Toner wajah merupakan salah satu produk perawatan kecantikan untuk menjaga agar wajah selalu bersih. Toner wajah juga dapat sebagai perlindungan untuk wajah agar tidak mudah terserang bakteri. Melalui pemakaian toner wajah, secara langsung juga memberikan nutrisi untuk wajah. Nutrisi yang terkandung pada toner wajah sudah pasti sesuai dengan yang diperlukan oleh kulit wajah. Perlu dipahami, membersihkan wajah dengan air biasa belumlah cukup. Bakteri, debu, maupun penyebab masalah pada wajah tidak seratus persen hilang hanya dengan mencuci wajah dengan air. Adanya toner wajah akan lebih memaksimalkan perawatan wajah yang lebih bersih dan mencegah timbulnya jerawat. Untuk itu toner juga penting menjadi bagian dari perawatan wajah berjerawat. Baca selengkapnya...
Namun apa yang terjadi ketika pada kulit wajah sudah timbul jerawat? Bagaimana cara menghilangkannya? Tentu saja dengan pemakaian toner wajah untuk kulit berjerawat dapat membantu. Toner wajah yang difungsikan untuk menghilangkan jerawat dapat diperoleh dengan mudah. Alangkah baiknya jika setiap wanita dapat memakai toner wajah secara tepat sehingga dapat efektif untuk menghilangkan jerawat yang tumbuh di wajah. Berikut ini adalah cara tepat memilih toner wajah yang perlu diketahui untuk perawatan wajah berjerawat:

1. Pakailah Toner Wajah Cukup Sekali Setiap Hari

Untuk perawatan wajah berjerawat, toner wajah berfungsi hampir sama seperti obat untuk menyembuhkan luka pada umumnya. Maksudnya adalah perlu dipakai sesuai aturan. Jika dipakai secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek yang negatif. Aturan pemakaian toner wajah adalah cukup sekali setiap hari. Pakailah waktu mandi sore setelah bepergian. Ini merupakan cara yang efektif untuk pemakaian toner wajah untuk kulit berjerawat. Sebab setelah seharian berada di luar untuk beraktivitas, wajah akan penuh dengan debu dan kotoran lain. Tidak cukup hanya mencuci wajah dengan air bersih, apalagi ada jerawat yang tumbuh. Pemakaian toner wajah akan sedikit demi sedikit menghilangkan jerawat yang tumbuh tersebut.
source: http://clearclinic.com/blog/

2. Pakailah Toner Wajah Sesuai Jenisnya

Tidak semua jenis toner wajah yang dijual di pasaran dapat dipakai oleh setiap wanita. Mengingat setiap wanita memiliki jenis kulit wajah yang berbeda, maka perhatikan ini. Untuk perawatan wajah berjerawat, pakailah toner wajah sesuai jenis kulitnya. Bagi Minasan yang memiliki jenis kulit normal mungkin akan tidak terlalu sulit dalam pemilihan. Namun bagi pemilik wajah berminyak atau berjerawat sebaiknya perhatikan kandungan yang ada di dala toner tersebut. Sebagai contoh, sebaiknya untuk wanita dengan kulit wajah berminyak memakai toner wajah astringent.

3. Pakailah Toner Wajah Dengan Kandungan Utama Air

Jika Minasan mencari toner wajah untuk kulit berjerawat, pilihlah toner dengan kandungan utama air. Air yang ada pada toner wajah akan membuat kulit wajah terasa segar. Ketika dipakai untuk menghilangkan jerawat, maka toner wajah tersebut dapat mengurangi kelebihan minyak yang biasanya muncul ketika kulit wajah berjerawat. Pastikan ketika hendak membeli toner wajah tersebut untuk membaca komposisi toner wajah secara cermat.

4. Pakailah Toner Wajah Antikomedo

Salah satu penyebab kulit wajah berjerawat adalah adanya komedo. Komedo menunjukkan pertumbuhan bakteri di wajah. Untuk itu ketika kulit wajah sudah berjerawat, maka toner wajah untuk kulit berjerawat dengan kandungan antikomedo dapat menjadi pilihan.
Keempat cara di atas cukup sederhana untuk setiap wanita yang ingin segera terbebas dari jerawat. Pemilihan serta pemakaian toner wajah untuk kulit berjerawat secara tepat dapat menghilangkan jerawat. Jadi, pastikan setiap wanita dapat menjaga kebersihan wajah dengan memakai toner wajah yang dianjurkan.
Meski kamu sudah mengetahui cara memilih toner yang tepat untuk perawatan berjerawat, jangan lupa untuk memilih sesuai dengan kondisi kulitmu. Yuk simak tips berikut ini:
Toner dipakai usai wajah dibersihkan dengan sabun pencuci muka dan berfungsi mengembalikan kelembapan serta menutup pori-pori. Untuk itu Minasan harus tepat dalam memilih produk toner agar treatment pada wajah menunjukkan hasil memuaskan. Apalagi jika Minasan memiliki sejumlah masalah kulit seperti jerawat. Penerapan toner yang salah justru memicu masalah kulit baru. Nah, agar penggunaannya tepat sasaran berikut tips memilih toner wajah untuk kulit berjerawat. Baca selengkapnya...

1. Ketahui Jenis Kulit

Sebelum memilih dan membeli produk toner perawatan wajah berjerawat, Minasan perlu memastikan jenis kulit terlebih dahulu. Umumnya ada 5 jenis kulit yang dimiliki kebanyakan orang seperti berikut ini:
a. Kulit kering. Tandanya kulit wajah tetap kencang meski sudah berjam-jam dibersihkan dan kadang ada gejala pecah-pecah. Jenis kulit ini juga cenderung memicu penuaan dini seperti kerutan dan bintik hitam.
b. Kulit berminyak. Jenis kulit ini paling banyak dimiliki dan tandanya wajah tampak mengkilap. Kulit berminyak paling rawan memicu jerawat. Untuk mendeteksi kadar minyak Minasan dapat mengambil tisu untuk membersihkan minyak diwajah hingga tak ada minyak lagi. Tunggu sekitar satu jam. Jika minyak muncul kembali maka wajah Minasan termasuk memiliki kadar minyak tinggi dan Minasan bisa memilih toner wajah untuk kulit berjerawat.
source: http://www.huffingtonpost.com/2013/01/19/skin-care-products-natural-hypoallergenic-unscented_n_2450045.html?utm_hp_ref=skincare-products
c. Kulit kombinasi. Ini merupakan jenis kulit yang tersulit ditangani. Biasaya kulit tampak berminyak di zona T (pelipis, hidung, dagu), sementara area lain normal. Perawatannya cukup ribet karena Minasan harus menerapkan dua perlakuan berbeda pada zona T dan area lain.
d. Kulit sensitif. Untuk mendeteksinya bisa dengan mengoleskan tabir surya ketika di luar ruangan. Parhatikan seberapa lama wajah berubah jadi kemerahan. Jika sudah memerah kurang dari 5 menit berarti tergolong kulit sangat sensitif. Bila memerah lebih dari lima menit berarti cukup sensitif. Namun, jika memerah lebih dari sepuluh menit tergolong kulit normal.
Jenis kulit ini juga merepotkan perawatannya. Terlebih jika sudah timbul jerawat. Minasan tak bisa sembarangan menggunakan toner wajah untuk kulit berjerawat karena dapat memperarah kondisi. Kulit sensitif sangat membutuhkan rekomendasi dokter untuk perawatannya.
e. Kulit normal. Kulit terasa lembab, tak banyak minyak dan tak terlalu kering. Ini merupakan jenis paling ideal namun tetap dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo.

2. Toner yang Sesuai

Untuk wajah kering harus lebih selektif memilih toner. Alasannya kebanyakan toner mengandung alkohol dan zat ini akan membuat kulit makin kering. Disarankan memilih toner yang tidak mengandung alkohol atau yang khusus untuk kulit kering. Sementara kulit normal dan berminyak dapat menggunakan toner biasa atau khusus seperti toner wajah untuk kulit berjerawat. Untuk kulit kombinasi disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memilih produk toner yang beredar di pasaran.

3. Toner untuk Kulit Berjerawat

Kulit wajah cenderung berjerawat sangat disarankan menggunakan toner yang memiliki kandungan asam salisilat. Zat tersebut berfungsi mempercepat pelepasan lapisan kulit mati dan membebaskan folikel yang tersumbat. Proses ini juga mencegah timbulnya jerawat kembali.

4. Membedakan Toner Biasa dan Astringent untuk Kulit Berjerawat

Toner umumnya tidak mengandung alkohol dan diterapkan setelah mencuci muka. Fungsinya untuk membuat wajah segar sebelum menggunakan produk kosmetik lainnya. Sedangkan astringent merupakan toner wajah untuk kulit berjerawat dan berminyak. Ia mengandung alkohol dan berfungsi mengontrol minyak berlebih, mengangkat sebum serta mengencangkan kulit.
Setelah memilih toner Minasan juga perlu melakukan pengujian. Gunakan produk selama 1 hingga dua bulan dan lihat hasilnya. Jika tak berefek kemungkinan kurang cocok. Hasil maksimal akan didapat ketika toner wajah untuk kulit berjerawat dikombinasikan dengan produk lain seperti sabun dan pelembab.

Berikut adalah khasiat toner yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga pH kulit agar tetap seimbang

Secara alami, kulit bersifat asam dengan keseimbangan pH sekitar 5 sampai 6. Ketika dibersihkan dengan cleanser, umumnya akan mengganggu keseimbangan pH karena sabun bersifat alkali. Tugas toner ialah mengembalikan pH normal dengan cepat. Jika tidak, akan menyebabkan kulit banyak memproduksi minyak dan memicu tumbuhnya jerawat. Inilah mengapa toner wajah untuk kulit berjerawat sangat penting diterapkan secara rutin usai dibersihkan. Baca selengkapnya...

2. Lapisan pelindung kulit

Selain menutup dan mengecilkan pori-pori, toner juga berfungsi mengencangkan sel kulit yang terbelah usai dibersihkan. Penerapannya dapat mengurangi kontaminasi dan penetrasi kotoran dari lingkungan ke kulit wajah. Toner juga dapat menjadi penyegar menggantikan cleanser karena bisa mengangkat minyak dan kotoran.
Memilih toner wajah yang tepat untuk kulit berjerawat cukup sulit. Terutama jika kamu memiliki jenis kulit sensitif. Sebelumnya toner sendiri merupakan salah satu tahapan perawatan kulit wajah yang bekerja dengan cara membersihkan sisa kotoran menempel yang tidak bisa dibersihkan secara tuntas oleh pembersih. Mungkin Minasan pun pernah mengalami ini. Misalnya setelah memakai produk pembersih, ternyata kulit wajah masih terasa lengket. Hal tersebut merupakan indikasi bahwa masih ada sisa kotoran menempel yang perlu dibersihkan tuntas. Baca selengkapnya...
Selain bermanfaat untuk membersihkan, toner juga memiliki efek menyegarkan kulit wajah sekaligus mengembalikan pH kulit. Kondisi ini biasa disebut astrigent walau sebenarnya bergantung dengan kandungan toner yang digunakan. Astrigent merupakan toner khusus untuk jenis kulit berminyak dan cenderung berjerawat. Jenis toner ini biasanya telah bercampur dengan air dan alkohol dan tidak jarang pula ditambahkan bahan penghilang jerawat. Secara keseluruhan kandungan astrigent ampuh mengurangi minyak berlebih dan mengeringkan jerawat membandel. Berikut ini diberikan beberapa bahan alami yang dapat Minasan olah menjadi toner wajah untuk kulit berjerawat:

1. Toner Alami Lemon

Lemon memiliki banyak manfaat perawatan kulit. Mulai dari mengangkat sel kulit mati, mengusir flek hitam, mencerahkan kulit, dan tidak terkecuali mengatasi jerawat membandel. Adapun toner alami lemon bisa Minasan buat dengan menyiapkan buah lemon segar. Potong menjadi 2 bagian lalu peras untuk mendapatkan sarinya. Sari lemon inilah yang berfungsi sebagai toner alami untuk membersihkan jejak kotoran menempel. Gunakan bantuan kapas wajah yang lembut agar sisa kotoran tersapu sempurna. Toner alami lemon mempunyai efek astrigent yang akan membuat pori-pori berkontraksi sehingga kulit terasa kencang kembali. Bila toner tidak habis bisa disimpan dalam lemari pendingin agar toner wajah untuk kulit berjerawat bisa digunakan lagi.
source: https://minooskincare.wordpress.com/
Hati-hati karena didominasi oleh kandungan asam wajar bila terasa sedikit perih pada kulit. Oleh karena itu, sebelum memakai toner alami lemon coba lakukan tes kecil dengan mengoleskan sedikit toner lemon ke kulit. Bila tidak ada reaksi parah berarti Minasan bisa melanjutkan perawatan.

2. Toner Alami Mentimun

Mentimun biasanya digunakan sebagai masker wajah dengan cara dipotong tipis. Selain untuk masker mentimun juga bisa Minasan olah menjadi toner alami untuk perawatan wajah berjerawat. Hal ini karena mentimun juga memiliki efek astrigent untuk mengatasi jerawat membandel. Lebih dari itu mentimun memiliki efek mendinginkan, mengenyalkan, dan menenangkan kulit. Dalam hal ini Minasan bisa mengupas mentimun segar lalu menghaluskan dagingnya. Saring untuk mendapatkan sarinya. Toner alami mentimun pun bisa langsung diaplikasikan pada kulit berjerawat.
source: http://www.moustachemagazine.com/2014/08/repair-kit-the-moustache-guide-to-glowing-skin/skin-care/
Sebagai opsi lainnya Minasan juga bisa menambahkan satu sendok sari lemon ke dalam toner wajah untuk kulit berjerawat dari mentimun yang sudah dibuat. Kombinasi sari lemon dan sari mentimun ini pun akan memberikan manfaat ganda menghilangkan jerawat dan sekaligus menyegarkan kulit wajah Minasan.

3. Toner Alami Teh Hijau

Teh hijau selama ini diketahui memiliki komponen antioksidan yang baik untuk perawatan kulit khususnya perawatan wajah berjerawat. Teh hijau pun sudah terbukti ampuh menunda penuaan kulit dan mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit karena stress. Hal ini karena teh hijau mempunyai sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Untuk membuat toner wajah untuk kulit berjerawat Minasan dapat menyedu teh hijau dalam satu mangkuk kecil. Minasan bisa menyedu daun teh hijau atau teh hijau celup. Biarkan teh sampai dingin baru Minasan bisa menggunakannya sebagai toner.
Sifat antioksidan dan antiseptik dalam teh hijau akan membantu mengobati jerawat membandel. Tentunya dengan cara pembuatan yang mudah, Minasan bisa melakukan perawatan ini kapan saja.

4. Toner dari Cuka Apel

Apel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Digunakan sebagai cuka dalam bentuk toner. Fungsi apel adalah untuk membersihkan permukaan kulit dari kotoran yang berada di dalam pori-pori serta membunuh bakteri dan kuman yang bersarang dan menyebabkan peradangan pada kulit. Menggunakan cuka apel sebagai toner juga bisa melindungi kulit Minasan dari sinar UV yang bisa menyebabkan muncul tanda penuaan pada kulit seperti flek-flek hitam dan kerutan halus di wajah. Toner ini baik dikombinasikan bersama dengan air mawar yang sudah dikenal sebagai rahasia kecantikan wanita sejak dulu. Air mawar juga mampu membersihkan wajah dari kotoran yang menempel di pori-pori dan memberikan efek yang menyejukkan. Toner bisa dibuat dengan mencampur satu sendok teh cuka apel dengan satu sendok teh air mawar lalu gunakan setelah membersihkan wajah dengan susu pembersih. Cara ini dapat menjadi pilihan kamu untuk melakukan perawatan wajah berjerawat dan menghilangkannya.Baca selengkapnya...

5. Toner dari Mint

Daun mint atau peppermint tidak hanya kerap digunakan sebagai hiasan makanan tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit yang berjerawat. Sensasinya yang menyegarkan bisa mendinginkan kulit dan mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu daun mint memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran dari pori-pori. Daun mint juga mengandung asam salisilat yang bisa mengatasi jerawat dan mengontrol minyak pada wajah. Toner wajah untuk kulit berjerawat dari daun mint bisa dibuat dalam bentuk teh mint yang dicampurkan dengan sedikit perasan lemon lalu dioleskan pada wajah.
Itulah beberapa bahan alami yang dapat dibuat secara khusus sebagai astrigent atau toner wajah untuk kulit berjerawat. Tentu ada pula jenis toner yang lain misal face tonic untuk jenis kulit normal dan toner penyegar dengan kandungan alkohol rendah untuk kulit kering dan sensitif.
Jika kamu bingung memilih toner mana yang tepat untuk digunakan kulit berjerawat. Maka pilihan terbaik jatuh pada teh hijau. Teh hijau mengandung bahan alami yang ampuh untuk mengusir jerawat karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Polifenol

Teh hijau mengandung polifenol yang di dalamnya terdapat senyawa bioflavonoid yang fungsinya sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat yang penting dalam menangkal radikal bebas pada kulit Minasan. Teh hijau sendiri memiliki kandungan antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin E dan C. Oleh karena itu, teh hijau ampuh untuk melawan radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan sel dan bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Baca selengkapnya...

Polisakarida

Polisakarida dalam teh hijau bermanfaat untuk mengatur keseimbangan kadar gula dalam darah, karena kadar gula yang tinggi dalam tubuh merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kadar gula tersebut akan memproduks insulin yang merupakan penghasil hormon androgen. Hormon androgen inilah yang nantinya memproduksi minyak sebum penyebab jerawat. Semakin tinggi gula darah dalam tubuh, maka minyak sebum yang dihasilkan semakin banyak dan menyebabkan timbulnya jerawat. Sebaliknya, jika minyak sebum terlalu sedikit, maka kulit akan menjadi kering. Oleh karena itu, polisakarida akan membantu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh agar tetap dalam jumlah yang pas.

Ekstrak Etanolik

Ekstrak etanolik dalam teh hijau mampu menghambat aktivitas bakteri Staphyloccocus aureus yang merupakan salah satu bakteri penyebab timbulnya jerawat. Ekstrak etanolik juga akan mengurangi produksi minyak sebum yang berlebih dalam 8 minggu. Jadi, rajinlah mengonsumsi teh hijau yang kaya ekstrak etanolik ini.

Bahan Aktif Katekin

Bahan aktif katekin juga ada dalam teh hijau. Kandungan senyawa pada katekin juga bisa menjadi bahan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan bekas luka yang muncul karena jerawat. Jadi, iritasi pada kulit Minasan yang timbul akibat jerawat, dapat diatasi dengan kandungan katekin dalam teh hijau dan membantu agar jerawat yang diderita Minasan tidak menjadi lebih parah.

Globul

Kandungan lainnya dalam teh hijau yang bermanfaat sebagai obat jerawat alami adalah globul. Jika tadi Minasan sudah tahu bahwa minyak sebum adalah penyebab timbulnya jerawat, maka perlu Minasan ketahui juga bahwa minyak sebum sendiri dihasilkan oleh hormon dehidrotestosteron dan hormon androgen. Globul di sini akan bermanfaat untuk mengikat hormon dehidrotestosteron sehingga mengurangi produksi minyak sebum yang menjadi penyebab jerawat.

Anti Bakteri

Sebagai obat jerawat alami, teh hijau bisa dikonsumsi secara langsung sebagai minuman atau diaplikasikan langsung pada kulit. Selain kandungan-kandunga di atas, teh hijau sendiri mengandung zat anti bakteri yang ampuh untuk mencegah munculnya bakteri dan kuman serta membersihkan bakteri penyebab jerawat. Hal ini dikarenakan, kandungan anti bakteri pada teh hijau membantu dalam membunuh mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan kulit Minasan.
Selain toner, pilihan lain yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit berjerawat adalah dengan menggunakan facial oil. Jerawat biasanya muncul pada orang yang memiliki kondisi kulit berminyak. Untuk itu, facial oil hadir untuk mengurangi kulit minyak pada kulit penyebab jerawat. Baca selengkapnya...

Tea Tree Oil yang Terkenal

Nama tea tree oil sudah dikenal oleh para penggemar skincare akan kemampuannya sebagai perawatan pada wajah berjerawat dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Tea tree oil sendiri mengandung anti bakteri yang bisa mencegah masuknya debu dan kotoran ke dalam pori-pori kulit Minasan yang berminyak atau berjerawat. Jika Minasan memiliki jerawat, cukup aplikasikan saja tea tree oil ke atas jerawat dan diamkan selama semalam, maka pada keesokan harinya jerawat Minasan akan mengecil. Namun, bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya menghindari pemakaian facial oil ini karena tea tree oil bisa menyebabkan iritasi.
source: http://spareviewmag.com/improve-your-health-with-tea-tree-essential-oil/