Kebiasaan adalah aktivitas yang dijalankan setiap hari dengan pola yang hampir sama dan teratur. Kebiasaan seseorang ada yang terlihat sama dan ada pula yang berbeda. Namun, menyangkut kebiasaan yang dapat menimbulkan bau kaki, jelas termasuk kebiasaan yang salah. Siapa yang ingin memiliki bau di kaki mereka? Tentu saja tidak ada wanita yang menghendaki itu terjadi. Untuk itu, jika ingin terbebas dari bau kaki, setiap wanita harus menghindari kebiasaan penyebab bau kaki.
Perlu diketahui bahwa keringat pada kaki dapat diproduksi lebih dari lima ratus tujuh puluh mililiter per harinya. Jelas saja ketika wanita kurang memperhatikan kebiasaan mereka, maka dapat dengan mudah memicu timbulnya bau pada kaki. Produksi keringat di kaki yang semakin banyak, membuat bakteri dapat tumbuh subur dan menghasilkan gas-gas penyebab bau kaki. Sekali kaki sudah bau, maka bau tersebut susah untuk dihilangkan. Apalagi kebiasaan yang dijalankan selalu memicu datangnya bau kaki. Sebenarnya, seperti apa kebiasaan salah yang tidak seharusnya dijalankan wanita agar terhindar dari bau kaki? Simaklah berikut ini:
1. Memakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki
Jika kebiasaan memakai sepatu tanpa kaos kaki sudah sering dijalankan, maka tidak heran kaki menjadi bau. Kaki yang tidak terlindungi kaos kaki dan langsung menyentuh bagian sepatu dapat mudah diserang oleh bakteri. Bakteri-bakteri di sepatu akan menyerang bagian kulit kaki ketika kaki dalam keadaan berkeringat. Semakin giat aktivitas wanita, semakin banyak produksi keringat, maka bakteri akan semakin senang untuk tumbuh di kulit kaki tersebut. Kemudian bakteri akan sangat mudah menjadi bagian dari penyebab bau kaki. Bakteri mudah memicu gas-gas yang membuat kaki menjadi bau. Bau tersebut baru akan tercium ketika seorang wanita melepaskan sepatu mereka.
2. Memakai Kaos Kaki Yang Belum Kering
Pentingnya memiliki beberapa pasang kaos kaki adalah untuk mencegah timbulnya bau pada kaki. Jika wanita sudah sering memiliki kebiasaan memakai kaos kaki yang belum kering, maka sudah pasti membuat kaki menjadi berbau. Kaos kaki yang basah, lembap, atau belum kering sempurna kemudian dipakai ke kaki untuk dipadukan bersama sepatu atau alas kaki lain, jelas memicu bakteri untuk kembali beraksi. Kaos kaki yang belum kering dan menempel di kaki membuat suhu di kaki menjadi lembap. Suhu yang lembap memang terasa dingin. Namun, lama-kelamaan ketika kaki harus beraktivitas, maka akan membuat suhu meningkat dan produksi keringat lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu, bakteri dapat cepat mengeluarkan senyawa-senyawa yang memicu penyebab bau kaki.
3. Memakai Sepatu Lembap
Masih ada beberapa wanita yang hanya memiliki sepasang sepatu dan saat dipakai sedang turun hujan dengan derasnya. Hujan tidak kunjung berhenti dan alhasil sepatu menjadi tidak dapat dijemur. Keesokan harinya, sepatu harus dipakai kembali padahal masih basah. Jika kebiasaan tersebut dijalankan, maka sudah sangat jelas penyebab bau kaki yaitu, bakteri akan tumbuh sehingga sangat penting untuk memiliki minimal dua pasang sepatu atau dua pasang alas kaki. Ketika sepasang alas kaki tidak memungkinkan untuk dipakai, maka dapat memakai sepasang alas kaki lainnya.
Tiga kebiasaan yang tampak sepele namun ternyata menimbulkan akibat yang luar biasa untuk wanita. Bau pada kaki karena menjalankan kebiasaan yang salah tentu perlu dihindari. Hindari penyebab bau kaki dengan memakai kaos kaki saat memakai sepatu, memakai kaos kaki yang benar-benar kering, dan memakai sepatu yang tidak basah.