1. Jenisnya Banyak, Gunakan Powder Blush On Untuk Pemula


source: tokopedia.com

Blush on itu bermacam-macam. Ada blush on powder, krim, gel, tint, dan juga blush on ball yang menyerupai bola-bola kecil. Setiap jenis blush on bisa menghasilkan tampilan yang natural, hanya saja perlu waktu untuk memahami karakter setiap jenisnya agar tahu bagaimana cara meratakannya dengan baik.

Nah, untuk pemula, paling mudah pakai blush on jenis powder karena cenderung mudah dikoreksi saat terjadi kesalahan. Hanya saja, blush on jenis ini pada umumnya tidak tahan lama karena mudah dibersihkan. Jadi kamu perlu rajin touch up saat menggunakannya.

Kamu bisa coba Milani Rose Powder Blush yang hadir dengan embossed bunga mawar nan cantik. Meskipun bertekstur padat seperti kapur, butiran powder-nya sangat lembut sehingga hasil akhirnya terlihat natural, matte, dan menegaskan kontur wajah. Produknya sangat pigmented, hindari untuk mengambil terlalu banyak dalam satu sapuan. 
 


2. Pilih Shade yang Sesuai Jenis Kulit


source: tokopedia.com

Biar tidak terlihat norak, jangan salah pilih shade. 

  • Untuk kulit putih pucat hindari memakai shade blush on dengan warna yang lebih terang dari warna kulit supaya wajahmu tidak terlihat pucat. Warna pink yang agak tua atau peach cocok untuk kamu yang memiliki warna kulit ini. 
  • Untuk kulit putih merona, coba pakai warna soft pink agar wajah semakin terlihat berseri. 
  • Untuk kulit cokelat hindari pemakaian blush on berwarna gelap supaya tidak terlihat lebih kusam. Pakai blush on berwarna peach dan glowing agar wajah terlihat lebih eksotis.
baca juga

3. Gunakan Kuas yang Tepat


source: ayoubeauty.com

Untuk mengaplikasikan blush on dengan tesktur powdery, dibutuhkan kuas yang dapat mengangkat produk dengan baik. Karena untuk pemula disarankan pakai kuas natural. Kuas natural menggunakan bulu binatang seperti musang, tupai, kambing, atau kuda, yang memiliki tesktur bulu berpori sehingga membuatnya dapat mengangkat produk dengan baik tanpa banyak fallout.

Salah satu produk blusher brush yang berbahan alami yaitu Armando Caruso 02 L Angled Contour/Blush Brush. Kuas ini bentuknya miring dan agak meruncing sehingga memudahkan kamu dalam meletakkan warna pada bagian pipi yang diinginkan. Angled brush ini juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan contour powder yang mempertegas tulang pipi. Satu kuas, dua fungsi!
 


4. Aplikasikan Sesuai Bentuk Wajah


source: danielsandler.com

Memahami bentuk muka, bisa membantu kamu dalam memakai blush on.

  • Oval/lonjong, tulang pipi menonjol dan dahi tinggi dengan dagu yang memanjang. Untuk bentuk wajah ini, pulaskan blush on di bagian apple cheek, area puncak tulang pipi yang bisa terlihat ketika kamu tersenyum. Langkah ini membantu menonjolkan ketinggian tulang pipi.
  • Heart/hati, dahi lebar, tulang pipi tinggi, serta wajah yang meruncing ke dagu. Karena bentuk wajah ini kesannya lancip, kamu perlu menyamarkan bagian tepi supaya tampak lebih oval. Sapukan blush on ke sudut luar tulang pipi kamu, mulai dari telinga dan berakhir pada titik di bawah sudut luar mata. Tambahkan juga sentuhan warna pada pelipis, ke bagian tengah dahi, ini untuk membantu menyeimbangkan lebar dahi dan dagu.
  • Square/kotak, memiliki dahi yang kira-kira sama lebarnya dengan tulang pipi dan dagu. Karena itu, sapukan blush on sedikit di bawah tulang pipi.
  • Round/bulat, memiliki ukuran panjang dan lebar yang kurang lebih sama. Sapukan blush on dari telinga ke tulang pipi ke arah bibir. Tambahkan sedikit sentuhan blush on ke dagu dan ratakan dengan baik untuk membuat wajah terlihat lebih panjang.
  • Long/panjang, kadang-kadang disebut mirip oval dan kotak. Bedanya, bentuk wajah ini lebih panjang dan sempit. Dahi, pipi, dan rahang perlu dibuat menjadi memiliki lebar yang sama. Pulaskan blush on pada tulang pipi di bawah sudut luar mata dan ratakan dengan baik. Pastikan blush on tidak memanjang lebih rendah dari ujung hidung. Ini akan mengurangi sisi lonjong wajah kamu.
  • Triangular/segitiga, dagu sempit dan runcing serta tulang pipi tinggi. Sapukan blush on seperti bentuk V pada tulang pipi. Ratakan dari tulang pipi ke pelipis.
It's okay, kalau kamu gagal di percobaan pertama. Berlatihlah terus dan lama-lama kamu akan paham cara memakai blush on dengan tepat. Selamat mencoba!