Makanan Jepang Sushi

Sushi merupakan makanan Jepang paling populer di dunia. Sushi biasanya terbuat dari ikan-ikan dan seafood yang ditumpuk dengan nasi. Ikan pada sushi biasanya disajikan mentah. Bagi kita yang kurang suka makanan mentah, enggak perlu khawatir karena sushi sekarang ini sudah banyak variasinya. Kita bisa mencoba fried sushi dan baked sushi. Biasanya sushi dimakan bersama soy sauce, bubuk cabai dan wasabi. Nikmat banget!

Makanan Jepang yang Halal

Omurice
Omurice merupakan singkatan dari Omelette dan Rice. Makanan Jepang ini sebenarnya nasi goreng yang dibungkus dengan omelette. Yang membuatnya berbeda, omurice biasanya disajikan dengan saus berwarna cokelat yang terbuat dari kaldu daging. Rasanya manis, gurih dan creamy.

baca juga

Gyudon

Gyudon atau yang dikenal dengan beef bowl ini merupakan makanan khas Jepang yang simpel dan bergizi. Gyudon merupakan nasi dan daging yang disajikan di dalam mangkung. Biasanya daging pada Gyudon dimasak dengan soy sauce dan bawang bombay. Kemudian ditambah dengan telur yang dibuat setengah matang. Nikmat disantap bersama keluarga.

Udon

Udon merupakan sejenis mie yang bentuknya tebal dan teksturnya kenyal. Udon biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam kemudian diberi topping wortel, jamur, daun bawang, dll. Udon ini rasanya gurih dan segar, sangat cocok dinikmati siang hari. Udon biasanya disantap dengan berbagai macam gorengan seperti ebi furai, tamago, korokke, dll.

baca juga

Ramen

Di Jepang, sebenarnya hampir enggak ada ramen yang halal. Ramen di Jepang biasanya menggunakan kuah yang terbuat dari babi. Tapi di Indonesia, ramen sudah disesuaikan dengan mayoritas orang Indonesia yang beragama muslim. Di Indonesia, ramen biasanya dibuat dengan kuah kaldu ayam atau sapi. Ramen diisi dengan irisan daging, daun bawang, jamur kuping atau sayur-sayuran. Berbeda dengan mie khas Indonesia, ramen memiliki tekstur mie yang kenyal, rasa kuah yang gurih, ringan dan sedikit berminyak. Bikin kita selalu ketagihan!

Okonomiyaki

Sekilas melihat okonomiyaki ini seperti martabak bukan? Okonomiyaki merupakan makanan atau camilan khas Jepang yang terbuat dari kembang kol, adonan tepung, telur dan biasanya ditambah dengan daging salmon. Bagi yang tidak suka sayuran, kita juga bisa mengganti kembang kol dengan mie lho. Okonomiyaki disajikan dengan saus okonomiyaki, mayonnaise dan saus sambal.

Curry

Berbeda dengan kari di Indonesia atau di negara lainnya, kari di Jepang biasanya terdiri dari daging dan sayur-sayuran seperti wortel, kentang dan apel. Tekstur kari ini creamy dan gurih. Biasanya disajikan dengan nasi hangat. Curry Jepang cocok sekali disantap saat makan malam.

Chicken Katsu

Kalau di Amerika terkenal dengan fried chicken, Jepang memiliki versi fried chicken-nya sendiri. Chicken katsu merupakan ayam yang dibalut dengan tepung roti sehingga rasanya cripsy dan gurih. Chicken katsu ini dapat dimakan bersama dengan kari, gyudon ataupun ramen. Chicken katsu juga bisa disajikan seperti steak yang disiram dengan saus barberque di atasnya.