Restoran


source: Instagram/marcopadang
source: Instagram/marcopadang
source: Instagram/marcopadang

Pada umumnya, restoran hadir dalam tampilan yang lebih ‘rupawan’ dan eksklusif. Itu karena restoran memiliki cita rasa tinggi dalam hal penyajian makanan. Desain interiornya tampak mengesankan budaya modern, peralatan makannya pun juga aesthetic. Sementara itu, manajemennya dikelola oleh profesional hasil rekrutmen. Maka tak heran, para pegawainya biasanya juga tampak lebih profesional dengan pakaian seragam khusus yang menunjukkan ciri khas restoran itu sendiri. Selain itu, terdapat menu signature yang dijadikan andalan dengan harga yang umumnya lebih mahal.

Mari ambil contoh misalnya, Marco Padang yang tersebar beberapa tempat seperti Plaza Indonesia, Lotte Shopping Avenue, Grand Indonesia, Pondok Indah Mall, dan Pacific Place. Sesuai namanya, restoran ini memang dikelola oleh Chef Marco. Sentuhan modern nan elegan akan sangat terasa sejak pertama kali memasuki restoran ini. Berbeda dari rumah makan padang kebanyakan, Marco Padang justru lebih menyerupai bar atau kafe. Marco Padang memiliki interior yang indah dan romantis dengan cahaya redup, bunga, perabotan kekinian, dinding bata, dan juga musik latar yang menenangkan. Marco Padang merupakan tempat yang cocok jika berencana kencan romantis tapi pengin makan Nasi Padang yang lezat.

Di sini, pengunjung bisa memesan berbagai masakan Padang peranakan dengan tampilan mewah dan rasa yang lezat. Misalnya kopi es padang yang disuguhkan dalam gelas-gelas cantik, gado-gado padang yang disajikan ala salad kekinian, soto padang yang hadir selagi hangat di dalam panci mini, termasuk nasi sayo dan ayam panggang yang tentu tak kalah indah penyajiannya. Memanjakan mata dan lidah!

Rumah Makan


source: migrationology.com
source: migrationology.com
source: migrationology.com

Berbeda dari restoran, rumah makan biasanya menampilkan diri apa adanya. Desain interiornya sederhana. Berbagai peralatan makan yang digunakan pun cenderung sederhana, dengan harga menu makan yang juga terjangkau karena mereka menyasar pembeli dari semua kalangan. Sistem manajemen dan standar aturan tidak terlalu mengikat dan terstruktur. Bahkan, rumah makan banyak dikelola oleh keluarga sehingga sistemnya meskipun profesional tapi tampak lebih luwes.

Misalnya bisa kita tengok pada Rumah Makan Padang Surya yang berlokasi di Jalan Bendungan Hilir No. 7, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Rumah Makan Padang Surya tidak terlalu beda jauh dengan rumah makan padang yang lain, khas dengan etalase yang berisi tumpukan menu khasnya. 

Rumah makan ini menjadi andalan warga Jakarta Pusat saat perut lapar di siang hari. Menu yang paling banyak disantap di rumah makan ini biasanya adalah rendang kering, ayam gule, kikil, dan udang sambal. Menu khas Rumah Makan Padang Surya ini terletak pada sambal lado ijonya. Di sini juga menyediakan menu ayam pop dan sate padang yang bisa kamu nikmati. Selain itu, ada pula soto padang yang rasanya nendang, kuahnya segar dan gurih, dan porsinya besar. Yummy!