Jenis alat cukur bulu biasanya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu manual dan elektrik. Sebagian besar wanita yang ingin menghilangkan bulu di bagian tertentu tubuh biasanya memilih menggunakan jenis manual. Namun tidak menutup kemungkinan tetap saja ada wanita yang terkadang memakai alat cukur jenis elektrik. Berbicara mengenai alat cukur bulu jenis elektrik, alat cukur tersebut memerlukan perhatian khusus. Apalagi jika jarang digunakan, sebaiknya harus tetap dijaga agar selalu dalam kondisi yang baik.
Agar alat cukur bulu jenis elektrik tetap dapat berfungsi dengan baik diperlukan cara pemeliharaan yang benar. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan para wanita saat membersihkannya.
1. Pastikan Tidak Ada Aliran Listrik
Hal utama yang sangat penting untuk diperhatikan adalah pastikan alat cukur jenis elektrik tidak tersambung dengan aliran listrik apapun. Pastikan kabel tidak sedang terhubung dengan colokan listrik. Kemudian ketika sudah yakin tidak ada aliran listrik yang terhubung, lepaskanlah bagian kepala dari alat cukur bulu tersebut.
2. Siapkan Peralatan untuk Membersihkan Kepala Pisau
Kuas cat ukuran kecil yang biasa digunakan untuk membersihkan silet adalah peralatan utama. Hal yang perlu diperhatikan saat hendak menggunakan kuas cat tersebut adalah membersihkan kepala pisau mulai dari rangkanya. Kemudian dilanjutkan untuk membersihkan bagian pemotong. Selanjutnya, bersihkan bagian penting lainnya yaitu, sela-sela kepala pisau dengan cara menyikatnya dengan kuas cat. Sebab biasanya di bagian tersebut akan terselip sisa bulu-bulu setiap kali selesai mencukur.
3. Lepas Bagian yang Tidak Permanen
Untuk membersihkan alat cukur bulu jenis elektrik secara sempurna, maka lepaslah bagian yang tidak permanen. Umumnya, untuk jenis elektrik ada bagian yang permanen dan tidak permanen. Lepaslah bagian yang tidak permanen agar dapat dibersihkan dari kotoran apapun yang menempel. Biasanya bagian pemotong dan sisir alat cukur untuk bulu pada jenis elektrik dapat dilepas.
4. Bersihkan Dengan Air Panas dan Sabun Cair
Tidak langsung menjadi bersih ketika hanya dengan kuas cat. Membersihkan alat cukur untuk bulu jenis elektrik juga perlu benar-benar higienis. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh wanita ketika membersihkan alat cukur tersebut adalah menyiapkan air panas dalam baskom yang sudah dicampur dengan satu sampai dua tetes sabun cair. Kemudian bersihkan setiap bagian alat cukur tersebut dengan air panas yang sudah dicampur dengan sabun cair.
5. Bilas Hingga Benar-benar Bersih dan Keringkan
Selanjutnya, setelah semua bagian alat cukur bulu sudah dibersihkan dengan air panas yang sudah dicampur dengan sabun cair, maka perlu dibilas menggunakan air bersih. Lebih disarankan jika saat membilas dengan menggunakan air mengalir langsung dari keran. Setelah itu, tidak perlu dilap dengan handuk kering. Melainkan cukup diletakkan di bagian atas handuk kering dan tunggu hingga benar-benar kering. Jika memaksa untuk melap bagian alat cukur tersebut dengan handuk kering, maka kemungkinan besarnya adalah bagian handuk ada yang tersangkut pada alat cukur. Sehingga lebih baik letakkan saja dan tunggu hingga kering sempurna.
Setelah semua bagian alat cukur bulu tersebut kering, barulah dapat dipasang kembali. Pastikan setiap bagian dalam keadaan kering. Sehingga saat digunakan untuk mencukur dapat aman dan sudah bersih dari berbagai kotoran. Semoga informasi di atas dapat membantu setiap wanita untuk menjaga alat cukur mereka tetap bersih.