Buah adalah sumber gizi mikro yang memiliki banyak manfaat. Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, sumber antioksidan di dalam buah juga baik untuk mencegah jerawat. Manfaat yang ada di dalam buah akan lebih efektif ketika dikonsumsi secara langsung. Selama ini beberapa wanita menggunakan buah untuk pemakaian luar seperti masker wajah untuk mencegah jerawat. Dalam pembahasan ini terkait gaya hidup sehat mencegah jerawat, maka dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan secara langsung.
Gaya hidup sehat tentu saja tidak terpaku pada tujuan untuk memperoleh tubuh sehat. Gaya hidup sehat juga dapat diterapkan untuk mencegah keberadaan jerawat yang tumbuh di wajah. Jika setiap wanita ingin menempuh gaya hidup sehat mencegah jerawat, maka buah adalah solusinya. Buah adalah obat alami yang tepat untuk diterapkan dalam gaya hidup sehat setiap wanita. Tentunya ada beberapa jenis buah yang lebih efektif untuk mencegah jerawat ketika dikonsumsi. Di bawah ini akan disebutkan buah-buah apa saja yang dimaksud:
1. Konsumsilah Buah Lemon
Buah lemon memiliki rasa dominan yang asam menandakan kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya tinggi. Rasa asam dari buah lemon sendiri menunjukkan kandungan asam pada buah tersebut juga bermanfaat untuk mengatur keseimbangan pH asam wajah. Selain itu, buah lemon juga memiliki manfaat untuk menjaga kulit wajah agar tetap bersih. Kandungan antioksidan buah lemon akan menjaga kulit wajah bebas dari segala kuman penyakit maupun kotoran penyebab jerawat. Konsumsilah buah lemon secara teratur untuk mencegah jerawat di wajah.
2. Konsumsilah Buah Alpukat
Buah alpukat memiliki rasa dominan yang sedikit hambar dan pahit. Kandungan vitamin E di dalam buah alpukat adalah sumber gizi penting untuk kesehatan kulit wajah. Kebanyakan wanita menghindari konsumsi buah alpukat karena mengandung kalori yang tinggi. Namun jika ingin menerapkan gaya hidup sehat mencegah jerawat, maka konsumsilah buah alpukat.
3. Konsumsilah Buah Beri
Buah beri memiliki rasa asam dan manis serta tidak banyak tumbuh di Indonesia. Namun, masih dapat dijumpai di beberapa pasar swalayan. Buah beri memiliki manfaat berupa antioksidan yang cukup tinggi. Kulit wajah akan selalu terjaga dengan adanya antioksidan. Selain itu, manfaat dari buah beri menjadikan kulit wajah selalu bersinar. Mengonsumsi buah beri sebaiknya mulai dibiasakan untuk gaya hidup sehat mencegah jerawat.
4. Konsumsilah Buah Bit
Buah bit memiliki rasa yang sedikit manis namun kaya dengan manfaat. Buah bit tergolong masih sangat sulit dijumpai di Indonesia. Buah ini berwarna ungu kemerahan. Konsumsillah buah bit untuk mencegah jerawat. Buah bit mengandung senyawa glutathione yang diperlukan oleh kulit.
5. Konsumsilah Buah Labu
Buah labu memang lebih identik sebagai kategori sayuran. Buah yang satu ini termasuk jenis buah yang harus dikonsumsi jika ingin memiliki wajah sehat. Jika ingin bebas dari jerawat, buah labu tidak kalah manfaatnya dengan buah-buah lainnya. Buah labu mengandung vitamin E yang tinggi serta asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan kulit. Biasakanlah untuk tidak melupakan konsumsi buah labu.
Selain perlu menjaga kebersihan wajah dengan mencuci menggunakan air bersih, mengonsumsi buah-buahan juga sangat penting untuk mencegah jerawat. Gaya hidup sehat mencegah jerawat dengan mengonsumsi buah kaya manfaat dapat memberikan efek yang efektif untuk menjaga wajah tetap sehat.