Pertama-tama Cuci Muka Dulu

Mencuci muka sebelum tidur memang terkadang seolah adalah tugas yang berat karena tubuh sudah lelah dan yang Minasan inginkan hanya langsung beristirahat. Namun, jangan sampai kelelahan tersebut membuat kulit menjadi kusam di pagi hari. Tidak hanya itu, sprei dan bantal Minasan pasti jadi kotor yang akan membuat bakteri bersarang di sana. Perawatan kulit kusam dimulai dengan mencuci muka dari minyak berlebih, bakteri, polusi, dan makeup yang ada di wajah. Hal tersebut dikarenakan produk kecantikan sebaik apapun tidak akan memberikan perbedaan jika tidak dimulai dengan diri yang bersih. Pada malam hari, kulit bekerja untuk meremajakan diri. Dengan mencuci muka, Minasan telah meringankan kerja si kulit. Tidur dengan menggunakan makeup dapat menyumbat pori-pori serta meningkatkan radikal bebas sehingga menyebabkan wajah pun semakin kusam, rentan berjerawat, serta iritasi. Intinya, melewatkan langkah ini, tidak akan membuat wajah terlihat lebih cantik ketika bangun pagi.
source: http://www.huffingtonpost.com/2015/03/19/best-nighttime-skincare-routine_n_6873568.html

Jangan Lupa Melembapkan Kulit

Sehabis mencuci muka, hal terbaik yang dapat dilakukan untuk perawatan kulit kusam adalah melembapkan kulit dengan krim pelembap. Waktu yang baik untuk melembapkan kulit adalah setelah mandi dan tepat sebelum tidur. Pelembap sangat penting untuk membantu perbaikan kulit yang terjadi saat tidur. Sediakan body lotion atau body butter serta krim pelembap wajah untuk menjaga kelembapan kulit sepanjang malam. Kulit yang kering akan berpotensi terlihat lebih berkerut. Carilah pelembap yang lembut, cocok dengan kulit Minasan, dan tidak menimbulkan iritasi kulit.
source: http://www.madisoncharles.com/madison-charles/2014/12/5-ways-to-get-prettier-while-you-sleep-its-called-beauty-rest-for-a-reason

Mengikat Rambut Sebelum Tidur

Maksud mengikat rambut ini adalah agar rambut, terutama Minasan yang memiliki rambut yang panjang, tidak terus-terusan menyentuh wajah. Dengan rambut yang dibiarkan bebas, akan membuat minyak dari rambut menempel di wajah. Hal ini akan menyebabkan jerawat. Seperti yang diketahui jerawat beserta bekasnya akan membuat kulit menjadi kusam. Jadi, ini dapat dilakukan sebagai perawatan kulit kusam sebagai pencegahannya. Rambut dapat dikepang atau dikuncir biasa saja asal dapat dipastikan tidak menyentuh wajah. Namun, jangan ikat dengan sangat kencang karena akan menyebabkan kerusakan rambut, ikatlah dengan longgar saja. Lebih ideal lagi jika mengikat rambut tersebut dengan bahan kain atau syal, sebisa mungkin yang berbahan sutra.

Tidur Dengan Terus Melembapkan Kulit

Gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan kulit saat sedang tidur. Saat udara kering, humidifier dapat mencegah hilangnya kelembapan pada kulit sehingga kulit tidak dehidrasi. Menjaga kelembapan ruangan akan membantu mengurangi jerawat dan menghindari kulit menjadi kering. Udara kering dapat membuat wajah kelihatan kusam, lelah, dan tidak sehat. Di sisi lain, jika kulit benar-benar lembap, akan terlihat lebih cerah. Selain itu, ini akan mempengaruhi bibir juga sehingga meringankan bibir pecah-pecah. Kelembapan ruangan akan membuat berkurangnya bibir kering.

Posisi Tidur dan Sarung Bantal

Yang pertama adalah atur posisi tubuh saat tidur. Posisi terbaik adalah tidur berbaring pada punggung, dengan kata lain telentang. Berbaring telentang adalah posisi baik untuk wajah cantik esok harinya. Dengan begitu, wajah tidak menyentuh bantal sehingga tidak ada lipatan yang akan muncul di wajah. Janganlah membenamkan wajah ke bantal terlalu lama karena sama saja mencetak keriput ke kulit. Untuk lebih maksimal, gunakan sarung bantal sutra karena akan meminimalkan keriput wajah serta mengurangi rambut kusut dan rusak. Seringlah pula mengganti sarung bantal, guling serta sprei karena di sana banyak bakteri jahat yang dapat menyumbat pori-pori yang merupakan salah satu penyebab kulit kusam.
source: http://www.marieclaire.com/beauty/news/a12871/beauty-while-you-sleep/