Bulu hidung panjang yang menjuntai keluar dari lubang hidung tentunya dapat membuat wanita merasa tidak nyaman bahka risih. Sebagian besar wanita pasti akan merasa terganggu dengan adanya bulu hidung yang terlihat.
Namun kini terdapat alat cukur bulu hidung yang dapat memudahkan para wanita dalam menghilangkan bulu di area tersebut. Alat cukur ini praktis dan memiliki model yang disesuaikan dengan ukuran lubang hidung wanita. Jika tertarik untuk mencukur bulu hidung dengan alat cukur khusus, maka perlu menyimak tips di bawah ini. Tips berikut menyajikan secara sederhana bagaimana sebaiknya memakai alat cukur khusus untuk bulu hidung.
1. Kondisi Alat Cukur Harus Baik
Tips pertama yang harus diketahui wanita sebelum memakai alat cukur bulu hidung adalah memperhatikan kondisi dari alat cukur tersebut. Pastikan kondisi alat cukur khusus untuk mencukur bulu hidung masih dalam kondisi baik. Tidak ada kerusakan di salah satu bagiannya dan masih berfungsi ketika dinyalakan.
2. Kondisi Mata Pisau Masih Tajam
Tips berikutnya saat memakai alat cukur khusus untuk mencukur bulu hidung adalah mata pisau masih tajam. Ketajaman saja juga belum cukup tanpa memperhatikan secara teliti. Hindari pemakaian mata pisau yang kotor bahkan sudah berkarat. Jika tetap memaksa untuk dipakai, maka tentu saja dapat menimbulkan infeksi serta gangguan pada hidung. Jika kondisi mata pisau pada alat cukur bulu hidung tidak memungkinkan untuk dipakai, sebaiknya ganti dengan mata pisau yang baru.
3. Hati-hati Saat Mencukur Bulu Hidung
Mencukur bulu hidung bukan berarti menghabiskan seluruh bulu hidung yang ada. Mencukur bulu hidung berbeda dengan mencukur bulu di ketiak, kaki, bahkan tangan. Di ketiga bagian tersebut boleh saja dicukur sampai habis atau bahkan mencukur hingga bagian ujungnya. Namun untuk mencukur bulu hidung apalagi dengan memakai alat cukur bulu yang khusus, lebih baik jangan mencukur sampai habis. Cukurlah bagian bulu hidung yang mengganggu. Jika memang hanya sedikit, maka tidak masalah. Sebab bulu-bulu hidung harus tetap ada untuk menyaring kotoran ketika bernapas.
4. Membersihkan Alat Cukur Setelah Dipakai
Biasakan untuk selalu membersihkan alat cukur khusus untuk mencukur bulu hidung setelah dipakai. Bersihkan dari bulu hidung yang masih tersangkut di antara mata pisau atau bagian lain alat cukur bulu tersebut. Tidak perlu dicuci dengan air jika mudah dibersihkan dengan cara dilap kain bersih.
5. Simpan Dalam Keadaan Baik
Usahakan menyimpan alat cukur bulu hidung dalam keadaan baik. Mengingat mata pisau terbuat dari logam, jika jarang dipakai akan mudah berkarat. Untuk itu, guna mencegah mata pisau dari alat cukur tersebut berkarat, simpan di tempat yang tepat.
Secara sederhana setiap wanita dapat mengaplikasikan tips-tips di atas ketika hendak memakai alat cukur bulu hidung. Pada dasarnya, memakai alat cukur untuk mencukur bulu seperti hidung pun harus hati-hati. Tetap mengikuti petunjuk pemakaian alat serta menjaganya dengan menyimpan dalam keadaan yang baik. Agar suatu hari ketika diperlukan lagi untuk dipakai masih dapat difungsikan dengan baik.