Pembersih wajah alami memang menjadi satu kebutuhan bila ingin memiliki kulit yang selalu bersih dan sehat. Jelas amat kasihan bila kulit jarang dibersihkan. Pasalnya, kulit senantiasa tertutup kosmetik atau bisa juga kotoran yang menyebabkan kulit tidak bebas untuk bernapas. Biasanya untuk membersihkan kulit para wanita memilih produk pembersih kemasan yang banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, apakah menggunakan produk pembersih kemasan dengan kandungan bahan kimia setiap hari aman? Oleh karena itu, dirasa tidak ada salahnya bila sesekali kamu membuat pembersih wajah sendiri di rumah. Caranya mudah saja selama kamu tahu rahasia dan tipsnya. Ingin tahu caranya? Simak beberapa tips berikut ini:
1.Susu Pembersih
Yogurt, minyak bunga matahari, dan juga jus lemon merupakan bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat susu pembersih wajah alami. Dalam hal ini, kamu cukup mencampur setengah gelas yogurt plain tanpa rasa dengan 1 sendok makan minyak bunga matahari ditambah dengan 1,5 sendok makan jus lemon yang masih segar. Aduk dan biarkan semua bahan tercampur merata. Setelah selesai, kamu dapat menyimpan adonan dalam sebuah botol bersih lalu masukkan dalam lemari pendingin.
Saat kamu akan menggunakan susu pembersih cukup tuang sedikit pada telapak tangan, sementara sisanya dapat kamu simpan kembali di lemari pendingin. Langsung saja gosokkan susu pembersih alami pada kulit wajah secara merata sembari dipijit lembut agak menekan kulit. Bersihkan kulit wajah kamu selama beberapa waktu. Setelah dirasa semua kotoran tersapu bersih lanjutkan dengan bilas air hangat dan keringkan dengan cara menepukkan handuk lembut pada kulit. Jangan mengeringkan kulit dengan cara digosok karena tindakan tersebut malah dapat melukai kulit kamu. Agar mendapat hasil optimal bersihkan wajah kamu secara rutin dengan pembersih wajah alami yang sudah dibuat.
2.Lemon Pembersih
Ada banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan lemon pembersih. Setidaknya ada 3 khasiat sekaligus yang bisa kamu dapat. Sebut saja mulai dari kulit cerah, pori-pori mengecil, dan pastinya bersih. Hal ini karena lemon kaya akan kandungan vitamin C yang memiliki manfaat mencerahkan kulit secara alami dan mengusir kotoran menempel secara tuntas. Karenanya, tidak heran bila buah lemon sering digunakan untuk perawatan kulit, khususnya kulit yang berminyak dan cenderung bermasalah dengan jerawat.
Untuk mendapatkan manfaat dari pembersih wajah alami ini kamu dapat membelah buah lemon menjadi 2 bagian. Langsung saja gosokkan secara lembut potongan lemon tersebut pada wajah lalu diamkan beberapa saat. Perawatan ini baik dilakukan rutin di malam hari. Pada awalnya mungkin akan terasa agak perih, tetapi gejala itu cukup wajar mengingat adanya kandungan asam dalam buah lemon. Untuk itu, sebagai catatan bila kamu memiliki jenis kulit kering disarankan tidak boleh melakukan perawatan ini terlalu lama. Cukup sebentar saja, kurang dari 5 menit tepatnya. Sementara bila kulit kamu termasuk jenis kulit berminyak biarkan sari lemon membasahi wajah selama semalaman penuh. Setelah selesai lanjutkan dengan bilas air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk.
Itulah beberapa tips pembersih wajah alami yang dapat dengan mudah dibuat dan diaplikasikan sendiri di rumah. Siapa sangka rahasia kulit bersih dan cerah dapat kamu lakukan dengan mudah tanpa perlu merogoh saku terlalu dalam. Bila ada tips alternatif yang lebih hemat dengan hasil efektif mengapa harus pilih yang mahal? Sekian dan selamat mencoba.