1. Jangan Menggosok Rambut

Mengeringkan rambut dengan cara menggosok ternyata salah lho, ladies! Setelah keramas, kebanyakan wanita menggunakan handuk lalu menggosok rambut dengan kencang untuk rambut mengering dengan cepat. Padahal, kebiasaan ini hanya akan menambah kondisi rambut kering yang semakin kasar, pecah-pecah dan berujung kerusakan. Ada baiknya, kamu cukup menepuk rambut perlahan dengan handuk lembut hingga kering.

source: https://images.unsplash.com


 

2. Rajin Membersihkan Rambut

Salah satu penyebab rambut kering yaitu karena kamu tidak rutin melakukan perawatan rambut kering dan rontok. Lamanya rambut terpapar matahari di luar, membuat kotoran dan debu mudah menempel pada rambut. Nah, cara perawatan rambut kering yang tepat yaitu dengan keramas minimal 3 kali dalam seminggu, agar minyak alami pada rambut tidak luntur. Gunakan shampo yang cocok dengan jenis rambutmu ya! Psst, jangan malas keramas ya, ladies!

source: https://media.lasvegasmagazine.com


 

baca juga

3. Mulai Menggunakan Kondisioner

Pemilihan produk perawatan rambut kering tidak boleh sembarangan ya, ladies! Kamu bisa memilih kondisioner agar rambut jadi lebih teratur. Memakai kondisioner tidaklah ribet lho, pilih produk kondisioner tanpa bilas yang bisa dibawa kemana saja dan digunakan tanpa bilas dan tanpa air. Hmm, praktis banget kan? Jadi, tak ada lagi rambut awut-awutan saat menghadapi acara penting di luar.

source: https://www.pexels.com


 

4. Mengoleskan Mayones ke Rambut

Terdengar menggelitik rasanya saat harus mengoleskan mayones ke rambut. Jika biasanya kamu melihat mayones digunakan sebagai bahan makanan, ternyata juga memiliki manfaat untuk perawatan rambut kering dan kusam, lho! Mayones memiliki kandungan asam lemak yang mampu melembutkan rambut. 

Cara penggunaannya yaitu oleskan mayones pada rambut setelah keramas (namun dalam keadaan rambut kering). Jumlah yang harus dioleskan cukup satu sendok makan saja, lalu tutup dengan shower cap atau handuk sekitar 15 menit, lalu bilas dengan bersih menggunakan shampo lagi.

source: http://lab-dc.com
baca juga
source: https://www.savantmag.com


 

5. Rutin Memotong Rambut

Biasanya para wanita malas memotong rambut karena terlalu sayang. Namun, kebiasaan memotong rambut ternyata akan berdampak baik pada kesehatan rambut lho. Jika kamu perhatikan, ujung-ujung rambut biasanya bercabang dan kering kan? Memotong di sini, bukan berarti menghabiskan rambutmu hingga pendek, tetapi merapikan bagian ujung rambut bercabang, kering dan rusak sehingga enggak akan ada lagi rambut singa tiba-tiba.

Waktu memotong rambut yang ideal adalah sekitar 6 hingga 8 bulan sekali. Dalam kurun waktu tersebut, rambutmu sudah semakin panjang, bukan?

source: https://www.liveabout.com