Tanpa kita sadari banyak kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari bisa berakibat buruk pada diri kita baik untuk masalah kesehatan atau masalah lainnya. Karena sudah menjadi kebiasaan, hal-hal tersebut menjadi satu rutinitas yang tanpa pikir panjang akan kita lakukan meski tahu akibatnya bisa tidak baik. Salah satu dampak buruk dari kebiasaan yang kita lakukan adalah menimbulkan penyebab bau kaki. Ada banyak kebiasaan tidak baik yang bisa menimbulkan bau kaki dan harus kita rubah karena bau kaki bisa mempengaruhi kehidupan bersosial kita. Minasan tentu tidak mau dijauhi atau menjadi bahan gosip orang lain karena memiliki kaki yang bau, bukan? Kebiasaan apa sajakah yang bisa menyebabkan kaki menjadi bau?
1.Membiarkan Alas Kaki Basah
Ketika musim hujan tiba, kemungkinan besar sepatu Minasan akan terkena air yang bahkan bisa merembes ke dalam kaos kaki. Hal ini tentu membuat Minasan kerepotan apalagi rencananya sepatu dan kaos kaki masih akan dipakai keesokan harinya. Mengenakan alas kaki yang masih basah baik terkena hujan atau apapun akan membiarkan bakteri tumbuh dengan pesat dan inilah yang menjadi penyebab bau kaki. Bakteri akan tumbuh subur di area yang lembap dan tertutup, bakteri pada kaki yang tercampur dengan keringat pada kaki akan mengeluarkan bau gas yang busuk dan tidak sedap.
2.Jarang Mencuci Kaki
Bukan hanya bakteri saja yang merupakan penyebab bau kaki, namun sel kulit mati yang menumpuk juga bisa membuat kaki menjadi bau dan menjadi sumber pertumbuhan bakteri. Bagian kaki merupakan anggota tubuh yang sering terlupakan oleh kebanyakan orang ketika mandi. Kebanyakan hanya membasuhnya saja dengan air dan dikeringkan. Padahal, sel kulit matinya mesti dibuang juga. Singkirkan penyebab bau kaki dengan scrubbing hingga sampai ke telapak kaki setidaknya seminggu sekali. Minasan juga bisa menggosok telapak kaki dengan batu apung.
3.Memakai Kaos Kaki yang Sama Berhari-hari
Aktivitas yang padat mungkin membuat Minasan tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian sehingga Minasan mencoba untuk menghemat pakaian sebisa mungkin, termasuk menggunakan kaos kaki yang sama selama beberapa hari berturut-turut. Selain membuat penampilan semakin rapi dan melindungi kulit kaki dari sengatan sinar matahari, kaos kaki berfungsi untuk menyerap keringat di kaki Minasan. Oleh karena itu, meskipun terlihat masih bersih sebenarnya ada banyak bakteri pada kaos kaki yang tidak terlihat. Kaos kaki dan keringat jika bergabung akan menjadi penyebab bau kaki. Oleh karena itu, maksimal menggunakan kaos kaki yang sama cukup hanya 2 hari berturut-turut.
4.Sering Makan Makanan Berbau Tajam
Makanan berbau tajam umumnya bisa mengundang selera makan Minasan seperti buah durian, bawang putih, petai, dan lain sebagainya. Meski tidak menjadi penyebab bau kaki secara langsung, namun terlalu sering mengonsumsi makanan yang berbau tajam bisa berpengaruh terhadap bau keringat Minasan. Keringat bau yang mengering pada kaos kaki tentu akan menyebabkan kaki Minasan juga menjadi bau. Boleh-boleh saja mengonsumsi makanan tersebut karena memang ada manfaatnya untuk tubuh, tetapi sebaiknya dibatasi dan tidak setiap hari.