Jerawat tidak bisa dianggap remeh, Minasan. Perawatan wajah yang asal-asalan dan salah bisa memperburuk keadaan jerawat dan membuatnya bertambah banyak. Selain sakit, jerawat juga memberi efek buruk bagi psikologi penderitanya yaitu perasaan kurang percaya diri hingga depresi. Karena itu, penting untuk melakukan perawatan wajah berjerawat dengan benar.
Sebelum Minasan membeli makeup untuk wajah berjerawat di toko kosmetik, perlu Minasan ketahui bahwa jerawat disebabkan oleh kelebihan produksi minyak pada kelenjar minyak kulit (sebum) yang kemudian menyumbat pori-pori dan membentuk komedo. Pori-pori yang tersumbat ini akan mengalami peradangan, membengkak, dan berwarna kemerah-merahan. Bagian yang mengalami peradangan inilah yang sering disebut sebagai jerawat. Maka itu, makeup yang tepat untuk kulit wajah berjerawat adalah makeup yang mengurangi minyak berlebih dan tidak menyumbat pori-pori.
Dewasa ini dunia kosmetik telah menyediakan berbagai macam produk kecantikan dan alat-alat makeup yang beragam. Namun, kondisi jerawat yang sensitif membuat pemakaian produk-produk tersebut malah membuat jerawat meradang dan keadaannya semakin buruk. Tidak perlu khawatir Minasan, makeup yang diformulasikan untuk perawatan wajah berjerawat tetap ada, hanya saja Minasan perlu memahami dan mengenali jenis-jenisnya.
source: https://www.google.com/search?q=alat+alat+make+up&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMIq4GIjernxwIVQQeOCh2ikg6g&biw=1138&bih=519#imgrc=T3vTHfCDjVzguM%3A

Pembersih Wajah

Sebelum mulai mengaplikasikan makeup pada wajah, penting untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kotoran-kotoran dan minyak yang menempel pada wajah terbuang, sehingga wajah menjadi lebih segar.
Pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk wajah berjerawat, gunakan facial foam yang tidak mengandung scrub, karena scrub bisa membuat jerawat semakin banyak. Pilihlah pembersih dengan busa yang halus dan lembut, serta menghilangkan minyak tanpa membuat kulit menjadi terlalu kering.

Liquid Foundation

Alas bedak menjadi salah satu makeup yang wajib dimiliki. Penggunaan foundation bertujuan untuk mempertahankan lapisan bedak lebih lama. Foundation sendiri terdiri atas beberapa jenis yaitu liquid foundation, cream foundation, hingga powder foundation.
Pada perawatan wajah berjerawat, jenis foundation yang disarankan adalah liquid foundation, karena teksturnya yang cair dan ringan. Liquid foundation tidak akan menyumbat pori-pori dan mengurangi kilap yang diakibatkan minyak berlebih. Pilihlah foundation yang mengandung SPF agar kulit wajah terlindung dari sinar matahari. Sebaiknya Minasan menghindari foundation yang berbentuk cream atau bubuk, karena teksturnya berat dan bisa menyumbat pori-pori wajah.

Concealer

Makeup yang satu ini adalah sahabat bagi wajah berjerawat. Mengapa? Karena concealer diciptakan untuk menyamarkan bagian wajah yang terlihat kurang sempurna, seperti jerawat, garis halus, kerutan, hingga noda-noda hitam maupun bekas jerawat. Carilah concealer yang setingkat di atas kulit Minasan, agar hasilnya tidak terlalu berbeda dengan kulit wajah saat diaplikasikan.
Sama seperti foundation, concealer juga memiliki bentuk liquid, stick, maupun krim. Aplikasikan concealer dengan tipis-tipis saja, agar hasilnya bagus di wajah. Ratakan menggunakan jari tangan atau brush concealer yang bersih untuk menghindari infeksi bakteri.

Bedak Tabur

Setelah menggunakan foundation dan concealer, langkah selanjutnya adalah bedak. Bedak dapat mengurangi kelebihan minyak, dan membuat warna wajah lebih merata. Di antara sekian banyak jenis bedak yang beredar di pasaran, untuk wajah berjerawat pilihlah bedak tabur karena bedak tabur mengandung minyak yang lebih sedikit di bandingkan bedak padat. Gunakan brush atau spons khusus yang bersih untuk meratakan bedak ke seluruh wajah dan leher.
Namun, bila Minasan merasa repot untuk membawa bedak tabur saat berpergian, Minasan bisa membeli bedak padat dengan memperhatikan kandungan minyaknya. Perawatan untuk wajah berjerawat menekankan pengurangan produksi minyak berlebih pada wajah, maka pilihlah formula oil-free agar hasil makeup tidak berminyak.
source: https://www.google.com/search?q=orang+berjerawat&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMIlaPMrernxwIVQQuOCh3oCQsA&biw=1138&bih=519#tbm=isch&q=menggunakan+blush+on&imgdii=wQX8MPEl1qQbtM%3A%3BwQX8MPEl1qQbtM%3A%3BkPCQFH4vlv7pNM%3A&imgrc=wQX8MPEl1qQbtM%3A

Blush On

Banyak yang takut untuk menggunakan blush on karena bisa menimbulkan jerawat. Sebenarnya, blush on tidak selalu membuat wajah berjerawat. Bila Minasan termasuk berkulit sensitif terhadap perwarna buatan, maka sebaiknya hindari penggunaan blush on yang mengandung FD & C, ini adalah nama untuk pewarna buatan yang terkandung dalam blush on. Perhatikan label komposisi blush on sebelum membelinya.
Selain pewarna buatan blush on, yang membuat wajah berjerawat adalah brush makeup yang tidak pernah di cuci. Brush makeup perlu di bersihkan secara berkala untuk menghilangkan bakteri dan sisa-sisa makeup yang tertinggal pada bulu-bulu brush. Gunakan blush on yang sesuai dengan jenis kulit. Menggunakan brush makeup yang bersih sudah cukup untuk mencegah jerawat menjadi semakin parah.

Eye Shadow

Sama seperti blush on, eye shadow punya karakteristik dan tips yang sama. Hanya saja, karena penggunaan eye shadow terpusat pada area mata yang lebih sensitif, gunakanlah eye shadow dengan benar dan lembut agar pembuluh darah halus di sekitar mata tidak pecah dan bagian bawah mata tidak menjadi kehitaman.
Gunakan eye shadow yang lembap dan tidak berbubuk saat di gunakan, karena kemungkinan bubuk eye shadow jatuh ke mata atau terselip pada lipatan kelopak mata sehingga menimbulkan alergi dan iritasi. Selain itu, carilah eye shadow yang oil-free, non-comedogenic, non-acnegenic dan hypoallergernic agar bebas iritasi pada wajah berminyak.

Makeup Remover

Setelah beraktivitas sepanjang hari dengan makeup kreasimu, kamu juga harus menghapusnya sebelum tidur. Tidak menghapus makeup hanya akan menambah masalah jerawat yang lebih kompleks.
Ada beragam makeup remover, untuk wajah Minasan yang berjerawat gunakan makeup remover yang bebas alkohol karena alkohol bisa menimbulkan penyumbatan pori-pori wajah. Hapuslah makeup menggunakan kapas yang dibasahi dengan makeup remover secukupnya dan cuci kembali wajah dengan facial foam bila masih terasa lengket.
Nah, itulah dia beberapa jenis makeup yang formulasinya mendukung perawatan wajah berjerawat. Untuk makeup lain seperti lipstick maupun eyeliner, tidak memiliki peran penting dalam pembentukan jerawat, jadi Minasan bisa bebas memilih warna dan jenis lipstick maupun eyeliner sesuai selera.
source: https://www.google.com/search?q=orang+berjerawat&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMIlaPMrernxwIVQQuOCh3oCQsA&biw=1138&bih=519#tbm=isch&q=mencuci+brush&imgrc=QWEmFjZjr-v__M%3A
Selain makeup, perhatikan kebersihan brush, kotak penyimpanan makeup, dan tanggal kadaluarsa kosmetik. Hal ini penting sekali, karena akan menjadi percuma bila Minasan sudah memilih produk makeup yang sesuai dengan kondisi wajah namun tetap mengalami jerawat yang semakin parah karena faktor lain tidak di perhatikan.