Manfaat Putih Telur untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Kita sudah tahu kalau telur memiliki berbagai macam vitamin dan kandungan lainnya bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Putih telur sebenarnya juga dapat digunakan untuk kecantikan terutama memelihara kulit wajah agar kencang dan cerah. Selain itu, kandungan kolagen yang ada pada putih telur dapat membantu menyamarkan garis halus sehingga wajah halus dan tampak lebih muda. 
Jika kita memiliki masalah dengan jerawat dan komedo, putih telur juga dapat mengatasinya karena mengandung asam amino dan enzim lisosom yang bisa mengecilkan pori-pori dan mengurangi endapan minyak.
Cara menggunakan putih telur untuk merawat wajah cukup mudah. Pertama-tama kita perlu memisahkan putih telur dan kuningnya. Kemudian oleskan pada wajah, kita bisa menambahkan madu atau jeruk nipis sebagai campurannya. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

Manfaat Putih Telur untuk Wajah Setiap Hari

Putih telur ini juga aman dipakai setiap hari apalagi kalau kita sering beraktivitasi di ruangan terbuka, sering terpapar debu dan polusi serta sinar matahari. Putih telur juga sangat bagus untuk kulit berminyak karena terdapat kandungan magnesium yang dapat mengurangi kadar minyak berlebih.
Cara menggunakan dengan mencampurkan putih telur dengan madu atau buah-buahan seperti tomat dan pepaya. Masker ini dapat digunakan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit jadi lebih cerah.

baca juga

Manfaat Putih Telur untuk Bibir

Punya masalah bibir yang hitam? Solusinya rutin menggunakan masker putih telur! Putih telur memiliki senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang bisa bisa memperlancar proses regenerasi sel-sel kulit mati. Sehingga sel-sel kulit mati pada bibir yang membuatnya terlihat kusam dan gelap bisa hilang jadi bibir terlihat cerah dan merah kembali.

Manfaat Putih Telur untuk Rambut

Putih telur kaya akan kandungan vitamin A, B, D dan E serta protein yang dapat mengatasi rambut yang rusak. Putih telur juga dapat menambah kelembapan rambut sehingga membuatnya jadi lebih halus dan tampak berkilau. 

  • Untuk rambut kering
Campurkan putih telur dengan yoghurt, kemudian kocok. Setelah itu tambahkan minyak almond, minyak argan atau minyak zaitun. Aplikasikan merata pada rambut. Tunggu hingga 30 menit dan keramas seperti biasa hingga baunya hilang. 
  • Untuk rambut berminyak
Campurkan putih telur dengan madu dan minyak zaitun. Aplikasikan pada rambut kemudian tutup dengan shower cap atau handuk. Diamkan selama 30 menit kemudian keramas seperti biasa untuk menghilangkan baunya.
  • Untuk rambut berketombe
Campurkan putih telur dengan perasan jeruk nipis atau lemon. Aplikasikan pada rambut dan tutup menggunakan shower cap atau handuk. Setelah menunggu 30 menit, keramas seperti biasa. 
baca juga

Manfaat Putih Telur untuk Payudara

Banyak yang belum mengetahui kalau putih telur sebenarnya sangat bagus untuk merawat payudara agar tetap kencang. Selain itu, putih telur juga bisa mencerahkan serta menghaluskan payudara lho. 
Cara membuat masker putih telur untuk payudara sangat mudah. Kocok putih telur hingga berbusa, kita dapat menambahkan lemon atau madu sebagai tambahan tapi ini optional. Kemudian aplikasikan pada payudara dan diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat. Rutin lakukan masker ini 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.