Cara menghilangkan bulu hidung dengan mencabutnya memang tak akan menimbulkan masalah selama dilakukan tepat dan hati-hati. Beberapa gangguan yang mungkin bisa terjadi seperti rasa sakit saat dicabut, sensasi getaran yang merambat ke syaraf, bahkan sampai bisa infeksi.
Bagi sebagian pria atau wanita mungkin mengalami pertumbuhan bulu hidung yang lebih panjang daripada lainnya. Sebagian orang tidak merasa bermasalah dengan bulu hidung tersebut. Namun jika terlalu panjang dan menyembul dari sela-sela lubang hidung akan menyebabkan ketidaknyamanan dan menurunkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, penting untuk mencabut bulu hidung dengan hati-hati dan persiapan cermat.
1. Persiapan Menghilangkan Bulu Hidung
Cara menghilangkan bulu hidung bisa dengan menggunakan tangan atau memakai alat khusus seperti pinset. Kalau sekadar ingin merapikan bisa dengan menggunakan gunting kecil. Nah, sebelum melakukannya, kompres hidung terlebih dahulu menggunakan es batu. Tujuannya untuk meredam rasa sakit selama bulu-bulu hidung dicabut. Es akan membuat sebagian hidung mati rasa agar dapat mengantisipasi rasa nyeri yang timbul mendadak akibat dicabutnya bulu.
Tempat menghilangkan bulu hidung juga wajib diprioritaskan alias membutuhkan suasana pribadi. Sangat disarankan untuk menutup pintu kamar mandi atau ruangan yang digunakan untuk mencabut bulu hidung. Supaya saat mencabut bulu hidung akan lebih terkonsentrasi.
2. Proses Mencabut
Setelah semuanya siap, mulailah mencabut bulu hidung yang paling panjang. Cara menghilangkan bulu hidung sebaiknya menggunakan cermin agar dapat memantau setiap alur gerakan dari tangan. Jangan terlalu ke dalam memasukkan pinset karena bisa berisiko buruk. Mencabut bulu hidung terlalu keras bisa menimbulkan rasa nyeri yang menjalar ke kepala. Oleh karena itu, pelan-pelan saja dan tak usah terburu-buru.
Setelah proses pencabutan hidung selesai, disarankan untuk meminum teh hangat dan beraroma wangi. Tujuannya untuk menciptakan suasana rileks dan sekaligus sebagai aroma terapi. Teh hangat juga akan membantu melancarkan aliran darah sehingga tubuh tetap terasa nyaman, khususnya di bagian hidung.
Kapan waktu yang tepat untuk mencabut bulu hidung? Tergantung dari kebutuhan, misalnya ketika sudah menyadari bahwa bulu-bulu hidung sudah terlalu panjang dan menyembul dari sela-sela lubang hidung. Memang disarankan jika cara menghilangkan bulu hidung dilakukan secara rutin demi menjaga penampilan dan untuk melancarkan aliran oksigen yang diserap hidung.
Sekarang ini memang ada sejumlah layanan khusus untuk mencabut bulu hidung dan bahkan ada yang menawarkan waxing. Tapi jangan asal mengambil keputusan untuk menggunakan layanan tersebut karena setiap manusia pada dasarnya membutuhkan bulu-bulu hidung secukupnya untuk menyaring udara dari kotoran-kotoran. Oleh karena itu diperlukan juga proses pembersihan lobang hidung secara rutin karena kotoran yang disaring akan menempel pada bulu hidung dan akan mengganggu fungsinya jika tidak dibersihkan.
Ada juga alat-alat khusus yang difungsikan untuk membantu cara menghilangkan bulu hidung. Saat membelinya, pastikan Minasan sudah memahami aturan pemakaian. Selain itu, jangan asal menggunakannya karena proses yang menggunakan alat tertentu dikhawatirkan tidak akan bekerja secara maksimal kalau tak dilakukan secara hati-hati. Khusus untuk pinset pencabut bulu hidung, pilihlah produk dengan bahan yang steril dan harus selalu disimpan dalam tempat yang bersih. Pemakaiannya juga tak perlu sering-sering karena bulu-bulu dalam hidung cenderung lebih lambat pertumbuhannya.