Harus Punya Ide yang Super Kreatif

source: https://kopikenangan.com

Tidak seperti bisnis kuliner lainnya yang harus berinovasi mati-matian, untuk bisnis kedai kopi yang kamu jual bukan hanya rasa melainkan ide kreatif. Misalnya dalam pemberian nama dan juga desain interior. Bisnis zaman now kamu tak hanya bergulat dengan rasa, melainkan ide.

Salah satu contohnya, adalah Kopi Kenangan. Kopi ini awalnya hanya berada di beberapa outlet saja, namun dikarenakan namanya yang unik tak sulit bagi Kopi Kenangan untuk mencuri hati masyarakat Indonesia. Nama-nama menu yang unik, seperti Kopi Kenangan Mantan dan Kopi Kenangan Mantan Menikah menjadi andalan dari bisnis ini. Selain harganya yang ekonomis, kopi ini menawarkan sisi kreatif yang tak akan bisa dibeli oleh siapapun.

Lokasi Sewa

source: https://images.pexels.com

Ladies, perlu kamu perhatikan bahwa lokasi yang berada di sentral belum tentu jadi lokasi terbaik. Hal ini dikarenakan sudah terlalu banyak orang yang membuat usaha kedai kopi di sana. Sehingga kompetisi yang harus kamu jalanan begitu ketat. Sedangkan jika kamu memilih mall dan lokasi lalu lintas tinggi lainnya biasanya memiliki harga sewa tertinggi.

Untuk itu, disarankan untuk memilih lokasi di ruko-ruko, ITC, atau perkantoran yang memiliki traffic tinggi namun belum dimasuki oleh para kedai kopi. Ruko adalah lokasi yang sangat baik untuk kedai kopi - mereka memiliki visibilitas tertinggi, harga sewa biasanya lebih rendah daripada di mal, dan kamu dapat mengatur jam kerja sendiri (sebagai lawan dari mal di mana jam buka dan tutup yang sama).

baca juga

Berikan Layanan Pelanggan yang Luar Biasa

source: https://images.pexels.com

Ladies, tahukah kamu bahwa service merupakan akar dari loyalitas dari pelanggan terutama dalam industri makanan? Tiga hal yang sangatlah berpengaruh dalam bisnis adalah lokasi, produk bermutu dan juga service yang hebat. Jika ketiganya bisa kamu dapatkan, maka bisnis kopimu akan berjalan sangat baik.

Survei menunjukkan bahwa empat dari lima pelanggan menilai service pelanggan sangat penting. Hal tersebut menjadi salah satu alasan utama keberhasilan Starbucks, layanan profesional dan efisien mereka. 

Kopi yang Mengikuti Tren Namun Berkualitas

source: https://images.pexels.com

Beberapa waktu terakhir, kopi susu dengan gula aren memang jadi tren luar biasa di Indonesia. Penjualannya yang bisa mencapai lebih dari 1.000 cup per harinya. Untuk itu, selain lokasi tentunya kopi berkualitas yang disukai oleh seluruh lapisan masyarakat akan menjadi salah satu kunci berhasilnya usaha kedai kopi. Menu kedai kopi yang berkualitas ditentukan oleh beberapa hal:

  • Sumber biji panggang segar dan terbaik 
  • Mesin espresso berkualitas tinggi 
  • Sajikan kue kering, camilan segar, dan makanan yang sehat
  • Gunakan hanya staf terlatih - barista yang baik sangat penting untuk seni membuat espresso
baca juga

Ciptakan Suasana Kedai Kopi yang Trendi dan Menyenangkan

source: https://images.pexels.com

Survei menunjukkan bahwa kebanyakan orang percaya bahwa atmosfer adalah salah satu atraksi terbesar untuk kafe. Suasana santai, nyaman, dan nyaman Starbucks adalah salah satu kontributor utama bagi kesuksesan mereka.

Memiliki atmosfer kedai kopi yang tepat adalah kunci untuk menarik pelanggan yang suka bergaul dengan teman atau rekan bisnis dan mengkonsumsi produk tambahan seperti makanan ringan, kue kering, dll. Pergilah ke kedai kopi yang populer pada sore hari di hari kerja dan kemungkinan kamu akan melihat kelompok siswa sedang melakukan tugas mereka (daripada di perpustakaan sekolah atau kafetaria).