1. Gudeg Jogja Yu Djum, Gudeg Jogja Legendaris


source: Instagram/gudegyudjum
source: Instagram/gudegbagong

Gudeg Jogja Yu Djum sudah sangat menyatu dengan ikon Jogja. Berdiri sejak 1949, resep Gudeg Yu Djum sudah diturunkan hingga empat generasi. Di tempat makan ini, pengunjung diperbolehkan ke dapur dan menyaksikan proses pembuatan gudeg, lho. Selain itu, Gudeg Yu Djum merilis produk gudeg kaleng dengan nama Gudeg Bagong yang bisa tahan lebih lama, jadi bisa beli banyak untuk oleh-oleh.

Alamat: Jalan Wijilan No. 31 Panembahan, Kraton, Panembahan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131, Indonesia
Jam Operasional: 06.00-22.00 WIB


2. Gudeg Manggar Bu Tinur, Gudeg Jogja Enak yang Pakai Bunga Kelapa


source: Instagram/gudegmanggarbutinur
source: Instagram/gudegmanggarbutinur

Gudeg Jogja umumnya dibuat dari gori atau nangka muda. Namun, beberapa variasinya justru dibuat dari manggar atau bunga kelapa. Setelah matang, manggar akan dipotong dan disajikan dengan telur, ayam bacem, sambal, dan krecek yang nikmatnya nendang. Salah satu kedai gudeg manggar terbaik dikelola oleh Bu Tinur.

Alamat : Jalan Bibis Raya RT.04, Dusun Gendheng, Bangunjiwo, Kasihan, Bangunjiwo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153, Indonesia
Jam Operasional : 08.00-20.30 WIB

baca juga

3. Gudeg Pawon, Sensasi Makan Gudeg Jogja Tengah Malam


source: Instagram/_nikena
Caption

 

Pawon dalam Bahasa Jawa berarti dapur. Nah, gudeg yang satu ini memang dijual di dapur sang pemilik rumah yaitu Ibu Prapto Widarso yang sekarang dilanjutkan oleh keluarganya. Jam buka Gudeg Pawon nyaris tengah malam, pukul 22.00 WIB. Dengan lokasi jualan di pawon (dapur), puluhan orang siap antre untuk menyantap gudeg manis lengkap dengan sambal goreng krecek, ayam, dan juga cabai hijau yang bisa diceplus bersama nasi.

Alamat: l. Janturan UH/IV No. 36, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164, Indonesia
Jam Operasional: 22.00-24.00 WIB
 


Gudeg Mercon Ibu Tinah


source: Instagram/janganlupamakan
source: Instagram/janganlupamakan

Buat kamu yang tidak terlalu suka manis, coba mampir ke warung Gudeg Mercon Ibu Tinah. Alih-alih manis, gudeg yang ini justru bisa bikin lidah terbakar sampai mencucurkan air mata! Laris manis, Ruben Onsu dan Sarwendah bahkan pernah ke sini, lho!

Alamat: l. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233, Indonesia
Jam Operasional: 21.00-01.00 WIB
 

baca juga

5. Gudeg Mbah Lindu


source: Instagram/alejenes
source: Instagram/ben_doang
source: instagram/mrachefo

Mbah Lindu kabarnya sudah berjualan gudeg sejak masa penjajahan Jepang. Usianya nyaris satu abad, tapi masih setia memberikan layanan terbaiknya secara langsung kepada para pelanggan. Kini Mbah Lindu dibantu anaknya. Khas dari gudeg Mbah Lindu ini adalah tambahan petenya. Saking tenarnya, kelezatan gudeg mbah Lindu tidak dilewatkan oleh chef William Wongso. Kerap diburu buat sarapan, kamu harus rela antri pagi-pagi dari jam lima untuk bisa menikmatinya.

Lokasi: Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam operasional: 05.00-10.00 WIB