Masih teringat di tahun 2010 mengenai pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang menjelaskan bahwa obat untuk diet tidak dibenarkan mengandung bahan yang mengandung sibutramin. Senyawa sitrabumin memililiki efek berbahaya ketika dikonsumsi wanita yang sedang diet, karena dapat meningkatkan potensi serangan kardiovaskular. Tentu saja sangat berbahaya bagi wanita yang sedang diet jika harus menerima efek berbahaya seperti itu.
Disarankan setiap wanita yang sedang diet dengan mengonsumsi obat harus memahami apa saja kandungan bahan di dalam obat diet. Dengan begitu mereka dapat memilih obat yang tepat tanpa menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi Minasan untuk mengetahui bahan-bahan efektif apa saja yang biasanya digunakan di dalam obat diet.
1. Kandungan Phentermine
Obat untuk diet yang mengandung Phentermine memiliki fungsi efektif untuk melangsingkan tubuh. Fungsi kerja Phentermine adalah dengan membuat wanita yang diet menjadi tidak terlalu merasa lapar. Kandungan Phentermine akan mengurangi keinginan seseorang untuk makan. Namun tidak semua wanita yang ingin diet diperbolehkan untuk mengonsumsi obat dengan kandungan Phentermin. Obat untuk diet dengan kandungan bahan Phentermin biasanya tidak dijual secara bebas. Umumnya, obat untuk diet tersebut dikenal dengan nama Suprenza dan Adipex. Namun beberapa wanita sebaiknya tidak mengonsumsi obat diet dengan kandungan bahan Phentermin, terutama wanita yang sedang hamil, wanita yang sedang menyusui, dan wanita yang memiliki risiko gangguan seperti jantung atau stroke setiap kali mengonsumsi jenis obat tertentu. Obat untuk diet yang mengandung Phentermin diperbolehkan selama ada resep dokter untuk diet.
2. Kandungan Orlistat
Obat untuk diet yang mengandung Orlistat memiliki fungsi efektif dengan menjurus pada kadar lemak. Obat ini biasanya digunakan oleh para wanita yang ingin memiliki tubuh langsing karena merasa kadar lemak di dalam tubuh berlebih. Dengan mengonsumsi obat diet dengan kandungan bahan Orlistat, maka kelebihan kadar lemak di dalam tubuh dapat dikurangi. Tubuh pun dapat lebih mengontrol seberapa banyak kadar lemak yang harus diserap. Namun sama halnya dengan obat untuk diet yang mengandung bahan Phentermine, kandungan yang juga dikenal dengan istilah Xenical ini tidak dapat dikonsumsi secara asal. Obat diet dengan kandungan ini memiliki beberapa efek samping, salah satunya adalah membuat sering buang angin. Oleh karena itu, konsumsilah obat berdasarkan resep serta anjuran dari dokter.
3. Kandungan Topiramate
Obat untuk diet yang mengandung bahan Topiramate biasanya dikombinasikan dengan Phentermine. Dengan mengkombinasikan keduanya, maka fungsi kerja dari obat diet akan lebih efektif. Obat untuk diet yang mengandung bahan Topiramate dan Phentermin dikenal dengan nama Qysmia. Ketika wanita yang ingin memperoleh tubuh langsing dengan mengonsumsi obat tersebut, maka nafsu makan akan menjadi berkurang. Namun ketahuilah bahwa ada efek samping yang diberikan selama mengonsumsi obat untuk diet yang mengandung bahan Topiramate. Salah satu efek sampingnya adalah jantung yang berdetak lebih cepat. Sehingga penggunaan obat ini juga harus berdasarkan resep dari dokter. Tidak semua wanita dapat membeli dan mengonsumsi obat untuk diet yang mengandung bahan Topiramate.
Meskipun ketiga bahan di atas efektif sebagai obat diet, tetap harus berdasarkan resep dokter. Selain itu yang juga penting adalah selalu ikut aturan pemakaiannya agar minim efek samping dan hasil lebih efektif.