Mencukur bulu yang tumbuh di bagian kaki harus dilakukan dengan benar. Mengingat kulit yang tumbuh di bagian kaki memiliki ketebalan yang tipis, maka ketika mencukur harus berhati-hati agar tidak sampai terjadi luka.
Selain karena dianggap mengganggu, tumbuhnya bulu-bulu di bagian kaki membuat keindahan dan kemulusan kaki wanita menjadi tertutupi. Beberapa wanita tampil dengan kurang percaya diri ketika harus mengenakan rok atau celana mini di atas lutut. Sehingga tidak heran kemudian wanita menginginkan untuk mencukur habis bulu kaki mereka. Di bawah ini adalah cara yang perlu dilakukan ketika akan mencukur bulu kaki menggunakan alat cukur bulu.
1. Mandi Sebelum Mencukur Bulu Kaki
Mandi adalah keharusan bagi setiap wanita sebelum mencukur bulu kaki. Dengan membasahi area kaki, maka membuat proses mencukur bulu kaki dengan menggunakan alat cukur bulu kaki dapat lebih mudah. Mandilah dengan menggunakan air hangat. Pastikan kedua kaki basah dengan air hangat selama kurang lebih empat menit. Mandi dengan air hangat sebelum mencukur bulu kaki berfungsi untuk membuka folikel-folikel rambut atau bulu kaki. Sehingga saat mencukurnya dengan alat cukur, dapat dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus mencukur hingga bagian ujung bulu kaki berada.
2. Siapkan Pisau Cukur Bulu Kaki
Pastikan pisau cukur yang digunakan pada alat cukur bulu kaki sudah disiapkan. Sehingga setelah selesai mandi untuk membasahi bagian kaki, dapat langsung mulai mencukur bulu-bulu kaki. Perhatikan pisau cukur yang akan digunakan. Pisau cukur untuk mencukur bulu kaki harus tajam sehingga memudahkan dan mempercepat proses penghilangan bulu-bulu di bagian kaki. Selain itu, pastikan pisau cukur dalam keadaan bersih sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit kaki. Siapkan pula lebih dari satu pisau cukur setiap kali mencukur bulu kaki. Sehingga ketika pisau cukur sudah mulai tumpul, lebih baik ganti dengan pisau cukur baru yang tajam.
3. Basahi Kulit Kaki Dengan Krim Kulit
Setiap wanita yang hendak mencukur bulu-bulu kaki harus menggunakan krim kulit yang dapat larut dengan air. Selain itu krim kulit yang digunakan harus memiliki kandungan yang dapat menjadikan kulit kaki menjadi halus selesai dicukur. Kandungan yang dimaksud adalah kandungan emolien yang dapat ditemukan dalam komposisi krim kulit. Dengan membasahi kulit kaki dengan krim kulit yang dapat larut dengan air menjadikan proses mencukur menggunakan alat cukur bulu kaki tidak sakit serta lebih mudah.
4. Cukur Pada Bagian Pergelangan Kaki Terlebih Dahulu
Cukurlah pada bagian paling bawah kaki yaitu, pergelangan kaki. Hindari mencukur pada bagian atas kaki. Atur arah pisau pada alat cukur bulu kaki dari pergelangan kaki menuju bagian paha. Lakukan dengan cara yang sama secara menyeluruh pada bagian kaki. Setiap kali selesai melakukan satu proses pencukuran, maka bilas kaki dengan air hangat. Bersihkan pula bagian mata pisau pada alat cukur tersebut dengan air hangat agar lebih mudah untuk merontokkan bulu-bulu kaki yang bersembunyi di bagian alat cukur tersebut.
Kemudian periksa seluruh bagian kaki apakah ada bulu kaki yang tertinggal alias belum tercukur. Jika ternyata ada, maka lakukan dari bagian bulu kaki yang masih tertinggal. Itulah cara mencukur dengan menggunakan alat cukur bulu kaki, selamat mencoba!