Makan Sayur Terlebih Dahulu

Sayur dan buah merupakan sumber serat yang sebaiknya dikonsumsi sebelum masuk ke menu utama. Jika kamu makan karbohidrat terlebih dahulu, maka gula darah akan meningkat dengan drastis. Peningkatan gula darah yang terlalu cepat akan membuatnya cepat turun juga, sehingga kamu akan cepat merasa lapar lagi.
source: http://ciricara.com/2013/09/30/7-keuntungan-menjadi-vegetarian/
Urutan makan yang benar adalah: sayur/buah > sup > daging/ikan (protein) > nasi/mi (karbohidrat). Dengan urutan makan seperti ini, gula darah akan naik perlahan sehingga tak memancingmu mudah lapar. Selain itu lambung memang diciptakan agar mencerna makanan yang masuk terlebih dahulu, jadi meletakkan karbohidrat di akhir makanmu adalah pilihan terbaik untuk diet.

Tahan Minum Saat Makan

Minum di sela-sela makan akan membuat asam lambung menjadi encer dan mengakibatkan pencernaan memburuk, jadi sebaiknya kamu minum air sebelum makan.
source: http://keepo.me/kota-kita-channel/langkah-ini-yang-harus-dilakukan-ketika-kamu-keracunan-makanan
Air hangat yang diminum 30 menit sebelum makan akan mempersiapkan lambung dan memudahkannya bekerja mencerna makanan.

Kunyah Dengan Baik

source: http://www.examiner.com/slideshow/types-of-eating-disorders#slide=8
Mengunyah makanan dengan baik (minimal 30 kali dalam sekali suap) akan membantu produksi hormon serotonin (hormon yang mempengaruhi rasa kenyang) sehingga kamu akan merasa kenyang walaupun makan dengan porsi kecil.

Nikmati Makananmu

Kadar gula darah akan mulai naik kira-kira 20 menit setelah kamu mulai makan. Perutmu akan sulit merasa kenyang dalam waktu 20 menit dari awal kamu mulai makan karena tidak menerima sinyal kenyang dari otak.
source: http://speedprosignssteinbach.com/archives/2337
Jika kamu makan terlalu cepat, kadar gula darah tidak naik dan perut tidak merasa kenyang. Akibatnya kamu akan makan lebih banyak untuk mendapatkan rasa kenyang tersebut. Oleh karena itu, usahakan nikmati makananmu dengan mengunyah perlahan dan jangan terburu-buru.

Makan Tepat Waktu

Jam makan yang berantakan akan menyebabkan perutmu harus menahan lapar lebih lama, sehingga kadar gula darah akan meningkat secara drastis setelah makan. Peningkatan ini sangat tiba-tiba sehingga akan mendorong feeding center dan memberi sinyal perut kosong yang membuatmu merasa lapar.
source: http://www.assignmentcompany.com/blog/submit-book-review-report-time-smartly
Hanya makan sebanyak 2 kali dalam sehari akan membuat kadar gula darah justru meningkat secara tiba-tiba. Jadi usahakan kamu tetap makan 3 kali sehari di jam yang sama walaupun dalam porsi kecil.

Fokus Makan

Hindari makan sambil melakukan kegiatan lain, misalnya sambil menonton televisi, membaca buku, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuatmu cenderung makan lebih banyak dan merusak dietmu.
source: http://speedprosignssteinbach.com/archives/2337
Fokus menikmati hidangan di hadapanmu akan memberikan sinyal kenyang sehingga kamu bisa mengontrol porsi makanmu.

Hindari Makanan Perusak Diet!

Selain pola makan sehat seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga harus mengurangi atau bahkan menghindari sama sekali konsumsi makanan yang membuat berat badanmu mudah naik. Makanan dengan kandungan gula, lemak, serta kalori tinggi merupakan musuh besar yang wajib dihindari saat diet. Jika kamu terlalu banyak makan makanan sejenis ini, tubuh akan menyimpannya sebagai lemak dan membuatmu mudah gemuk.

1) Roti Manis

source: http://octavianinurhasanah.net/mycuisine/2012/08/135-resep-roti-manis-2/
Makanan yang satu ini memang mudah didapat dan praktis. Tapi di balik itu, roti manis menyimpan kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi sehingga kamu perlu membatasi konsumsinya.

2) Makanan Ringan

Snack atau makanan ringan seperti potato chips atau keripik kentang merupakan camilan yang menjadi favorit banyak orang. Namun karena sebagian besar camilan ini diolah dengan cara digoreng, maka kalorinya bisa sangat tinggi bahkan pada porsi yang sedikit.
source: https://www.nutriliving.com/articles/food-additives-you-should-avoid
Apalagi jika kamu makan dengan menonton televisi, bisa-bisa berat badanmu naik dengan cepat tanpa kamu sadari!

3) Fast Food

Hampir semua jenis fast food mengandung lemak, garam, dan kalori yang tinggi. Misalnya, french fries atau kentang goreng. Walaupun jumlahnya terlihat sedikit, namun kalorinya sangat tinggi.
source: http://www.viaberita.com/4434/jangan-salah-ternyata-fast-food-bisa-menyehatkan/
Selain itu makanan yang dijual di restoran fast food biasanya tidak menggunakan minyak kualitas baik karena dalam sekali menggoreng membutuhkan minyak yang cukup banyak.

4) Cake dan Donat

source: http://www.bsukses.com/2014/12/aneka-resep-glazur-untuk-topping-donut.html
Seperti yang kamu tahu, jenis kue seperti ini mengandung gula dan lemak sangat tinggi. Mungkin kamu memang tidak mengonsumsi makanan ini setiap hari, namun kalori dan lemak yang tinggi ini mudah menumpuk dalam tubuh sehingga kamu perlu hati-hati agar tidak mengonsumsinya terlalu banyak.