Hidung merupakan area tumbuh bulu yang paling sulit diatasi jika dibandingkan bulu di ketiak, kaki, atau tangan. Selain lokasinya yang sangat sempit dan tersembunyi, bulu di hidung cenderung lebih sensitif dan berisiko fatal pada kesehatan bila salah menghilangkannya. Tumbuhnya bulu di hidung menjadi masalah ketika ia memanjang keluar dan merusak penampilan.
Umumnya bulu hidung memanjang terjadi pada kaum adam. Namun tidak menutup kemungkinan hal ini juga terjadi pada wanita. Jika Minasan mengalaminya tak perlu khawatir berlebih, karena saat ini sudah banyak cara yang ditawarkan untuk mengatasi bulu hidung. Satu diantaranya ialah memakai alat cukur bulu hidung.
Alat cukur untuk bulu hidung dibuat secara khusus dan berbeda bentuknya dengan pencukur biasa. Model dan jenisnya pun cenderung lebih modern dan biasanya berwujud elektrik atau listrik. Produk perawatan dan kecantikan satu ini tergolong populer karena praktis, aman dan tidak memberikan rasa sakit. Cara mendapatkannya pun semakin mudah karena sudah banyak yang menjual alat cukur ini di pasaran.
Berikut sejumlah rangkuman mengenai alat cukur bulu hidung yang banyak beredar di pasaran. Informasi ini bisa jadi sangat menarik bagi Minasan yang hendak membasmi bulu hidung yang menganggu dengan alat cukur.
1. Harga Terjangkau Tergantung Merek Alat Cukur
Sejumlah merek yang laris saat ini di antaranya ada 'Sonar' 'Nose & Ear Hair Trimmer' dan sebagainya. Merek tersebut bisa Minasan jumpai di toko perawatan dan kecantikan baik secara online maupun offline. Harganya pun relatif terjangkau, berkisar antara Rp 50.000- Rp 100.000.
Selain merek, harga alat cukur bulu hidung tergantung pada spesifikasi, model serta fitur tambahan lain. Namun, hampir sebagian besar alat cukur bulu hidung elektrik ini menggunakan tenaga baterai.
2. Pisau dan Desain Alat Cukur Bulu Hidung
Meski beragam merek tapi sebagian besar alat pencukur ini memiliki desain dan pisau hampir mirip. Bahan pisau dari stainless steel yang tak mudah berkarat. Desainnya dibuat sedemikian rupa agar tak melukai kulit rongga hidung. Itulah mengapa pemakaiannya cenderung aman dan praktis.
3. Keunggulan Alat Cukur Bulu Listrik untuk Hidung
Pencukur bulu listrik umumnya bisa diterapkan tanpa memakai krim pelembab terlebih dahulu. Alasannya desain tersebut sudah dirancang cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit kering.
Alat cukur bulu hidung elektrik tidak akan mencukur sampai bersih dan halus. Hal ini tentu sangat baik untuk hidung karena secara kesehatan bulu hidung sangat diperlukan keberadaannya untuk membantu proses pernapasan.
Selain itu, alat cukur listrik untuk hidung cenderung lebih awet dan mudah dibersihkan. Sebagian bahkan ada yang tahan air sehingga lebih mudah dalam pemeliharaannya.
Perlu diperhatikan bahwa mencukur bulu hidung harus hati-hati meskipun memakai alat canggih sekalipun. Jangan sampai terjadi pendarahan dan infeksi karena hal ini berisiko tinggi. Jagalah kebersihan alat cukur bulu hidung elektrik Minasan dan pastikan kondisinya higienis sebelum digunakan.
Alasan lain mengapa produk-produk alat cukur untuk hidung banyak diminati karena jauh lebih efektif ketimbang cara lain, seperti waxing, gunting dan sebagainya. Mencukur bulu hidung dengan waxing merupakan metode baru namun cukup menyiksa layaknya waxing pada kaki atau ketiak. Tetapi satu hal yang perlu diperhatikan juga adalah hentikan pemakaian alat cukur bulu hidung elektrik jika menimbulkan rasa perih dan infeksi. Namun secara umum alat tersebut cocok untuk sebagian besar orang.