1. Wajah kusam seringkali terjadi karena kulit berminyak, maka hindari makanan berminyak lalu konsumsi makanan yang lebih menyehatkan


source: foolproofliving.com

Wajah berminyak membuat debu dan bakteri mudah menempel. Wajah yang terlalu berminyak akan terlihat lebih kusam. Selain itu, wajah pun mudah terkena jerawat akibat kotoran-kotoran yang menempel itu. Untuk mengerem produksi minyak berlebih di wajah, bisa dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak seperti junk food, gorengan, mie, dan biskuit.

Sebaliknya, konsumsi makanan-makanan sehat seperti salmon, kenari, kelapa, biji rami, dan alpukat. Makanan ini mengandung asam lemak omega, yang mana tidak bisa diproduksi tubuh. Asam lemak omega baik untuk menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit jadi lembut dan sehat.
 

2. Selanjutnya, cara merawat wajah agar tidak kusam yaitu dengan banyak mengonsumi air putih


source: everydayhealth.com

Saran yang klise, sangat klise. Tetapi harus diakui, air putih memang berpengaruh besar pada tubuh manusia. Jika tidak terhidrasi dengan baik, maka kulit jadi kering dan kusam. Sementara kulit yang terhidrasi dengan baik akan menjadi kenyal dan bersinar. Setidaknya konsumsi delapan gelas air putih setiap hari ya, ladies. Salah satu cara merawat wajah ini mudah sekali diaplikasikan ke kehidupan ya.
 

baca juga

3. Beri tubuh asupan cairan tambahan dengan beraneka ragam jus atau smoothie


source: squarespace.com

Bukan hanya air, tubuh juga butuh nutrisi. Untuk itu, akan lebih baik jika mengonsumi berbagai aneka jus dan smoothie. Jus buah, jus sayur, atau jus kelapa segar diminum siang-siang, nih. Kerongkongan tidak kering, kulit pun mendapatkan manfaat nutrisinya.
 

4. Tidur nyenyak dengan pola yang teratur


https://img.huffingtonpost.com/asset/57f3a4fd170000f70aac94d9.jpeg?ops=1910_1000
source: huffingtonpost.com

Begadang tidak hanya mengakibatkan munculnya kantung mata, tetapi juga kulit yang terlihat lebih kusam. Karena itu, untuk mengembalikan kesegaran wajah, biasakan diri untuk tidur tepat waktu dengan durasi kurang lebih 7-8 jam beristirahat malam hari.

baca juga

5. Buang jauh rasa malas, lalu bangkit untuk olahraga rutin


source: everydayhealth.com

Saat berolahraga, kelenjar keringat banyak memproduksi keringat dari pori-pori kulit. Bersamaan dengan produksi keringat itulah, kotoran-kotoran yang terkunci di dalam pori-pori ikut terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-porimu kembali bersih dan segar. Selain itu, sirkulasi oksigen juga jadi lebih lancar saat berolahraga sehingga kulit wajah bisa tampak lebih cerah dan bersinar. Setidaknya luangkan waktu 30 menit sampai 1 jam untuk berolahraga setiap hari ya.

6. Eksfoliasi


https://quickfixfacials.com/wp-content/uploads/2017/03/lexilife95-Exfoliating-Scrub-Mask.jpg
source: e-medicalclinic.com

Sel kulit mati yang menumpuk bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan kulit, seperti jerawat. Itulah mengapa kamu perlu melakukan eksfoliasi alias mengelupas kulit setidaknya satu kali setiap minggu sehingga lapisan atas sel kulit mati dihilangkan. Pengelupasan juga dapat menstimulasi pertumbuhan sel-sel baru sehingga kulit tampak lebih bercahaya.

Proses pengelupasan ini bisa dilakukan dengan cara menggosok kulit secara sederhana. Kamu bisa gunakan krim scrub untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Produk lokal seperti Wardah mengembangkan produk face scrub yang bisa kamu coba. Untuk kulit yang tampak kusam karena kerap berkutat dengan polusi, Wardah menawarkan White Secret Exfoliating Scrub yang diperkaya dengan Advanced-White Specific System untuk mencerahkan wajah. Face scrub Wardah memiliki kadar pH yang seimbang sehingga tidak akan terasa perih di wajah.

7. Moisturizing


source: prelo.co.id

Kulit yang lembap akan memantulkan kilau sehat, segar, dan cantik. Jadi, pastikan oleskan moisturizer atau sunscreen setiap akan beraktivitas.

Untuk sunscreen, coba, deh, produk dari Innisfree. Kemasannya mudah dibawa ke mana-mana karena memiliki bentuk seperti stick. Kandungan yang ada di dalamnya mampu memberikan perlindungan kulit dari sinar UV dan juga melindungi kulit dari kerutan dan dapat mencerahkan kulit wajah. Bye, wajah kusam!