Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Pulau Tidung merupakan salah satu kawasan wisata yang terdapat di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau Tidung ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau ini selain dijadikan sebagai tempat wisata juga digunakan sebagai penelitian terumbu karang. Di sana terdapat beberapa lokasi wisata seperti Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. 
 

Pulau Tidung Kecil

Berbeda dengan Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil enggak berpenghuni tapi digunakan sebagai lokasi budidaya dan pelestarian tanaman bakau atau mangrove. Hutan bakau ini berfungsi untu k melindungi pesisir pantai dari abrasi atau pengikisan karena gelombang laut. Pada waktu tertentu, wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung Kecil ini dapat membantu menanam pohon bakau.

baca juga

Wisata Pulau Tidung

Jembatan Cinta
Jembatan dengan panjang 800 meter ini memiliki sisi melengkung di bagian tengah yang bisa dilalui perahu dan kapal. Konon kabarnya jembatan ini dapat membuat hubungan pasangan jadi semakin langgeng dan yang belum memiliki pasangan akan segera bertemu jodohnya. Menarik nih buat kamu yang masih jomblo!
Pulau Tidung Kecil
Di pulau Tidung kecil ini kita dapat melihat berbagai jenis tanaman bakau yang digunakan untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi.
Pantai Saung Perawan
Pantai ini terletak di ujung barat pulau Tidung. Kita bisa ke sana dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki selama kurang lebih 40 menit. Setelah itu kita dapat menikmati suasana sunset.
Taman Laut
Bagi kita yang suka dengan keindahan bawah laut, kita dapat ber-snorkling dan menikmati keindahan terumbu karang yang indah.

Lokasi Pulau Tidung

Lokasi pulau Tidung sendiri sebenarnya cukup dengan dengan Jakarta sehingga kita dapat melakukan perjalanan one day trip. Untuk mengunjungi Pulau Tidung, kita dapat menggunakan kapal penumpang dari Muara Angke dengan jarak tempuh sekitar 3 jam atau transportasi alternatif seperti KM Express Bahari dengan lama perjalanan 1 jam saja.