1. Bergabung dengan Komunitas Penjual Kosmetik

Bukan menjadi saingan, komunitas ini akan banyak membantu kamu dan bisnis kosmetikmu terus bertumbuh. Dari perkumpulan-perkumpulan inilah skill berjualan online mu akan bertambah. Selain tips dan trik bisnis, kamu juga biasanya mendapatkan informasi seputar prospek bisnis yang potensial lho.

source: https://unsplash.com

2. Membuat Sistem Pre-Order

Nah untuk poin ini cocok sekali untuk kamu yang tidak memiliki modal besar. Tahu sendiri kan harga dari kosmetik-kosmetik berkualitas baik mahalnya seperti apa? Sistem ini akan sangat membantu karena kamu akan mendapatkan pembayaran di awal, baru membelanjakannya. Jadi kamu akan lebih maksimal menjalankan bisnis dengan hanya membeli barang yang dibutuhkan saja oleh pembeli.

baca juga

3. Miliki Identitas

Meskipun bisnis kosmetik sudah sangat menjamur, tapi cobalah membuat toko mu lebih dilirik dari tempat lain dengan berbagai inovasi. Misalnya, memberikan promosi gratis ongkos kirim untuk pembelian lebih dari 5 produk atau mempromosikan bahwa di setiap pembelian di toko mu sebagian uangnya akan disalurkan pada panti asuhan tertentu dll. Dijamin deh toko mu akan lebih terlihat menonjol dibandingkan toko kosmetik lainnya.

source: https://www.humanhairextensiononline.com.au

4. Pakai website

Penjualan di instagram dan social media lainnya sudah oke? Waktunya melebarkan sayapmu ke ranah website. Karena ada beberapa tipe pembeli yang tidak suka bersusah-susah menunggu balasan chat dari admin mu untuk dilayani, mereka ingin yang lebih praktis, tinggal klik klik klik barang sudah sampai di rumah. Tapi kalau biaya mu belum cukup untuk membuat website, kamu bisa bergabung di e-commerce yang sudah menjamur di Indonesia. Dengan begitu, nilai brand recognition toko mu di Google akan lebih tinggi dan lebih banyak mengundang pembeli.

baca juga

5. Lakukan Survei

Survei ini penting untuk benar-benar mengetahui mau pasar. Sebenarnya apa produk kosmetik yang benar-benar dibutuhkan di zaman sekarang? Yang jelas, pastikan produk mu menjawab dari semua kebutuhan target pasarmu. Misal tren kosmetik sekarang adalah yang mengandung SPF, pastikan produk mu juga memiliki kandungan itu atau ketika tren nya sedang mengarah pada segala sesuatu yang berbahan alami, buatlah produk mu dari bahan alami itu.

Nah, itu tips jualan online untuk kamu. Selamat mencoba, Ladies!

source: https://unsplash.com