Bagaimana gaya hidup sehat mencegah jerawat membandel agar tidak kembali datang? Jerawat pada wajah memang ibarat mimpi buruk yang tidak pernah diharapkan siapapun, terutama kaum wanita. Selain mengganggu penampilan, keberadaan jerawat di kulit wajah atau area kulit yang lain terasa sangat menyiksa. Betapa tidak, jerawat menyebabkan rasa perih dan tidak jarang dapat terjadi peradangan atau infeksi. Oleh karena itu, jerawat yang muncul perlu segera diatasi.
Mengusir jerawat membandel dapat dilakukan dengan berbagai macam perawatan. Adapun satu poin yang tidak kalah penting adalah sesudah itu. Pasalnya, setelah jerawat hilang masih ada kemungkinan jerawat kembali datang. Apalagi bila gaya hidup sehari-hari dinilai kurang sehat dan memicu munculnya jerawat. Adapun dalam hal ini yang harus dilakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah agar jerawat tidak kembali bersarang pada kulit mulus Minasan. Bagaimana caranya? Berikut diberikan beberapa diantaranya.
1. Rutin Mencuci Wajah
Cara yang pertama dengan rutin mencuci wajah. Hal ini penting dilakukan terutama bila Minasan memiliki aktivitas padat di luar ruangan. Perlu diketahui paparan debu, polusi, dan kotoran bisa jadi menempel dan menyumbat pori-pori kulit wajah Minasan. Hal tersebut merupakan tahap awal dari kemunculan jerawat membandel. Untuk itu, rutinlah mencuci wajah menggunakan sabun wajah khusus yang cocok. Tidak perlu terlalu sering karena malah menyebabkan hilangnya kelembapan kulit wajah. Cukup 2 kali sehari saja untuk menghilangkan kotoran menempel dan minyak berlebih di area wajah. Karena manfaatnya itulah rutin mencuci wajah perlu dibiasakan menjadi gaya hidup sehat mencegah jerawat kembali datang.
2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah
Utamakan memilih makanan dari olahan sayur dan buah, terutama yang bermanfaat mengoptimalkan pembakaran lemak. Misalnya brokoli, apel, jahe merah, jeruk lemon, dan lainnya. Tujuan gaya hidup sehat mencegah jerawat ini agar dapat menekan timbunan dan produksi minyak kulit. Pasalnya, produksi minyak kulit atau sebum berlebih juga menjadi tahap awal kemunculan jerawat. Di sisi lain, imbangi pula dengan mengurangi atau malah hindari makanan cepat saji, minuman bersoda, dan minuman dengan tambahan pemanis buatan.
3. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih memiliki banyak peran penting bagi kesehatan tubuh, mulai dari melancarkan proses metabolisme, melancarkan sistem pencernaan, hingga mencegah dehidrasi kulit. Untuk itu, perbanyak minum air putih setiap hari. Dalam hal ini seringkali dianjurkan untuk minum 8 gelas air setiap hari. Akan tetapi, Minasan boleh minum air lebih dari itu bila kebutuhan harian memang lebih besar. Dengan minum air putih dalam jumlah cukup, kelembapan dan kesegaran kulit Minasan pun akan terus terjaga sepanjang hari. Hal ini secara tidak langsung turut berperan sebagai gaya hidup sehat mencegah jerawat agar tidak datang lagi.
4. Jauhi Stres
Bila Minasan tidak ingin kembali bermasalah dengan jerawat, maka jauhi stres. Bila padatnya aktivitas pekerjaan atau deadline tugas membuat stres, coba luangkan waktu sejenak untuk relaksasi. Tenangkan pikiran Minasan. Di sela waktu kerja, sempatkan pula 1-5 menit untuk berdiri dari kursi dan melakukan peregangan. Hal ini tentu amat berpengaruh karena stres pikiran juga dapat menyebabkan kulit ikut stres sehingga lebih rentan terhadap beberapa masalah kulit seperti jerawat.
Membiasakan gaya hidup sehat mencegah jerawat agar tidak kembali datang tentu dirasa lebih mudah dibanding harus mengobati karena pengobatan jerawat membutuhkan perawatan khusus apalagi bila terjadi peradangan. Adapun dengan menerapkan beberapa gaya hidup sehat di atas, sebenarnya juga dapat memberi banyak manfaat lainnya, salah satunya tubuh Minasan menjadi lebih sehat.