Penyebab Ketombe Parah

Ketombe jarang sekali berakibat pada kondisi yang lebih serius pada kesehatan kamu, tapi rambut berketombe parah bisa sangat mengganggu. Gejala dari ketombe sangat mudah dikenali, yaitu serpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau kekuningan yang berminyak, tetapi tidak melekat erat di kulit kepala. Serpihan-serpihan tersebut sering ditemukan di permukaan kulit kepala, di antara rambut, maupun di bahu. Gejala umum lainnya adalah munculnya rasa gatal, radang, dan rasa kering di kulit kepala.Terdapat cukup banyak faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya ketombe pada rambut. Penyebab tersebut antara lain kulit kering, kulit berminyak, kurang keramas, infeksi jamur malassezia, penyakit eksim, serta penyakit psoriasis.

Hal Yang Harus Dihindari

Bila mengalami ketombe, menggaruk kepala secara berlebihan harus dihindari. Menggaruk bagian tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama sekali dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Walaupun infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe, kebanyakan orang akan menemukan bahwa ketombe dapat menyebabkan isu sosial hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya. Oleh karenanya, pengobatan sesegera mungkin menjadi sangat penting untuk murni alasan sosial.

baca juga

Macam Shampo Anti Ketombe

Ada banyak pilihan sampo antiketombe yang bisa Anda beli. Berikut ini adalah beberapa sampo antiketombe yang dibedakan oleh kandungannya.

  • Zinc pyrithione zat ini berfungsi membunuh jamur yang bisa menyebabkan ketombe. Zinc pyrithione juga merupakan zat antibakteri.
  • Salicylic acid atau asam salisilat. Zat ini membantu melembutkan dan membuang kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala. Jika terjadi kulit kering setelah memakai asam salisilat, gunakan pelembap atau conditioner rambut setelah memakai shampo itu.
  • Ter. Bahan ter bisa membantu memperlambat produksi sel kulit mati. Pada seseorang yang memiliki rambut berwarna terang, sampo jenis ini dapat mengakibatkan perubahan warna rambut.
  • Selenium sulfide. Zat ini berfungsi memperlambat produksi sel kulit mati dan membantu mengurangi pertumbuhan jamur. Bahan ini tidak cocok untuk rambut yang telah menjalani perawatan kimia seperti diwarnai.
  • Ketoconazole. Zat ini memiliki dampak yang cukup kuat sebagai obat antijamur. Biasanya bahan ini digunakan jika bahan lain tidak memberikan hasil.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Ketombe

Menggunakan sampo anti ketombe adalah hal yang umum dilakukan orang. Namun, ada cara menghilangkan ketombe secara alami yang dipercaya ampuh. Berikut cara menghilangkan ketombe secara alaminya.

  • Minyak zaitun 

Tidak hanya digunakan untuk masak, tapi juga perawatan rambut. Minyak zaitun juga bisa menghilangkan ketombe dengan maksimal. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala lalu pijat lembut kepala hingga minyak zaitun meresap. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kecantikan. Aloevera atau lidah buaya mampu menyegarkan kulit kepala sekaligus sebagai cara menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan menghaluskan daging lidah buaya, lalu ratakan ke permukaan kulit kepala dan pijat kelapa. Biarkan lidah buaya meresap selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

  • Jeruk Nipis dan Santan.
Jika kamu sering mencari cara menghilangkan ketombe secara alami pasti sudah sering mendengar bahwa jeruk nipis ampuh untuk menghilangkannya. Kamu bisa menghilangkan ketombe dengan mengoleskan kedua bahan ini di kulit kepala. Lalu diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.
baca juga

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Shampo Anti Ketombe

Sebelum menggunakan obat ketombe yang mana pun, coba tes dulu dengan mengoleskan sedikit obat tersebut pada kulit tangan. Tunggu selama 24 jam, dan perhatikan apakah ada perubahan yang muncul pada area kulit tersebut. Jika muncul tanda-tanda alergi, jangan pakai obat itu. Segera konsultasi ke dokter untuk mencari obat ketombe yang lebih tepat dan aman. Terutama jika obat akan digunakan pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

Nah, semoga pengobatan ketombe di atas bisa membantu mengatasi masalah kamu ya Ladies!