Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

https://www.pexels.com/photo/white-granules-on-person-lips-925802/

Fakta pertama yang wajib kamu ketahui bahwa bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada tubuh bagian lainnya lho Ladies. Sehingga bibir tidak dapat melembabkan diri sendiri. Kamu harus lebih memperhatikan perawatan bibir agar tetap sehat.

Bibir yang sehat dan lembab tentu akan terasa lebih nyaman dan lebih menarik untuk dilihat. Namun ternyata ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bibirmu kering dan tampak pecah-pecah. Beberapa di antaranya adalah karena kondisi lingkungan seperti cuaca atau suhu ruangan, kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu, atau kebiasaan buruk yang membuat bibirmu menjadi kering. Salah satunya adalah dengan mengelupasi bibir kering.

Cara Mencegah Bibir Kering dan Gatal-Gatal

https://images.pexels.com/photos/925802/pexels-photo-925802.jpeg?dl&fit=crop&crop=entropy&w=640&h=426

Untuk mencegah dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, terdapat cara tersendiri untuk menjaga kesehatan bibir yang berbeda dengan perawatan kulit di bagian tubuh lainnya:

  1. Menggunakan petroleum jelly. Bahan yang dapat dioleskan pada permukaan kulit ini, bermanfaat melindungi kadar cairan pada permukaan kulit. Dengan demikian, kulit akan terjaga kelembabannya. Kamu hanya tinggal mengoleskan petroleum jelly pada bibir secara teratur.
  2. Pastikan selalu kamu menggunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya setiap beraktivitas di luar ruangan. Hal ini untuk mencegah efek paparan ultraviolet yang dapat membuat kulit termasuk bibir menjadi kering dan mudah mengelupas.
  3. Jika kamu memiliki bibir yang sensitif, hindari terpapar alergen yang dapat memicu kambuhnya alergi. Salah satu contoh alergen adalah produk kosmetik yang mengandung wewangian atau bahan kimia tertentu.
  4. Bagi kamu pengguna lipstick, hindari terlalu sering menggonta-ganti lipstick ya Ladies. Terutama  bagi kamu yang menyukai lipstick matte, karena dapat membuat bibir kamu semakin kering. Bila perlu gunakan pelembap setiap sebelum dan sesudah menggunakan lipstick. Kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly untuk menghapus lipstick, sekaligus melembapkannya.
  5. Jika bibir kering dan mengelupas, hindari menarik-narik kulit yang mengelupas ya Ladies. Sebab, dapat membuat bibir kamu berdarah. Gunakan scrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati.
baca juga

Kebiasaan Yang Membuat Bibirmu Kering Dan Pecah-Pecah

https://www.pexels.com/photo/woman-with-red-lipstick-biting-strawberry-922705/


Perhatikan pula kebiasaan buruk yang dapat membuat bibirmu menjadi kering dan pecah-pecah. Alih-alih melakukan kebiasaan buruk, lakukan kebiasaan baik berikut ini!

  1. Pastikan tubuh kamu tetap terhidrasi agar bibir dan kulit tetap lembab. Yaitu dengan mengonsumsi cukup air minimal 8-10 gelas per hari. Lengkapi pula dengan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi serat dan cairan ya Ladies.
  2. Hindari menjilati bibir untuk membasahi atau melembabkan bibir kamu. Alih-alih membuat bibirmu sehat, justru bibir yang basah oleh air ludah akan membuat penguapan semakin cepat. Akibatnya, bibir akan mengalami kekeringan.
  3. Hindari terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC, karena cenderung menciptakan suasana yang lebih kering, sehingga mempermudah bibir menjadi kering.
  4. Hindari pula kebiasaan merokok yang dapat membuat bibir kamu bisa kering serta gatal.
  5. Jika beraktivitas di udara dingin atau berangin, lindungi bibir dengan cara menutupnya menggunakan masker, kain atau syal.

Selain melakukan kebiasaan yang baik iringi pula dengan pola makan sehat dan hindari kebiasaan buruk, untuk mendukung hal tersebut.