapan kulit. Makanya, direkomendasikan untuk mandi air hangat tak lebih dari 5-10 menit saja. Atau kalian bisa kompres area kulit kering bersisik saja dengan air hangat. Kalian bisa gosok lembut agar bisa mengangkat sisa kulit mati juga. Ini adalah cara mudah cara mengatasi kulit kering dan kasar.

Gunakan Sabun Pembersih yang Tepat

Pandai-pandailah memilih pembersih, agar tidak memperparah kondisi kulit. Beberapa sabun wajah dan pembersih benar-benar bisa jadi terlalu keras untuk kulit yang sensitif. Carah produk yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate, yang mengurangi kelembapan kulit. Tapi cari produk yang bebas dari pewangi, pewarna dan ada label moisturizing.

baca juga

Keringkan Tubuh dengan Baik

Setelah kita membasahi tubuh atau wajah kita dengan air, sebaiknya keringkan dengan baik. Memiliki handik kasar dapat bertindam seperti eksfoliator, gesekan antar kulit dengan tekstur kasar handuk dapat merusak lapisan terluar kulit. Akibatnya, kulit mengalami kekeringan lebih lanjut dan bahkan bisa iritasi. Usahakan menggunakan kain yang lembut dan bersih. Lalu menepuk-nepuk wajah saja ya! Jangan digosok! Baru deh kalian keringkan.

Oleskan Pelembap

Kulit kita juga butuh asupan, makanya kita perlu gunakan pelembap yang tepat. Setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Jika kulit kering sepanjang hari, kalian bisa oleskan pelembab lagi. Hindari toner atau astringent berbasis alkohol. Karena, semuanya dapat menarik keluar kelembapan kulit.

baca juga

Masker Wajah Buatan Sendiri

Hindari menggunakan peeling wajah yang bertekstur kasar dan masker wajah tanah liat. Karena bisa menarik keluar kelembapan kulit. Sebagai gantinya, untuk mengatasi kulit kering dan bersisik bisa meracik sendiri masker alami atau tradisional. Misalnya masker alpukat madu. Kombinasi keduanya merupakan sumber baik dari aterolin dan humektan yang mampu mengobati kekeringan kulit. Atau bisa juga dengan gel lidah buaya, cukup oleskan pasa area kulit kering.

Ada juga susu, yang kalian bisa pakai. Susu memiliki kandungan anti peradanvan dan memberikan sensasi menenangkan. Ditambah asam laktat susu bisa berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara tradisional ini perlu kamu coba ladies!

Oleskan Tabir Surya atau Sunblock

Bisa juga kalian oleskan tabur surya ya! Agar kulit tak kering bersusik, kasar keriput. Dengan mengatasi kulit kering tersebut dengan tabir surya broad spectrum ber SPF 30 setiap kali akan keluar rumah. Untuk bibir yang kering pun bisa juga gunakan lip balm yang mengandung tabir surya SPF 15. 

Nah, kalian bisa mencobanya ya cara mengatasi kulit kering secara alami! Jadi enggak perlu lagi pusing untuk mengatasi kulit kering dan bersisik kalian ya!