Menggunakan Retinol atau Retinoid

Menyamarkan kantung mata hitam dapat dilakukan dengan cara memilih produk yang mengandung retinol dikhususkan untuk area mata. Retinol yang mengandung vitamin A akan bekerja memudarkan pigmen dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kantung mata hitam pun tersamarkan. Namun, Minasan dianjurkan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan hanya karena ingin hasil yang maksimal. Jika digunakan secara berlebihan, akan membuat kulit menjadi merah dan bersisik. Hal tersebut memang berarti produk bekerja dengan baik, tetapi tetap dilakukan secara bertahap dengan memberi waktu kulit untuk terbiasa. Pada saat awal cobalah untuk mengaplikasikannya selama dua kali seminggu dan gunakan pelembab setelahnya. Setelah kulit terbiasa dengan retinol, beberapa minggu kemudian, dapat ditambahkan pemakaiannya menjadi tiga kali seminggu. Memang hasilnya tidak akan terlihat instan dan akan memakan waktu berbulan-bulan. Untuk lebih maksimal, gunakan pula perawatan wajah yang mengandung eksfoliasi AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA yang dapat menghaluskan kulit. Pastikan pula membersihkan sel-sel kulit mati sehingga membantu retinol melakukan pekerjaannya di sel kulit yang baru. Jika kulit tidak kunjung membaik atau terasa terbakar, gantilah produk untuk kulit sensitif.
source: http://www.allure.com/skin-care/anti-aging-skin/2013/biggest-retinol-cream-myths?slide=6#slide=10

Menggunakan Produk Dengan Bahan yang Mencerahkan

Cara lain untuk menyamarkan kantung mata hitam adalah mencari produk yang mengandung bahan yang mencerahkan kulit. Beberapa produk yang tersedia dapat meminimalkan munculnya kantung mata hitam. Sebelum membeli, pastikan bahwa produk tersebut mengandung bahan aktif yang dapat memberikan hasil yang baik. Bahan aktif tesebut termasuk vitamin K yang membantu mengurangi pembengkakan pembuluh darah. Selain itu, bahan lain adalah vitamin C dan AHA yang membantu dalam stimulasi produksi kolagen kulit serta dapat menyamarkan kantung mata hitam yang disebabkan penuaan atau genetika. Jika kantung mata misalnya bengkak di pagi hari, menggunakan produk krim mata yang telah disimpan di dalam lemari es akan membantu mengurangi pembengkakan. Bahan lain yang juga baik dalam produk khusus mata, yaitu ekstrak daisy, kojic acid, dan arbutin. Sebelum menggunakan makeup di wajah, gunakan pula produk pelembab yang setidaknya mengandung SPF 15. Kulit yang kering akan memperburuk keadaan mata.
source: http://www.bustle.com/articles/41725-6-ways-to-remove-dark-circles-from-under-your-eyes

Menggunakan Concealer untuk Menyamarkan

Concealer dapat Minasan gunakan jika ingin menyamarkan kantung mata hitam dengan sekejap. Pertama, mulailah dengan memilih warna concealer yang tepat. Tips lain yang juga perlu Minasan perhatikan adalah sebaiknya gunakan dahulu foundation sebelum pemakaian concealer. Jika concealer digunakan terlebih dahulu sebelum foundation, concealer akan mudah terhapus dan memudar sehingga akhirnya kantung mata yang ingin disamarkan menjadi terlihat lagi. Hal tersebut menyebabkan Minasan memakai concealer kedua kalinya untuk menutupi lagi. Tetapi, jika Minasan menggunakan foundation bubuk, concealer dapat digunakan terlebih dulu. Selain itu, lebih baik memakai jari manis untuk memblend concealer daripada jari lainnya karena jari manis memberi tekanan yang paling lemah tanpa menganggu kulit tipis di bawah mata.
source: http://www.allure.com/skin-care/2014/how-to-get-rid-of-dark-circles-for-good#slide=1

Trik Makeup Lainnya

Pilihlah warna eyeshadow yang tepat. Gunakan nude eye shadow dengan sedikit shimmer sehingga dapat mencerahkan mata selama warna tersebut lebih gelap dari warna kulit. Selain itu, dengan menggunakan eyeliner yang agak tebal, dapat memberikan fokus pada kelopak mata daripada ke kantung mata. Dengan catatan hanya menggunakannya di kelopak mata bagian atas. Begitu juga dengan maskara, gunakan di bagian atas saja. Jangan lupa menjepit bulu mata sehingga tidak membuat bayangan di bagian kantung mata. Yang terakhir, gunakan makeup remover yang tepat. Jangan sampai menggosok terlalu kuat untuk menghapus makeup mata yang akan berakibat buruk pada kulit tipis di sekitar mata tersebut. Gunakan makeup remover yang dapat meminimalkan gosokan yang terjadi di mata.