Setiap hari tubuh manusia berkativitas akan ditempeli oleh kotoran dan zat sumber penyakit lainnya, belum ditambah keringat yang apabila bercampur dengan bakteri akan menyebabkan bau badan yang mengganggu orang sekitar. Agar tubuh tetap segar dan bebas bakteri, mandi harus dilakukan 2 kali dalam sehari menggunakan sabun mandi. Memilih sabun mandi untuk kulit kering tidak bisa sembarangan karena setiap sabun memiliki kandungan dan kecocokannya masing-masing ketika digunakan untuk mandi. Berikut adalah cara memilih sabun mandi yang cocok untuk jenis kulit yang berbeda.
1. Sabun Mandi untuk Kulit Kering
Sebagian besar sabun mandi mengklaim bisa memberikan kelembaban pada kulit Minasan, namun nyatanya tidak sedikit sabun mandi yang justru menghilangkan minyak alami pada kulit tubuh. Hilangnya minyak pada kulit akan menyebabkan kulit kering mudah iritasi. Maka dari itu sabun mandi untuk kulit kering sebaiknya mengandung pelembab alami seperti minyak zaitun, cocoa butter, atau minyak bunga matahari. Sabun mandi untuk kulit kering harus bisa melindungi kulit dari kekeringan yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.
2. Sabun Mandi untuk Kulit Berminyak
Memilih sabun mandi untuk jenis kulit berminyak berkebalikan dengan sabun mandi untuk kulit kering. Keuntungan dari memiliki kulit yang berminyak adalah kulit akan terasa kenyal dan lembap sehingga tidak memerlukan pelembab dengan kadar tinggi. Tetapi kulit yang berminyak cenderung lebih banyak mengandung bakteri dan bisa menyebabkan infeksi. Gunakan sabun yang mengandung zat antibakteri untuk mengantisipasinya. Minasan juga bisa menggunakan sabun dengan kandungan bunga lavender atau chamomile untuk mengontrol produksi minyak di kulit.
3. Sabun Mandi untuk Kulit Sensitif
Jenis kulit yang sensitif lebih mudah terkena iritasi apabila terlalu lama di bawah sinar matahari langsung atau karena kotoran yang menumpuk. Iritasi juga bisa terjadi karena salah perawatan atau memiliki bakat alergi. Sabun mandi yang cocok untuk kulit sensitif adalah sabun yang tidak ditambahkan atau hanya sedikit mengandung pewangi. Sabun mandi dengan parfum umumnya ditambahkan dengan alkohol yang bisa membuat kuli kering dan mengalami iritasi. Oleh karena itu, sabun untuk kulit sensitif juga bisa digunakan sebagai sabun mandi untuk kulit kering.
4. Sabun Mandi untuk Kulit Kombinasi
Kondisi kulit kombinasi adalah kulit yang mudah mengalami iritasi, namun di beberapa bagian ada yang kering tetapi ada juga bagian yang lebih berminyak. Memilih sabun untuk jenis kulit ini memang agak repot karena harus disesuaikan dengan masing-masing kondisi. Minasan bisa menggunakan sabun mandi untuk kulit kering di area yang lebih sensitif dan kering untuk memberikan kelembaban pada kulit. Sedangkan untuk kulit yang berminyak bisa menggunakan sabun dengan kandungan benzoil peroksida untuk mencegah terjadinya peradangan kulit.