Cara Memutihkan Kulit Dengan Kebiasaan Baik

Sejumlah kebiasaan baik turut berperan penting saat Minasan ingin mendapatkan kulit cerah alami dan berseri. Dengan menerapkan kebiasaan baik, Minasan juga bisa memiliki kulit idaman. Kebiasaan apa sajakah yang ampuh untuk memutihkan kulit secara alami? Simak artikel berikut ini:

source: http://www.ecofriend.com/adopting-healthy-green-eating-methods-for-a-better-you.html

1. Banyak Minum Air Putih

Anjuran minum air putih umumnya difungsikan untuk mencukupi kebutuhan cairan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun di sisi lain minum air putih juga berdampak positif pada kecantikan. Kulit akan terjaga kelembapannya dan tampak segar. Kamu dapat melihat perbedaan dengan jelas kulit orang yang rajin minum air putih dan tidak. Mereka yang jarang mengonsumsi air putih kulitnya cenderung kering dan berminyak. Jadi, terapkan kebiasaan baik ini untuk memiliki kulit cerah alami.

2. Rajin Olahraga

Memiliki jadwal olahraga yang rutin dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging atau senam yang dapat membuat Minasan berkeringat. Selain mengeluarkan racun dalam tubuh, olahraga juga manjur mengencangkan kulit dan meremajakannya. Kulit pun jadi cerah berseri sepanjang hari.

3. Menjaga Kebersihan Kulit

Salah satu faktor penyebab kulit kusam dan gelap ialah kotoran dan bakteri yang menempel di kulit. Jika terus dibiarkan akan memicu sejumlah masalah seperti jerawat, komedo dan sebagainya. Untuk itu rajinlah membersihkan kulit dengan mencuci wajah 2 kali sehari dan mandi 2 kali sehari. Penggunaan air hangat juga bisa diterapkan jika ingin kulit bersih maksimal dan akhiri dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.

Kunci dari kulit yang cerah adalah wajah yang bersih. Jangan sampai setelah pulang bekerja, Minasan tidur pulas tanpa membersihkan wajah dari sisa makeup, debu, dan kotoran yang menempel pada wajah selama seharian. Minasan bisa menggunakan serangkaian pembersih wajah, mulai dari milk cleanser dan toner untuk membersihkan kotoran yang menempel. Kemudian, lanjutkan dengan facial foam sebagai finishing untuk menyegarkan kulit.

4. Cukup Istirahat

Tercukupinya kebutuhan tidur pada malam hari sangat bermanfaat menjaga kesehatan kulit agar tetap cantik. Alasannya, ketika tidur sel-sel yang ada di dalam tubuh melakukan regenerasi dan memperbaiki jaringan yang rusak. Hasilnya kulit tampak lebih kencang, sehat dan berseri. Jika Minasan kekurangan waktu tidur akan menghambat proses tersebut dan membuat kulit jadi kusam, gelap, kering, dan kasar. Hal ini tentunya menjadi salah satu cara untuk memutihkan kulit yang mudah untuk dijalani, bukan? Baca selengkapnya...

5. Manajemen Stres

Faktor psikologi ini mendatangkan banyak masalah pada kesehatan, termasuk kulit. Seseorang yang mengalami stres memicu tumbuhnya jerawat, berminyak, kulit sensitif dan kering. Sehingga, hasilnya adalah kulit menjadi tampak kusam dan gelap. Bahkan bisa memicu penuaan dini dengan munculnya kerutan di beberapa bagian seperti bawah mata.

Untuk mengatasinya terapkan 'me time' dan relaksasi. Misalnya dengan meditasi, istirahat cukup, mandi air hangat dan sebagainya. Jika stres dapat diatasi maka kulit pun akan lebih bersinar dan sehat bercahaya.

source: http://diabetecure.org/

6. Seimbangkan Pola Makan

Pola makan sehat yang diterapkan sehari-hari dapat menjadi cara untuk memutihkan kulit secara alami. Cukupi nutrisi tubuh dengan makanan sehat serta banyak konsumsi buah dan sayuran segar. Jika Minasan memiliki masalah jerawat, brokoli bisa membantu mengatasinya. Untuk kulit secara keseluruhan ikan laut juga sangat disarankan.

Selain itu masih banyak makanan sehat lain yang berkhasiat mencerahkan kulit. Sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan cepat saji, alkohol, kafein dan rokok. Semua makanan tersebut sudah banyak dibuktikan menimbulkan masalah untuk kesehatan. Misalnya seperti asap rokok yang berefek buruk pada kesehatan kulit.

7. Rutin Melakukan Scrubbing

Karena aktivitas sehari-hari dan siklus hidup sel di dalam tubuh, akan terdapat lapisan kulit mati di wajah dan tubuh yang perlu dibersihkan secara rutin. Gunakan krim khusus untuk scrub yang diolesan pada sekujur tubuh termasuk wajah untuk mengangkat lapisan kulit mati dan membuat warna kulit menjadi lebih cerah. Tidak perlu menggosok kulit dengan keras pada saat scrubbing, cukup sambil dipijat secara lembut maka kulit mati ini akan ikut terangkat bersama dengan krim scrub yang telah mengering. Lakukan scrubbing setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan tubuh dan wajah dari sisa kotoran yang tidak bisa dijangkau oleh sabun biasa.

Salah satu bahan dapur yang bisa digunakan untuk scrubbing adalah gula pasir. Gula pasir yang dicampurkan dengan sedikit air perasan lemon, minyak zaitun, dan air bisa menjadi scrub alami dan mengangkat lapisan sel kulit mati sekaligus memberikan nutrisi kepada kulit agar terhindar dari efek buruk radikal bebas. Baca selengkapnya...

8. Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

Melakukan eksfoliasi wajah atau pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah secara rutin ternyata dapat membantuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel-sel yang rusak. Perlu Minasan tahu bahwa setiap hari kulit mengalami regenerasi, namun ada kulit yang telah mati tidak dapat terangkat sehingga menyebabkan wajah kusam. Hal ini berguna untuk membantu menjaga agar kulit tetap bersih, sehingga tidak terjadi penumpukan kulit mati. Eksfoliasi biasanya dilakukan dengan treatment seperti facial, microdermabrasion atau chemical peeling.

Menggunakan cleanser untuk membersihkan wajah tidak cukup untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Apalagi jika Minasan harus memakai kosmetik setiap hari. Untuk memastikan metabolisme kulit wajah berjalan sesuai dengan siklusnya, lakukan eksfoliasi secara rutin seminggu sekali. Kulit yang tereksfoliasi dengan baik akan memaksimalkan penyerapan serum dan krim wajah. Pastikan produk eksfoliasi yang Minasan pilih tidak mengandung partikel yang abrasif terutama jika Minasan memiliki kulit yang sensitif. Hal ini dikarenakan jika terdapat sedikit saja goresan yang menyebabkan luka pada wajah, bisa menyebabkan masalah lain pada kulit karena kondisinya yang terbuka dan rawan bakteri.

9. Gunakan Lotion & Serum

Kulit yang kering akan terlihat kusam, pecah-pecah, dan nampak tidak cerah dari luar. Nah, lotion dan serum akan membantu melembabkan kulit Minasan. Pilih produk yang memiliki formula dengan bahan terbaik.

Serum merupakan konsentrat yang memiliki kemampuan untuk menyerap lebih cepat ke dalam kulit. Sebaiknya Minasan memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan Minasan dan telaten dalam penggunaannya, karena serum baru menunjukan hasil yang signifikan pada saat kulit beregenerasi, yaitu pada hari ke-28 pemakaian. Serum yang mengandung niacinamide dapat Minasan gunakan sebagai serum perawatan kulit kusam karena dapat mencerahkan kulit dengan maksimal. Baca selengkapnya...

source: http://www.techtimes.com/articles/7806/20140530/sunscreen-spf-skin-cancer-sunburn-uva-rays-uvb-rays.htm

10. Sunblock untuk Menangkal Sinar Matahari

Penyebab utama kekusaman dan kulit wajah yang gelap adalah tidak terlindungnya kulit dari sinar matahari. Untuk itu Minasan wajib menggunakan sunblock dengan kandungan minimal spf 30 pada saat aktivitas di pagi, siang, hingga sore hari agar kulit tidak mengalami penuaan dini. Bila kulit Minasan berminyak, sebaiknya menggunakan sunblock berbahan dasar gel.

Gunakan sunscreen secara rutin, meski hanya bekerja dalam ruangan sekalipun. Coba aplikasikan sunscreen pada wajah 30 menit sebelum Minasan bekerja, dan ulangi pemakaiannya setiap dua jam sekali. Kulit Minasan akan terlindungi dari radiasi sinar UV yang dapat membuat kulit menjadi kusam dan menghitam.

11. Pilih Produk Perawatan Dengan Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin terpenting untuk membantu mencerahkan kulit. Vitamin yang satu ini memang wajib ada pada tiap produk kecantikan kulit, karena memiliki peran penting untuk mencerahkan hyperpigmentation yang terjadi serta mencegah penyebarannya pada tempat lain untuk mendapatkan kulit cerah berseri alami.

12. Konsumsi Vitamin C dan Vitamin E

Mengonsumsi Vitamin C dan E dapat membantu Minasan untuk mendapatkan kulit putih, cerah, dan sehat. Vitamin C dan E yang alami bisa Minasan dapatkan dari buah-buahan favorit. Namun jika Minasan tidak sempat membelinya di supermarket atau pasar, Minasan bisa membeli tablet khusus kulit yang mengandung vitamin C dan E.

Bahan-Bahan Alami untuk Memutihkan dan Mencerahkan Kulit

Memiliki kulit cerah alami tidak melulu harus menggunakan obat dan produk kecantikan yang mahal harganya. Siapapun dapat melakukannya dengan bahan-bahan ekonomis yang mudah didapat seperti buah-buahan. Ini dia buah segar dan bahan-bahan alami yang manjur sebagai cara untuk memutihkan kulit secara alami.

source: http://foodstoriesblog.com/2013/03/31/top-3-food-photos-contenders-for-march-food-photo-contest-4/

1. Jeruk atau Lemon

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalam buah jeruk dan lemon dapat mencerahkan kulit dan merangsang peredaran darah. Untuk tips kulit cerah alami gunakan satu buah jeruk atau lemon dan ambil perasannya. Perasan tersebut bisa dicampurkan dengan bahan lain seperti putih telur hingga menjadi pasta yang bisa dibuat luluran.

Campuran air perasan jeruk dan putih telur juga bisa digunakan untuk mencerahkan serta memutihkan wajah. Selain dibuat luluran, kedua buah segar tersebut juga bisa dijadikan jus yang diminum secara rutin untuk menyehatkan kulit tubuh.

2. Bengkoang

Buah satu ini sudah lama sekali dipercaya sebagai pemutih dan pencerah kulit secara alami. Sejumlah produk kecantikan biasanya memakai bengkoang untuk mengembalikan warna kulit dan meremajakan. Minasan bisa mengonsumsinya langsung atau dijadikan menu rujak agar makin nikmat. Bengkoang yang ditumbuk dapat digunakan untuk masker atau lulur.

3. Pepaya

Khasiat pepaya sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit sudah dikenal sejak dulu. Buah yang berwarna oranye jika sudah matang ini memiliki kandungan yang baik untuk mencerahkan dan menjadikannya tampak lebih putih. Buah pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang sangat bermanfaat untuk memutihkan kulit. Jadi, bagi kamu yang ingin memutihkan kulit secara alami, patut mencoba buah yang satu ini.

Untuk menggunakan pepaya sebagai bahan untuk membuat kulit menjadi lebih putih, kamu harus menggunakan pepaya yang matang dan belum matang. Ambil masing-masing satu sendok makan kemudian dihaluskan dan campur menjadi satu. Setelah itu gunakan sebagai masker dan oleskan pada wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas hingga bersih. Minasan bisa menggunakan cara untuk memutihkan kulit dengan pepaya ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Alpukat

Tips untuk memutihkan kulit secara alami berikutnya bisa menggunakan buah alpukat. Isinya bisa dijadikan jus untuk minuman dan kulitnya dapat dimanfaatkan untuk menggosok kulit di tubuh dan wajah. Alpukat berkhasiat mencerahkan dan memutihkan kulit. Vitamin dan mineral yang ada didalamnya sangat baik untuk kesehatan kulit tubuh.

Manfaatkat kulit alpukat dengan cara digosokkan ke seluruh tubuh dan diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dan mandi dengan air bersih. Selain itu, minyak alpukat juga bisa digunakan sebagai cleanser alami untuk wajah cerah berseri.

source: https://www.greenmylife.in/shop/seeds/vegetables-seeds/high-yield-tomato/

5. Tomat

Buah mungil berwarna merah satu ini ekstraknya sering dijadikan sebagai salah satu bahan kosmetik untuk efek pencerahan kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya dipercaya berkhasiat memutihkan dan memberikan kecerahan alami. Minasan bisa mengolahnya menjadi jus buah atau menggunakannya untuk masker dan luluran sebagai tips kulit cerah alami.

Caranya, parut satu buah tomat besar hingga halus. Kemudian tambahkan air lemon sekitar 2 sampai 3 tetes saja. Berikan juga beberapa tetes air mawar. Aduk campuran tersebut sampai rata lalu oleskan pada wajah sampai leher memakai kuas. Diamkan hingga mengering sekitar 15 menit, kemudian dibilas dengan air bersih.

6. Almond

Cara untuk memutihkan kulit secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan almond. Almond ampuh mengurangi warna gelap pada kulit sehingga bisa terlihat lebih cerah alami. Perawatan dengan alamond mudah dilakukan sendiri di rumah. Untuk mendapat kulit yang lebih putih Minasan bisa mencampurkan sedikit alamond dengan susu dan kunyit. Saat pagi rendam 4-5 biji almond dan seruas kunyit di dalam susu cair. Malam harinya haluskan almond dan kunyit dalam susu sampai membentuk pasta. Aplikasikan pada kulit dan biarkan semalaman. Ketika bangun tidur bilas memakai air dingin sampai bersih. Perawatan bisa dilakukan 2 minggu sekali untuk mendapatkan hasil optimal. Baca selengkapnya...

7. Kedelai

Setiap wanita yang ingin memiliki kulit cerah alami cukup teratur mengonsumsi minuman sari soya atau sari kedelai. Dengan minum sari soya setiap hari, dapat membantu mencerahkan kulit secara alami. Sebab di dalam soya terdapat kandungan isoflavin yang mencerahkan kulit secara efektif dan juga mencegah kulit mengerut, terutama kulit wajah.

8. Teh Hijau

Wanita Jepang rutin menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hal ini dikarenakan apa saja yang masuk dalam tubuh turut mempengaruhi kesehatan kulit. Salah satu tips kulit cerah alami wanita Jepang yaitu dengan minum teh hijau paling tidak 2 kali dalam sehari. Teh hijau diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi yang akan membantu menangkal radikal bebas dan gejala penuaan dini. Dengan rutin minum teh hijau, maka kulit Minasan akan terlihat lebih cerah dan segar alami. Baca selengkapnya...

9. Strawberry

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C yang diketahui kaya dengan antioksidan. Sumber gizi mikro pada buah strawberry sebaiknya menjadi salah satu jenis buah yang dikonsumsi setiap hari. Konsumsi buah strawberry dengan cara diolah menjadi jus buah. Kandungan vitamin C pada buah strawberry selain dapat mencerahkan kulit, juga menjadikan kulit semakin kenyal serta lembut. Bahkan kandungan vitamin C pada buah strawberry dapat memudarkan kemunculan garis-garis yang muncul di sekitar kulit wajah.

10. Apel

Selain sehat, wanita yang mengonsumsi irisan buah apel, maka secara otomatis akan memperoleh manfaat lebih. Mengonsumsi buah apel juga dapat memperkecil risiko terserang kanker kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan quercetin serta antioksidan di dalam buah apel. Baca selengkapnya...

source: http://www.modamob.com/beauty-diy

11. Putih Telur

Meskipun menggunakan putih telur terasa lengket dan memiliki aroma yang kurang sedap, putih telur perlu dipilih setiap wanita untuk memperoleh kulit cerah alami. Putih telur berperan sebagai nutrisi alami kulit yang dapat menjadi pelindung dari sinar matahari terutama UV. Selain itu, putih telur dapat membantu sel-sel kulit tubuh dan wajah untuk melakukan regenerasi sel. Sebab putih telur memiliki kandungan lutein serta zeaxanthin. Tinggal mengoleskannya secara merata di bagian kulit tubuh atau kulit wajah, maka kulit pun akan cerah alami.

12. Yogurt

Baik untuk pencernaan, yogurt yang sering dikombinasikan dengan rasa buah-buahan ini juga punya manfaat lain untuk memutihkan kulit. Yogurt mampu menutrisi kulit dengan menjaga kelembapannya. Selain itu, yogurt juga mampu menghaluskan kulit sehingga membuatnya lebih bersih dan terlihat mulus. Maka tak ada salahnya jika Minasan memilih yogurt sebagai pilihan cara untuk memutihkan kulit.

Nah jika Minasan ingin mencoba cara agar kulit menjadi putih dengan yogurt, Minasan cukup menyiapkan yogurt dan madu. Campurkan kedua bahan ini, yogurt tawar yang biasa tersedia di pasaran dengan sedikit madu kemudian aduk rata. Setelah itu, gunakan sebagai masker dengan mengoleskannya secara merata pada wajah dan diamkan 10 menit. Kemudian Minasan bisa membilasnya dengan bersih. Dalam sekejap Minasan akan merasakan permukaan kulit yang lembut dan halus.