Untuk memiliki kulit idaman yang sehat, kenyal, bercahaya, dan nampak cantik tentu harus diimbangi dengan usaha yang tepat. Salah satunya dengan jeli memilih sabun, seperti sabun mandi untuk kulit kering. Sabun mandi memiliki merek, kandungan, dan jenis yang beragam. Tentu efek yang diberikan pada pemakai juga beragam. Jadi temukanlah sabun mandi yang paling cocok dan dapat menjawab sejumlah permasalahan kulit Minasan.
Secara umum manusia di dunia memiliki 5 jenis kulit. Diantaranya kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, dan kulit kombinasi. Untuk kulit kering ciri-cirinya ialah kulit terasa tertarik dan kaku usai dibersihkan. Kondisinya akan kembali normal jika sudah diolesi krim pelembap. Jenis kulit kering akan semaki buruk jika terjadi perubahan cuaca dan terkena angin. Akan timbul kerutan dan garis dibeberapa area yang membuat seseorang jadi kurang percaya diri.
Jika Minasan mengalami kondisi tersebut maka segera temukan dan memilih sabun mandi untuk kulit kering. Ini merupakan salah satu bentuk langkah antisipasi mengatasi sejumlah masalah kulit dan perawatan tepat guna. Jika masih bingung berikut tips jitu memilih sabun yang sesuai jenis kulit kering.
1. Tentukan Bentuknya
Di pasaran ada 3 bentuk sabun yang beredar yakni batangan, cair dan gel. Untuk jenis kulit kering lebih dianjurkan memakai sabun cair atau sabun shower gel. Alasannya kedua bentuk sabun tersebut umumnya mengandung bahan yang melembapkan dan menyegarkan. Jadi tak sekedar membersihkan kulit dan mengangakat kuman menempel.
Bahkan shower gel dengan kandungan tertentu paling direkomendasikan sebagai sabun mandi untuk kulit kering. Cairan kentalnya sangat memudahkan dalam mengusap dan membilas pada tubuh. Selain itu cenderung lebih praktis dan hemat dalam pemakaiannya. Namun, bila Minasan lebih suka sabun batang juga tidak masalah. Cukup perhatikan kualitas dari sabun yang Minasan pilih.
2. Teliti Kandungannya
Cocoa butter, jojoba, ekstrak avocado, minyak zaitun, aloe vera, vitamin E dan sebagainya merupakan bahan-bahan dasar dalam sabun mandi yang sangat baik untuk kulit kering. Apalagi jika bahan tersebut didapat dan diolah secara alami. Tentu kulit lembab, bercahaya dan nampak sehat akan lebih mudah didapat oleh pemakainya.
Selain mengenal kandungan zat yang bermanfaat Minasan juga wajib memperhatikan kandungan zat berbahaya pada sabun. Misalnya alkali dan SLS (Lauryl Sulfate) yang banyak digunakan produsen untuk membuat sabun mandi. Usahakan merek yang Minasan pilih tidak mengandung zat-zat tersebut, terlebih dalam kadar tinggi.
Sudah banyak ahli yang menyatakan bahwa alkali dan SLS membuat iritasi, kulit kering, alergi dan kemerahan. Jadi jika memilih sabun mandi untuk kulit kering lihat labelnya dulu dan jangan pakai produk yang menjanjikan kulit kesat.
3. Perhatikan Tingkat Keasaman
Selain kandungan juga perlu memperhatikan tingkat keasaman pada produk sabun mandi. pH yang seimbang tentu sangat dibutuhkan kulit dan biasnya jadi faktor penting untuk menunjukkan kulit seseorang sehat atau bermasalah.
Sabun mandi untuk kulit kering baiknya memiliki tingkat keasaman normal sekitar 4,5 sampai 5,5. pH sebesar itu sudah sangat ampuh menekan berkembangnya propionibacterium acnes. Namun, dipasaran kini banyak sekali produk sabun yang memiliki pH sekitar 9 sampai 11. Ini terlalu tinggi dan akan memicu masalah jika pemakaiannya berlebihan. Tentu Minasan harus melakukan penyesuaian dan perhatikan petunjuk pemakaian.
4. Lihat Merek dan Harga
Sangat lazim jika harga dan merek juga turut mempengaruhi kualitas dari produk sabun mandi. Jadi tips terakhir untuk memilih sabun yang tepat ialah sesuaikan harga sabun dengan budget dan pilih merek favoritmu yang sudah terpercaya.
Sabun yang namanya sudah terkenal cenderung lebih aman dan terpercaya. Biasanya merek ternama juga memiliki banyak review positif. Sabun mandi untuk kulit kering juga bisa dilihat dari harganya. Kualitas yang baik tentu selaras dengan harga yang pantas.