Biasanya munculnya jerawat dikarenakan adanya gangguan pada regenerasi kulit yang tidak sempurna, yang kemduian hal itu menyebabkan sel kulit mengunci kelenjar minyak dan pori-pori. Tidak hanya itu lho, Minasan, ketidaksempurnaan regenerasi kulit juga dapat menahan minyak alami dan protein di bawah permukaan kulit. Sehingga minyak alami yang harusnya keluar tadi menjadi makanan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat.
Sebenarnya ada faktor lain yang menyebabkan jerawat muncul secara tiba-tiba, di antaranya seperti hormon, stres, pola tidur, lingkungan, dan cara Minasan merawat wajah. Selain hal-hal tadi, makanan juga bisa menjadi pemicu jerawat. Ada yang mengatakan bahwa makanan goreng-gorengan terlalu banyak dapat mengakibatkan jerawat, padahal sebenarnya tidak hanya goreng-gorengan yang bisa menyebabkan jerawat. Makanan seperti junk food dan makanan tidak sehat lainnya juga dapat berpeluang besar menimbulkan jerawat. Ada baiknya jika Minasan mengetahui daftar makanan sehat saat berjerawat, sehingga tidak memperparah atau bahkan terbebas dari jerawat. Berikut makanan pilihan yang direkomendasikan.

Vitamin A

Semua makanan yang mengandung vitamin A sangat baik untuk membebaskan wajah dari jerawat. Karena vitamin A dapat membantu Minasan meregenerasi sel kulit. Mudah kok memilih makanan yang mengandung vitamin A. Minasan bisa mendapatkan vitamin A dari makanan seperi minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Tetapi, jangan karena vitamin A baik untuk meregenerasi kulit kemudian Minasan makan terlalu banyak. Jika Minasan ingin mengonsumsi vitamin tambahan, lebih baik mengonsumsi makanan bervitamin A secukupnya, karena jika tidak makan vitamin A akan berubah menjadi racun dan merugikan tubuh.
source: http://ilmupengetahuanumum.com/10-makanan-yang-mengandung-vitamin-a-tertinggi/

Zinc

Zinc berfungsi baik untuk mencegah pembentukan P.acne, yaitu bakteri pembentuk jerawat. Oleh karena itu Minasan yang berjerawat biasanya memiliki kadar zinc lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka tidak berjerawat. Maka dari itu, untuk Minasan yang memiliki jerawat disarankan untuk mengonsumsi kalkun, almond, dan gandum untuk mendapatkan zinc yang lebih banyak. Sehingga kulit jadi tidak mudah berjerawat.
source: http://vitaminpilihanibu.com/pentingnya-zink-semasa-hamil/

Selenium

Belum pernah dengar tentang selenium? Selenium merupakan mineral penting yang dapat mengaktifkan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dan menjaga kekebalan tubuh dan merangsang aktivitas sel-sel darah putih. Karena berfungsi sebagai antioksidan, makan selenium berguna untuk melindungi kulit Minasan dari radikal bebas. Minasan bisa mendapatkan selenium dari makanan seperti gandum, ikan tuna, salmon, bawang putih, telur, dan beras merah.

Vitamin E

Seperti selenium tadi, vitamin E juga bersifat sebagai antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Selain itu vitamin E juga dapat digunakan untuk anti-aging, meregenerasi kulit dari dalam, membuat kulit lebih cerah, dan bersih. Karena itu mengonsumsi vitamin E dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Minasan bisa mendapatkan vitamin E pada makanan seperti kentang, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli, dan sayuran hijau.
source: http://ilmupengetahuanumum.com/10-makanan-yang-mengandung-vitamin-e-tertinggi/

Air Putih

Siapa sih yang tidak tahu khasiat dari air putih? Selain menghindarkan Minasan dari dehidrasi, air putih juga dapat membantu melembabkan kulit, sehingga metabolisme dan regenerasi kulit Minasan dapat terbantu dengan baik. Minum 8 gelas air putih setiap hari, dan selamat datang wajah bebas jerawat.
source: http://healthy-first1.blogspot.com/2015/06/kulit-putih-dengan-air-putih.html
Minasan ingin wajah bebas jerawat? Pastika untuk konsumsi ke lima makanan dengan kadungan di atas, ya!